18 Manfaat Kunir Putih dan Temulawak untuk Kesehatan dan Kesuburan

Reporter : Sofi
Kamis, 13 Februari 2020 14:18
18 Manfaat Kunir Putih dan Temulawak untuk Kesehatan dan Kesuburan
Manfaat kunir putih bisa untuk kesuburan? Berikut manfaat kunir putih yang mengesankan.

Jenis kunyit putih ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasanya sangat mirip dengan jahe, meski meninggalkan jejak rasa pahit di akhir. Nutrisi dan zat antioksidan pada kunyit putih disinyalir sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan wajah maupun kulit.

Manfaat kunir putih bagi kesehatan dan kecantikan sangat besar, walaupun jarang ditemukan. Walaupun lebih susah ditemukan daripada kunyit kuning biasa, manfaat kunir putih bagi kesehatan tidak bisa disepelekan begitu saja. Berikut manfaat kunir putih yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kunir Putih dan Temulawak

Manfaat kunir putih dan temulawak sebagai tanaman obat diyakini dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Manfaat kunir putih dan temulawak ini seperti membersihkan hati, anti peradangan, anti bakteri, dan anti kanker. Manfaat kunir putih dan temulawak bisa didapatkan dari meminum air rebusan keduanya atau dalam bentuk suplemen yang dijual secara komersial. Kamu bisa menemukan kunir putih dan temulawak di pedagang jamu atau obat herbal. Berikut manfaat kunir putih dan temulawak.

Manfaat kunir putih

Ilustrasi Kunyit Putih © Diadona

Cegah peradangan

Sifat diuretik kunir putih mendukung penghapusan zat beracun tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian. Ini membuat tubuh mampu mendetoksifikasi racun penyebab peradangan. Bahkan kunir putih juga bisa menjadi penawar racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular.

Penghilang nyeri

Manfaat kunir putih memiliki sifat analgesik yang membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Rimpang ini sudah lama digunakan untuk mengobati sakit perut, nyeri haid, nyeri sendi, dan nyeri lainnya.

Sehatkan pencernaan

Minyak esensial pada kunir putih memiliki manfaat dalam pengobatan cacingan, perut kembung, kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, lidah terasa pahit, serta jarang buang air besar. Kunir putih juga mampu mencegah radang usus karena stres.

Manfaat temulawak 

17 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah © Diadona

Obati gangguan pencernaan

Sama seperti kunir putih, temulawak juga bermanfaat unruk kesehatan pencernaan. Temulawak dapat mengatasi perut kembung, sembelit, dan diare. Temulawak juga baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Tingkatkan nafsu makan

Temulawak juga digunakan untuk menambah nafsu makan. Manfaat ini sangat cocok bagi anak yang sulut makan agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

Tingkatkan stamina

Temulawak dikenal luas sebagai penambah stamina tubuh. Temulawak bisa mendetoksifikasi tubuh, membuat tubuh terasa bugar dan segar. Temulawak bisa mengurangi gejala masuk angin, demam, batuk, dan flu.

Detoks tubuh untuk kesehatan

Temulawak dapat mendetoksifikasi tubuh melalu hati. Herbal ini juga membantu ginjal menyaring sisa metabolisme dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Temulawak melindungi hati dari senyawa berbahaya yang dapat merusaknya.

Tingkatkan kekebalan untuk kesehatan

Temulawak memiliki sifat antiperadangan dan antiinflamasi. Ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang membuat tubuh jauh dari risiko penyakit. Sifat antibakteri dan antijamurnya juga membuat tubuh kebal dari infeksi.

Atasi peradangan sendi

Temulawak juga dapat meringankan peradangan sendi atau osteoarthritis. Sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan, temulawak memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen yang sering diberikan pada pasien osteoarthritis.

Sehatkan kulit

Temulawak juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Temulawak dapat mengatasi jerawat, menghaluskan wajah, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mencegah terjadinya penuaan dini, meremajakan kulit, hingga menyamarkan bekas luka.

Cegah kanker

Temulawak dapat bertindak sebagai agen antikanker serta agen kemopreventif. Antioksidan dalam temulawak dapat mencegah dan menangkal radikal bebas. Temulawak mampu membantu menyusutkan sel kanker bahkan pada pasien stadium lanjut.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan

Manfaat kunir putih ini banyak digunakan untuk kesehatan. Berikut manfaat kunir putih untuk kesehatan yang mengesankan.

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat kunir putih untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan manfaat kunir putih ini sudah diketahui selama ribuan tahun di mana kunyit putih dijadikan sebagai obat untuk masalah pencernaan.

Minyak esensial kunyit putih ini memiliki manfaat dalam pengobatan cacingan, perut kembung, kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, lidah terasa pahit, serta jarang buang air besar. Apalagi kunir putih merupakan bantuan alami untuk mencegah radang usus karena stres.

Antimikroba dan antijamur

Manfaat kunir putih selanjutnya adalah sebagai antimikroba dan antijamur yang ampuh. Bahkan telah ada penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan berbagai bakteri sumber penyakit.

Bakteri seperti E. coli yang menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti diare dan keracunan makanan serta Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis. Selain itu, manfaat kunyit putih juga bisa melawan infeksi jamur Aspergillus dan Candida. Kamu juga bisa menggunakan kunyit putih sebagi obat kumur yang ampuh mengurangi bakteri jahat di mulut.

Penghilang rasa sakit

Sifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin membuat kunyit putih juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan rasa sakit. Karena mengandung senyawa alami rempah asli Indonesia ini digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk mengobati penyakit radang usus (ulcerative colitis).

Bahkan dalam terapi jangka pendek untuk melindungi paru-paru pasien asma, manfaat kunir putih berperan sebagai penekan peradangan pada bronkus yang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara.

Anti peradangan

Manfaat kunir putih lainnya adalah sebagai antiperadangan. Hal ini terkait dengan kandungan diuretiknya. Oleh karena itu, rempah ini dipercaya mampu mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan arthritis. Sifat diuretik kunyit putih mendukung penghapusan zat beracun tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian.

Jika tidak ada detoksifikasi, hal itu bisa menyebabkan peradangan dan nyeri pada kasus artritis dan rematik. Bahkan kunyit putih juga bisa menjadi penawar racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular.

Mengobati jerawat

Kunyit putih dikatakan sebagai rempah yang baik sebagai antioksidan dan penghilang jerawat. Jika kamu memiliki masalah dengan jerawat membandel, cobalah untuk melakukan perawatan alami di rumah menggunakan kunyit putih. Gunakan masker bubuk kunyit putih sebelum mandi dan diamkan kira-kira 15 menit.

Lakukan hal ini secara teratur 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Jadi masalah jerawat yang kamu alami dapat diatasi dengan menggunakan kunyit putih ini.

Mencerahkan wajah

Manfaat kunir putih untuk kecantikan adalah dapat mencerahkan wajah. Kandungan nutrisi dan vitamin serta pati kunyit putih disinyalir sangat baik untuk membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

Gunakan masker kunyit putih secara teratur dan rutin 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Pastikan untuk menggunakan bubuk kunyit alami untuk hasil kulit wajah cerah maksimal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kunir Putih untuk Kesuburan

Ilustrasi Tanda Peace © Diadona

Untuk wanita yang sering mengalami keputihan dan bau tak sedap di miss V nya, coba atasi masalah ini dengan konsumsi kunir putih secara rutin. Kandungan kurkumin dalam kunir putih selain mampu menjaga kadar normal gula darah, juga mampu mengatasi masalah pada organ kewanitaan. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan serta mencegah timbulnya bakteri dan jamur dalam organ kewanitaan.

Selain mengatasi keputihan dan bau tak sedap, kunir putih juga berkhasiat untuk mengurangi nyeri saat haid, menyembuhkan peradangan di sekitar vagina akibat kista atau jamur, menguatkan otot vagina pasca melahirkan serta mengembalikan hasrat bercinta.

Meski kunir putih ini memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh, para ahli menyarankan agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan, cukup 500 mg saja per harinya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar