17 Manfaat Teh Hitam untuk Diet, Kesehatan, dan Kecantikan Wajah

Reporter : Shofi Febri
Senin, 20 Januari 2020 11:36
17 Manfaat Teh Hitam untuk Diet, Kesehatan, dan Kecantikan Wajah
Teh hitam ternyata bisa untuk merangsang pertumbuhan rambut, lho! Berikut manfaat teh hitam untuk lebih lengkapnya.

Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis dan sering dicampur dengan tanaman lain untuk rasa yang berbeda, seperti Earl Grey, English Breakfast atau chai. Ini lebih kuat dalam rasa dan mengandung lebih banyak kafein daripada teh lainnya, tetapi lebih sedikit kafein daripada kopi. Teh hitam juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Berikut adalah manfaat teh hitam yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hitam untuk Diet

Ilustrasi Teh ChaiIlustrasi Teh Chai © 2020 https://rawpixel.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa teh hitam dicampurkan ke dalam campuran tanaman lain untuk memberikan rasa yang berbeda. Teh Chai adalah teh manis dan pedas yang terkenal karena aromanya yang harum. Teh chai terbuat dari kombinasi teh hitam, jahe dan rempah-rempah lainnya. Rempah-rempah yang paling populer termasuk kapulaga, kayu manis, adas, lada hitam dan cengkeh, bahkan star adas manis, biji ketumbar dan merica adalah pilihan lain yang sangat disukai.

Tidak seperti teh biasa, yang diseduh dengan air, teh chai secara tradisional diseduh menggunakan air hangat dan susu hangat. Itu juga cenderung dipermanis sampai tingkat yang berbeda-beda. Teh chai dapat membantu mencegah penambahan berat badan dan mempromosikan penurunan lemak dalam beberapa cara.

Pertama, teh chai umumnya dibuat dengan susu sapi atau susu kedelai, yang keduanya merupakan sumber protein yang baik. Protein adalah nutrisi yang dikenal untuk membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang. Dengan demikian, teh chai cenderung lebih efektif daripada jenis teh lainnya untuk mengurangi rasa lapar dan mencegah kamu makan berlebihan di kemudian hari.

Kamu bahkan dapat menemukannya berguna sebagai camilan. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam jenis teh hitam yang digunakan untuk membuat chai dapat meningkatkan pemecahan lemak dan membantu mengurangi jumlah kalori yang diserap tubuhmu dari makanan.

Ilustrasi Teh ChaiIlustrasi Teh Chai © 2020 https://kitchencraft.co.uk/

Terlebih lagi, satu penelitian berkualitas tinggi melaporkan bahwa minum tiga cangkir teh hitam per hari dapat membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan atau penambahan lemak perut. Namun, perlu dicatat bahwa efek ini tetap kecil dan tampaknya hanya bekerja dalam jangka pendek. Akhirnya, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi lada hitam dapat membantu mencegah penumpukan lemak tubuh, meskipun belum jelas bagaimana hasil ini berhubungan dengan manusia.

Namun, jika kamu meminum teh chai, berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan. Beberapa varietas populer dari teh chai mengandung jumlah yang signifikan, yang kemungkinan akan melawan manfaat kecil yang dijelaskan di atas. Jumlah dan jenis susu yang ditambahkan ke teh chai juga dapat menambah kalori.

Teh chai 12 ons (360 ml) yang dibuat dengan susu skim mengandung sekitar 60 kalori, sedangkan chai latte buatan sendiri dapat mengandung sekitar 80 kalori. Sebagai perbandingan, jumlah chai latte tanpa lemak yang sama di kafe lokal kamu mungkin mengandung hingga 180 kalori. Yang terbaik adalah tetap pada varietas buatan rumah tanpa pemanis.

2 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan

Ilustrasi wanita cantikIlustrasi wanita cantik © 2020 https://rawpixel.com

Manfaat teh hitam ini juga bisa untuk kecantikan, lho! Berikut manfaat teh hitam untuk kecantikan yang harus kamu tahu.

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Tidak hanya pada penampilan wajah saja ternyata manfaat teh hitam juga mampu membuat rambut menjadi kuat sehingga tidak mudah rontok. Caranya sebagai berikut:

- Setelah mencuci rambut, kalian bisa oleskan air dingin yang berisi ampas teh hitam.

- Pijat bagian rambut dengan pelan dan merata.

- Biarkan selama 10–15 menit dan bilas dengan air dingin.

- Lakukan cara ini 1–3 kali dalam seminggu.

2. Menghilangkan kantung mata

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah menghilangkan kantung mata. Kandungan tannin dan antioksidan di dalam ampas teh celup mampu mengobati kantung mata. Tidak hanya itu lingkaran hitam yang ada pada bagian bawah mata juga mampu hilang dengan kandungan vitamin K yang ada pada ampas teh celup tersebut. Caranya sebagai berikut:

- Masukkan 2 kantung teh pada kulkas/lemari es selama 25–30 menit.

- Jika kantung sudah terasa dingin bisa kalian ambil dan pasang pada bagian kedua mata.

- Kemudian setelah 15 menit berlangsung kalian bisa melepaskannya.

- Lakukan secara rutin sehari 2 kali sampai kamu melihat hasil yang maksimal.

3. Pelembab alami

Manfaat teh hitam merupakan minuman yang dapat melembabkan kulit secara alami, baik melalui dalam maupun dari luar. Membuat kulit lebih segar dan tidak kusam, teh dapat merawat kulit bermasalah sehingga menjadi lembut dan bersinar.

4. Mengurangi aroma tak sedap pada kaki

Sering memakai sepatu tertutup biasanya menyebabkan aroma kaki jadi tak sedap baunya. Tak perlu memakai deodorant, tetapi rendam kaki pada seduhan air teh. Manfaat teh hitam akan berfungsi sebagai anti bakteri, melembutkan kulit kaki serta mengurangi aroma tak sedap pada kaki.

3 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hitam untuk Wajah

Ilustrasi Wanita AsiaIlustrasi Wanita Asia © 2019 https://www.diadona.id

Wajah tentu perlu mendapatkan perawatan. Terlebih jika perawatan yang dilakukan alami, tidak mengandung bahan kimia akan jauh lebih aman untuk kulit wajah yang sensitif. Manfaat teh hitam bisa digunakan untuk perawatan wajah ini. Berikut manfaat teh hitam yang harus kamu ketahui.

1. Mengatasi jerawat

Manfaat teh hitam yang pertama adalah untuk mengatasi jerawat. Jerawat memang sangat sensi dilihatnya dan juga mengganggu untuk penampilan, terutama bagi kalangan wanita. Nah solusinya kalian bisa manfaatkan ampas teh celup untuk mengusir jerawat tersebut.

Bakteri yang menyebabkan jerawat tersebut mampu dilawan dengan kandungan antibakteri yang ada pada ampas teh. Caranya seperti berikut ini:

- Campurkan ampas teh dengan sedikit air.

- Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

- Diamkan selama 15 menit.

- Bilas dengan air dingin.

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dan antipenuaan pada teh mampu melindungi dari sinar matahari, bintik-bintik, flek hitam, kerutan, dan garis-garis halus. Polifenol dalam teh juga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit. Caranya sebagai berikut:

- 3 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan teh hijau, dan bubuk kunyit, dicampurkan ke dalam mangkuk.

- Bilas wajah dan leher secara merata menggunakan bahan campuran tadi.

- Diamkan selama 20 menit dan cuci dengan air hangat.

- Gunakan masker secara rutin dalam waktu 1–2 kali dalam seminggu.

3. Antiaging

Medical College of Georgia yang meneliti di tahun 2003 mengatakan bahwa teh hitam mampu meremajakan kulit, menghilangkan polusi yang menempel pada wajah, dan flek hitam. Caranya sebagai berikut:

- Siapkan 2 kantung teh hitam.

- Keluarkan ampas teh dari kantungnya.

- Tambahkan 1 sampai 2 sendok madu.

- Campurkan perasan lemon.

- Oleskan pada wajah secara merata.

- Tunggu hingga 15 menit.

- Bilas dengan dengan air hangat.

- Pakai secara rutin dengan 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hitam bagi Kesehatan

Ilustrasi wanitaIlustrasi wanita © 2020 https://rawpixel.com

Sudah tidak asing lagi jika teh digunakan untuk memanfaatkan khasiat kesehatannya. Berikut adalah manfaat teh hitam yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah kanker

Manfaat teh hitam lainnya adalah bisa memberikan manfaat untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena teh hitam kaya akan polifenol catechin yang membantu dalam mencegah jenis kanker tertentu. Wanita yang rajin minum teh hitam juga dapat terhindar dari risiko kanker ovarium.

Sebuah senyawa penting di dalam teh hitam mampu menghambat perkembangan sel sel kanker dalam tubuh manusia. Secara spesifik, manfaat teh hitam bisa menurunkan risiko kanker pada wanita. Terutama menurunkan risiko penyakit kanker serviks dan kanker payudara tentunya diimbangi dengan gaya hidup sehat. Dengan mengandung teaflavin, teh hitam ammpu menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium pada wanita.

2. Mencegah stroke

Selain itu manfaat teh hitam lainnya adalah dapat mencegah stroke. Kamu bisa mencegah stroke dengan berbagai cara seperti dengan menjaga pola makan, olahraga, dan mengontrol tekanan darah setiap hari. Tetapi ternyata hal ini juga menjadi salah satu manfaat teh hitam. Dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin setiap harinya, bisa menurunkan risiko terkena stroke hingga 32%.

3. Melindungi jantung

Manfaat teh hitam yang tak kalah penting adalah bisa melindungi kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin setiap hari akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke mencapai 20%. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat teh hitam adalah dapat menurunkan kadar lemak di tubuh, yang berkaitan langsung dengan kesehatan jantung.

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah menyehatkan pencernaan. Mengonsumsi teh hitam membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lancar sehingga menjaga kesehatan sistem pencernaan kamu. Teh hitam mampu menjaga bakteri baik yang ada di saluran pencernaan. Bakteri baik ini nantinya akan menangkal perkembangan bakteri jahat yang merugikan tubuh masuk bersama dengan makanan.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan kandungan antigen dan senyawa tanin, menambah manfaat teh hitam bagi tubuh kamu, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus. Dengan mengonsumsi teh hitam akan membuat kamuu menjadi jarang sakit dan kadar lemak di dalam tubuh akan menurun.

ilustrasi wanita meminum tehilustrasi wanita meminum teh © rawpixel.com

6. Sebagai zat antioksidan

Manfaat teh hitam dari kandungan polifenolnya tidak hanya menjaga kesehatan mulut, tetapi juga merupakan jenis zat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan juga mampu menghilangkan molekul beracun di tubuh. Dengan sedikit campuran lemon, manfaat teh hitam akan semakin besar dalam menyingkirkan radikal bebas.

7. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah menjaga kesehatan mulut. Kandungan polifenol pada teh hitam mampu menghancurkan bakteri merugikan yang ada di dalam mulut. Dengan mengonsumsi teh hitam, kamu dapat mencegah adanya plak, gigi berlubang, serta membuat napas kamu menjadi lebih segar. Bahkan dengan sifat antioksidan, teh hitam dapat mencegah terjadinya infkesi di mulut kamu.

8. Menurunkan risiko diabetes

Dengan mengurangi gula, atau bahkan dengan tidak manambahkan gula pada teh hitam, kamu bisa mendapatkan manfaat lainnya, yaitu menurunkan risiko diabetes. Dengan kandungan catechin dan teaflavin yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengolah glukosa, kamu bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 terjadi pada dirimu.

9. Memperkuat tulang dan gigi

Teh hitam juga bisa memperkuat tulang dan gigi kamu. Manfaat teh hitam satu ini didapatkan dari kandungan fitokimia pada teh hitam, yang bahkan juga dapat mengurangi risiko penyakit arthritis. Orang yang minum teh hitam setiap hari secara rutin dapat mengembalikan kepadatan tulang karena teh hitam mengandung zat pengganti kalsium. Masalah tulang, seperti patah tulang pada orang tua juga bisa dikurangi oleh konsumsi teh hitam.

Jenis teh apa yang kamu sukai, dan bagaimana kamu suka olahan teh sebelum kamu konsumsi? Berik jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar