17 Manfaat Sauna Setelah Fitness untuk Menurukan Berat Badan

Reporter : Sofi
Senin, 20 Januari 2020 12:28
17 Manfaat Sauna Setelah Fitness untuk Menurukan Berat Badan
Sauna hanya akan melunturkan lemakmu untuk sementara?

Sauna adalah sebuah tempat dimana kamu berada di sebuah ruangan dengan uap air dan panas tinggi yang bertujuan untuk mendapatkan keringat. Dari tujuan tersebut banyak orang orang berpikir bahwa salah satu manfaat sauna adalah menurunkan berat badan. Padahal anggapan tersebut kurang benar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat sauna yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Sauna Setelah Fitness

Ilustrasi fitness © Diadona

Bagi sebagian orang memilih untuk melakukan sauna setelah fitness daripada langsung pulang. Ini merupakan keputusan yang tepat! Karena, kamu akan mendapatkan manfaat sauna setelah fitness tersebut. Apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat sauna setelah fitness.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat sauna setelah fitness yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, pada satu studi yang dipublikasikan pada Journal of Human Kinetics, atlet yang menghabiskan waktu 15 menit di dalam sauna jumlah sel darah putihnya meningkat. Sehingga, manfaat sauna ini dapat membuat daya tahan tubuh pun menjadi lebih baik.

2. Hilangkan pegal

Manfaat sauna selanjutnya adalah menghilangkan pegal setelah fitness. Pasti kamu akan merasa lelah ketika selesai melakukan fitess tersebut. Nah, dengan sauna, pegal dan rasa sakit itu akan berkurang. Dilansir dari Women's Health Magazine, mereka yang habis melakukan leg day di gym, langsung sauna masih bisa naik tangga tanpa merasa sakit pada pahanya.

3. Baik untuk darah tinggi

Manfaat sauna ternyat juga bisa untuk kesehatan. Salah satunya menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Human Hypertension, sekali sauna ternyata juga sudah bisa menurunkan tekanan darah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Sauna

Ilustrasi Sauna © Diadona

Taukah kamu salah satu manfaat sauna adalah baik untuk kesehatan jantungmu? Well, tidak hanya itu masih ada banyak manfaat dari sauna yang harus kamu ketahui. Berikut adalah manfaat mandi sauna.

1. Meredakan nyeri sendi

Salah satu manfaat sauna adalah membantu mengatasi sakit pada penderita arthritis atau nyeri sendi karena terapi panas bisa meredakan nyeri secara sementara. Sebuah studi yang dilakukan di Belanda pada 2009 menunjukkan, para partisipan menjadi berkurang rasa sakit, kekakuan otot, dan kelelahannya setelah sesi sauna.

2. Membantu membersihkan pori-pori

Manfaat sauna dapat membuat pori-pori kulit terbuka sehingga kamu bisa berkeringat. Pada saat yang sama kulit mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Semua kotoran dan kuman dari lingkungan tempat tinggal atau make-up kamu akan dikeluarkan melalui keringat.

3. Mengurangi tekanan setelah berolahraga berat

Sesi latihan yang intens bisa membuat otot lelah, pegal, dan kaku. Manfaat sauna dari hawa panas dari sauna atau kamar uap bisa mengendurkan otot dan membantu serat otot pulih lebih cepat.

4. Membuat rileks

Manfaat sauna selanjutnya adalah membuat rileks. Usai bekerja atau berolahraga keras yang kamu perlukan adalah bersantai. Kombinasi panas dan kondisi jauh dari hiruk-pikuk dunia di dalam ruang sauna meski hanya beberapa menit bisa membuat kamu rileks.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat sauna dapat menstimulasi jantung untuk memompa lebih cepat, mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ini sama seperti latihan untuk jantung. Meluangkan waktu di sauna juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mendetoks tubuh dan melepaskan racun

Seberapa sehat pola hidup yang kamu jalankan, tubuh tetap menyimpan racun. Racun tersebut bisa berasal dari zat kimia di sekitarmu atau dari asupan makanan. Cara terbaik untuk menggunakan manfaat sauna dengan membuangnya melalui berkeringat.

7. Kulit tampak lebih cerah

Manfaat sauna bisa memperbaiki jaringan kulit dengan cara menstimulasi aliran darah dan melepaskan sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit akan terasa bersih, lembut, dan segar.

8. Meningkatkan sirkulasi

Manfaat sauna selanjutnya adalah menignkatkan sirkulasi. Paparan panas yang aman dari sauna dan kamar uap memompa jantung dan menyebabkan meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Harvard Medical School menjelaskan, sauna membuat detak jantung meningkat 30% atau lebih, menyebabkan jantung memompa darah hampir dua kali lipat setiap menit.

9. Meredakan mabuk

Manfaat sauna kali nin bisa meredakan mabuk, lho! Memang tak ada obat untuk menyembuhkan efek mabuk minuman beralkohol. Tapi gejala mabuk tersebut bisa diredakan dengan sesi sauna. Selama paparan panas yang diterima tubuh dalam tahap aman dan tubuh tetap terhidrasi, kamu akan bisa menghilangkan sisa-sisa mabuk semalam. Namun, kamu harus berhati-hati agar panas sauna tak membuat dehidrasi. Gejala mabuk akan terasa lebih parah jika kamu dehidrasi.

10. Meningkatkan kelenturan

Studi terbaru menunjukkan, melakukan peregangan (stretching) di dalam sauna meningkatkan kelenturan tubuh hingga 205%. Maka dari itu manfaat sauna ini dapat meningkatkan kelenturan tubuh kamu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jaket Sauna

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Jaket sauna adalah jaket yang biasa orang gunakan ketika berolahraga dengan tujuan untuk memperoleh banyak keringat agar cepat untuk menurunkan berat badan. Banyak orang menggunakannya ketika melakukan jogging, lari, treadmill, dan kegiatan olahraga lainnya. Tapi, apa benar manfaat jaket sauna ini untuk cepat menurunkan berat badan?

Dilansir dari alodokter.com dr. Andisty Ate mengatakan bahwa belum ada manfaat yang pasti dalam menurunkan berat badan. Namun, penggunaan jaket sauna dapat menyebabkan keringat keluar lebih banyak pada saat berolahraga tetapi bukan untuk membakar lemak dalam tubuh, sehingga tubuh mudah terjadinya dehidrasi. Ketika sedang menggunakan jaket sauna harus diimbangi dengan mengkonsumsi banyak cairan agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Selain itu penggunaan jaket sauna menyebabkan panas tubuh tidak dapat keluar sehingga bisa saja untuk terjadinya heatstroke dimana merupakan suatu kondisi ketika suhu tubuh menjadi sangat tinggi dan tentunya jika tidak ditangani maka dapat mengancam nyawa. Dalam menurunkan berat badan dilakukan jika indeks massa tubuh / IMT seseorang adalah lebih dari 22.9. Nilai IMT dapat dihitung dengan cara (berat badan dalam satuan kilogram) dibagi oleh (tinggi badan dalam satuan meter kemudian di kuadratkan) jika hasilnya lebih dari 22.9 maka termasuk kategori berat badan berlebih.

Diet merupakan pengaturan pola hidup seseorang agar lebih sehat dan teratur tetapi tidak dengan mengurangi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sauna untuk Menurunkan Berat Badan

ilustrasi wanita diet © Diadona

Banyak orang beranggapan bahwa sauna dapat menurunkan berat badan. Sauna biasanya memiliki suhu ruangan sampai 70 °C yang bisa membuatmu terus-menerus berkeringat tanpa melakukan aktivitas fisik. Keadaan yang hangat membuat kamu menjadi lebih rileks dan segar setelah melakukan sauna. Sauna menghasilkan keringat yang banyak yang dipercaya melunturkan lemak yag ada dalam tubuh, dan mempercepat proses penurunan berat badan.

Namun coba kamu pikirkan, jika tanpa melakukan aktivitas apapun apakah lemak dalam tubuh akan berkurang begitu saja hanya karena terkena suhu panas? Itu sebuah kemungkinan, tapi lemak akan dengan cepat kembali lagi. Coba simak beberapa fakta berikut mengenai sauna yang dilansir dari boldsky.com

1. Sauna membuat tubuh berkeringat selama kamu melakukannya. Hal ini berarti berat badan karena air bisa dibakar, namun berat badan karena kalori dalam bentuk lemak atau karbohidrat akan tetap ada pada tubuh.

2. Pembakaran lemak ketika sauna jelas berbeda pada pembakaran lemak saat berolahraga. Karena otot tidak bekerja ketika bersauna, maka lemak bisa mudah kembali dan semakin susah untuk pergi.

3. Sauna tidak memberi pengaruh buruk bagi jantung, padahal denyut jantung yang tinggi adalah pemicu pembakaran kalori. Jadi sebenarnya kamu sangat salah persepsi jika kamu bisa cepat kurus hanya dengan melakukan sauna.

Semoga informaasi mengenai manfaat sauna di atas bermanfaat bagi kamu. Apakah kamu juga senang melakukan sauna?

Beri Komentar