18 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Rontok, Mengembang, Kecantikan Wajah dan Bayi

Reporter : Sofi
Selasa, 7 Januari 2020 17:39
18 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Rontok, Mengembang, Kecantikan Wajah dan Bayi
Minyak zaitun mempunyai segudang manfaat yang biasa digunakan masyarakat. Apa saha? Berikut manfaat minyak zaitun tersebut.

Minyak zaitun merupakan tanaman asli mediterania yang mengandung banyak senyawa baik bagi kesehatan dan kecantikan, yaitu vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi. Dalam 100 mililiter minyak zaitun , terkandung 884 kalori dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153% kebutuhan lemak harian tubuh. Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun tergolong tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak di minyak zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Zat polifenol dari minyak zaitun yang masuk ke dalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Maka dari itu minyak zaitun memiliki beberapa manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah manfaat minyak zaitun yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Wajah

Ilustrasi Rambut © Diadona

Sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun ini digunakan sebagai bahan dasar kecantikan rambut dan wajah. Banyak produk kecantikan beredar menggunakan bahan dasara minyak zaitun ini karena kandungannya yang mengesankan. Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah.

1. Menyembuhkan jerawat

Merupakan obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Antioksidannya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi. Kandungan antibakterinya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Sifat antiinflamasi nya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.

2. Menebalkan alis

Manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah untuk alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka kamu akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

3. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata

Manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah dapat memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Selain mengaplikasikannya pada alis, sekalian saja kamu aplikasikan pada bulu mata kamu, wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mempunyainya tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata kamu.

4. Mengecilkan pori-pori wajah

Selain mengencangkan wajah, zat linoleic juga bermanfaat bagi kamu yang ingin mengecilkan pori-pori wajah yang nampak jelas sehingga mengganggu performa penampilan kamu.

5. Mengencangkan kulit wajah

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

6. Merawat kesehatan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya adalah untuk merawat kesehatan rambut. Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersinggungan dengan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi seperti patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut.

Selain itu, manfaat minyak zaitun untuk rambut dapat menjadikan rambutmu juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi kamu yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

7. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yang lainnya adalah untuk menghaluskan wajah. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker. Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.

Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan wajah. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat agar wajah halus seketika.

8. Memutihkan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang selanjutnya adalah untuk memutihkan wajah. Sama halnya dengan manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah lainnya, kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Kamu tidak perlu lagi harus memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah putih, cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah yang diinginkan secara natural.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Masalah rambut rontok bisa dialami siapa saja. Kamu bisa coba menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk rambut juga bisa untuk rambut rontok. Banyak produk kecantikan rambut yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasar. Hal ini karena manfaat minyak zaitun untuk rambut memang bisa diandalkan.

Cara alami sederhana untuk menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur 1 sendok makan minyak kelapa dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Kemudian, oleskan ke kulit kepala sembari dipijat selama 15 menit. Bungkus rambut menggunakan handuk dan diamkan semalaman. Keesokan harinya segera bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut ini juga bisa digunakan melalui ramuan masker alami untuk rambut yang dapat kamu gunakan untuk rambut rontokmu lainnya.

Bahan:
- Minyak zaitun
- Jahe
- Bawang putih
- Kayu manis
- Telur

Cara:
1. Campurkan minyak zaitun dengan salah satu bahan lainnya sesuai dengan pilihan, seperti minyak zaitun dengan jahe, minyak zaitun dengan bawang putih, minyak zaitun dengan kayu manis, dan minyak zaitun dengan telur.

2. Aplikasikan masker pada rambut dan kulit kepala. Kemudian pijat kepala dengan lembut selama 5 menit.

3. Setelah dipijat lembut, biarkan selama 30 menit hingga meresap ke dalam kulit kepala.

4. Setelah 30 menit, bilas rambut kamu hingga bersih menggunakan sampo. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk merasakan hasil manfaat minyak zaitun untuk rambut yang maksimal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Mengembang

Ilustrasi Rambut © Diadona

Manfaat minyak zaitu untuk rambut lainnya adalah untuk rambut mengembang. Rambut yang mengembang dan sulit diatur adalah masalah yang dialami sebagian besar wanita. Nah, minyak zaitun ternyata mampu mengatasi permasalahan rambut mengembang.

Hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke rambut dan diamkan selama 15 menit, manfaat minyak zaitun untuk rambut dapat dirasakan dan rambutmu akan kembali mudah diatur. Lakukan perawatan ini setiap hari sampai rambut tidak mengembang lagi.

Atau ada ramuan masker alami rambut lainnya yang dapat kamu ambil untuk merasakan manfaat minyak zaitun untuk rambut mengembangmu.

Bahan:
- Minyak zaitun
- Avokad

Cara:
- Panaskan minyak zaitun, sisihkan.
- Campurkan buah alpikat matang yang sudah halus ke dalam minyak zaitun yang hangat.
- Kemudian aplikasikan masker ini pada rambutmu dan diamkan selama beberapa jam, lalu bilas hingga bersih.
- Dengan begitu kamu bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk rambut yang maksimal.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Bayi

ilustrasi bayi © Diadona

Manfaat minyak zaitun juga bisa dirasakan oleh bayi. Berikut manfaat minyak zaitun untuk bayi.

1. Untuk mengatasi batuk

Manfaat minyak zaitun untuk bayi berikutya, yaitu ampuh untuk mengatasi dan meredakan batuk. Untuk bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, ASI tetap menjadi obat terbaik dan jangan beri obat apapun, atau memberi konsumsi minyak zaitun. Memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi batuk pada bayi, bisa diaplikasikan untuk bayi di usia berapapun dengan menjadikannya minyak pijat.

Caranya dengan mencampurkan 3-4 sendok teh minyak zaitun ke dalam gelas, dan mencampurnya dengan minyak alami lain, seperti minyak rosemary dan peppertmint. Setelah semua minyak tercampur, oleskan ke punggung bayi sebelum ia tidur. Minyak alami ini mampu menenangkan tubuh bayi dan membuat tidurnya jauh lebih nyenyak walau sedang batuk.

2. Untuk pijat bayi

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk memijat bayi. Kandungan lemak seimbang dan antioksidan di dalam minyak zaitun sangat baik untuk kulit bayi, membuat kulitnya lebih sehat, halus dan berkilau. Selain itu, minyak alami satu ini memiliki kemampuan regeneratif terhadap jaringan kulit.

Di dalam minyak zaitun juga terdapat lemak sehat, vitamin E, fenolik dan asam oleat yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Tapi perlu diperhatikan, minyak zaitun dapat menyebabkan kulit bayi kering, jadi hindari pemakaian minyak zaitun apabila kulit bayi sudah kering.

3. Untuk makanan bayi

Sama seperti orang dewasa, minyak zaitun bisa ditambahkan ke makanan bayi. Tapi, dengan syarat bayi sudah memulai MPASI-nya atau sudah berusia lebih dari 6 bulan. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di dalam minyak zaitun bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pankreas bayi.

Kamu bisa menambahkan kurang lebih seperempat sendok teh saja dalam satu porsi makan anak sekali makan, dan tidak boleh melebihi itu. Konsumsi minyak zaitun yang sesuai takaran, akan lebih efektif. Jangan sekali-kali mencoba melebihkan takaran itu, karena dapat menyebabkan diare pada bayi.

Jangan pula memanasi minyak zaitun, lebih baik gunakan minyak zaitun ketika makanan bayi sudah jadi. Beri 2-3 tetes minyak zaitun, lalu aduk merata.

4. Untuk membersihkan kulit kepala

Masalah kulit kepala tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi juga bisa dialami oleh bayi. Masalah kulit kepala yang umum dialami bayi ialah cradle cap, masalah kulit kepala mitip ketombe tapi lebih pada pembentukan lapisan kulit kering dan bersisik di kepala.

Untuk mengatasi masalah kulit kepala bayi tersebut, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala bayi, lalu memijatnya memijatnya dengan menggunakan handuk atau sikat lembut. Setelah itu, bilas kulit kepala bayi dengan air dan keramasi seperti biasa.

Selain mampu mengatasi masalah tersebut, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai minyak rambut, yang berfungsi untuk memperkuat rambut dan melembutkan rambut si kecil.

5. Untuk pencernaan bayi

Bayi yang baru memulai MPASI-nya biasanya lebih rentan terhadap masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun, tapi bukan untuk dikonsumsi.

Oleskan minyak zaitun ke area perut bayi dan beri pijatan kecil dengan gerakan memutar searah jarum jam. Cara ini efektif untuk menenangkan pencernaan bayi dan meredakan sembelit yang ia alami. Selain itu, minyak zaitun juga bisa mencegah penumpukan gas, dan membuat bayi tidur lebih nyenyak.

6. Untuk kulit bayi

Bayi yang berusia kurang dari 2 tahun, umumnya lebih sering mengenakan popok. Kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah baru, terutama bagi bayi yang memiliki kulit sensitif. Kemunculan ruam merah di sekitar pantat bayi, jadi salah satu pertandanya.

Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk meredakan rasa gatal dan ruam. Cukup dengan membuat emulsi minyak zaitun, mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok air.

Emulsi minyak zaitun yang sudah jadi, bisa langsung dioleskan ke kulit bayi yang mengalami ruam. Biasanya ruam muncul di area pantat dan alat kelamin anak. Oleskan perlahan, bila dalam beberapa hari tak kunjung reda, segera periksakan ke dokter.

Apakah kamu salah satu yang memanfaatkan minyak zaitun ini? Bagi jawabnmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar