17 Manfaat Rumput Laut Kering untuk Kecantikan Wajah

Reporter : Sofi
Kamis, 16 Januari 2020 16:16
17 Manfaat Rumput Laut Kering untuk Kecantikan Wajah
Apakah kamu sering memakan rumput laut? Manfaat yang terkandung cukup banyak, lho! Berikut adalah manfaat rumput laut yang harus kamu ketahui.

Rumput laut adalah bentuk ganggang yang tumbuh di laut. Mereka adalah sumber makanan untuk kehidupan laut dan beragam warna dari merah ke hijau ke coklat ke hitam. Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan Cina.

Rumput laut dapat digunakan untuk apa saja dan dapat digunakan di banyak hidangan, termasuk gulungan sushi, sup dan semur, salad, suplemen, dan smoothie. Terlebih lagi, rumput laut sangat bergizi, jadi sedikit banyak manfaatnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat rumput laut yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Rumput Laut Kering

Ilustrasi Rumput Laut © Diadona

Rumput laut kering biasa digunakan untuk membuat sup rumput laut, sushi, atau kimbab. Taukah kamu apa saja manfaat rumput laut kering? Berikut adalah manfaat rumput laut kering yang harus kamu ketahui.

1. Melindungi jantung

Manfaat rumput laut yang terakhir berkaitan dengan fungsi jantung. Seperti yang dicatat dalam penelitian yang sama, makanan berserat tinggi seperti alga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh. Tubuh kemudian menggunakan kolesterol untuk menggantikan unsur-unsur ini, yang dapat mengakibatkan penurunan total kolesterol hingga 18%.

2. Membantu fungsi tiroid

Manfaat rumput laut yang pertama adalah membantu fungsi tirod. Kelenjar tiroid mengontrol dan melepaskan hormon untuk produksi energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Tiroid membutuhkan yodium agar berfungsi dengan benar. Tiroid bergantung pada yodium untuk menghasilkan hormon. Tanpa yodium yang cukup, kamu mungkin mulai mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau pembengkakan leher.

Kekurangan yodium adalah salah satu penyebab hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif). Ini dapat menyebabkan perkembangan gondok, pembesaran kelenjar tiroid. Hipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif dan menghasilkan hormon dalam jumlah berlebihan.

Asupan makanan yang direkomendasikan untuk yodium adalah 150 mcg per hari. Kandungan yodium sehat juga dapat ditemui pada manfaat rumput laut. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah terkonsentrasi dari laut.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Food and Drug Analysis, kombu adalah sumber yodium terkaya, diikuti oleh wakame dan nori. Bubuk rumput laut juga merupakan sumber yang signifikan. Jenis rumput laut dan lokasi penanamannya dapat mengubah kandungan yodium.

Rumput laut juga mengandung asam amino yang disebut tirosin, yang digunakan bersama yodium untuk membuat dua hormon kunci yang membantu kelenjar tiroid melakukan tugasnya dengan baik.

3. Meringankan diabetes

Makanan kaya serat bisa membantu merigankan diabetes. Ini karena jumlah serat yang tinggi membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat seseorang tanpa peningkatan kalori yang besar.

Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin. Menariknya, rumput laut telah menjadi fokus penelitian untuk cara-cara baru untuk mendukung orang-orang yang berisiko diabetes.

Sebuah studi mencatat peningkatan tambahan kadar gula darah pada mereka yang memiliki kecenderungan genetik terhadap resistensi insulin, yang biasanya menyertai diabetes tipe 2. Terlebih lagi, zat lain dalam rumput laut yang disebut alginat mencegah lonjakan gula darah pada hewan setelah mereka diberi makan makanan tinggi gula.

Diperkirakan bahwa alginat dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Beberapa penelitian hewan lainnya telah melaporkan peningkatan kontrol gula darah ketika ekstrak rumput laut ditambahkan ke makanan.

4. Mendukung kesehatan usus

Bakteri di usus memainkan peran penting dalam memecah makanan dan mendukung pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. Alga bisa menjadi makanan yang ideal untuk usus. Penulis sebuah studi dalam Journal of Applied Phycology melaporkan bahwa ganggang cenderung mengandung jumlah serat yang tinggi, yang dapat membentuk 23-64% dari berat kering ganggang.

Serat ini dapat membantu memberi makan bakteri usus. Bakteri usus memecah serat menjadi senyawa yang meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat rumput laut selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi rasa lapar. Serat dalam rumput laut dapat bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Serat membantu seseorang merasa kenyang, tetapi mengandung sangat sedikit atau bahkan tidak ada kalori.

Menurut penelitian di Marine Drugs, sejumlah besar serat makanan menunda pengosongan perut. Akibatnya, perut mungkin tidak mengirim sinyal kelaparan ke otak untuk waktu yang lebih lama, yang dapat membantu mencegah makan berlebihan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan

ilustrasi wanita © Diadona

Manfaat rumput laut ini juga bisa untuk kecantikan, lho! Berikut adalah manfaat rumput laut untuk kecantikan.

1. Kandungan rumput laut yang baik untuk kulit

Secara ilmiah, rumput laut menyerap berbagai vitamin dan mineral yang ada di air laut. Menurut Pendiri dan CEO Repechage, Lydia Sarfati, penyerapan ini membuat rumput laut menjadi kaya akan kandungan-kandungan tersebut. Ditambah lagi rumput laut mengandung phytohormones dan amino acids. Semuanya, menurut Lydia, dapat menutrisi kulit.

2. Membuat kulit tampak glowing

Manfaat rumput laut memiliki bahan antiinflamasi yang sangat baik. Kandungan ini membantu mengurangi berbagai masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, dan rosacea. Mungkin, antioksidan dan anti inflamasi yang ada di dalamnya inilah yang membantu kulit wajah tampak lebih glowing.

Sayangnya, belum ada penelitian yang menunjukkan korelasi rumput laut dan kulit glowing. Masih diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikannya. Kandungan antioksidan di dalam rumput laut juga diklaim mampu mencerahkan kulit wajah. Sayangnya, penelitian yang membandingkan kemampuan vitamin C dengan rumput laut dalam mencerahkan wajah juga belum ada.

3 dari 4 halaman

Apa Manfaat Rumput Laut

Ilustrasi Rumput Laut © Diadona

Banyak produk makanan yang membuat rasa rumput laut. Selain rasanya yang enak, manfaat rumput laut juga tidak boleh diremehkan. Berikut adalah manfaat rumput laut.

1. Membantu kesehatan otak

Berkat kandungan omega-3, EPA, DHA yang ditemukan dalam rumput laut mampu menjadikan memory otak semakin optimal dan juga berkhasiat untuk perkembangan otak anak.

2. Kaya akan serat

Rumput laut kaya akan serat larut yang mudah diserap oleh tubuh. Selain itu serat yang ada di dalam rumput laut mampu meningkatkan bakteri baik di dalam perut sehingga pencernaan Anda tetap sehat.

3. Mencegah kanker

Rumput laut mengandung zat anti oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini dikenal mampu memperlambat pertumbuhan tumor. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker usus besar.

4. Mampu mendetoks tubuh

Rumput laut cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Hal ini karena di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detos secara alami.

Ada begitu banyak manfaat yang ada di dalam rumput laut untuk kesehatan Anda. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi rumput laut atau makanan yang mengandung rumput laut.

5. Mengoptimalkan imunitas

Manfaat rumput laut juga menjadi sumber antioksidan yang bersifat antiinflamasi sekaligus sangat baik untuk imunitas tubuh. Seaweed mengandung polyphenols yang dapat bekerja sebagai kandungan anti kanker bagi tubuh.

6. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat rumput laut selanjutnya adalah untuk kesehatan tulang. Kandungan zat besi dan kalsium pada seaweed akan mendukung tulang dan juga otot.

4 dari 4 halaman

Manfaat Rumput Laut untuk Wajah

ilustrasi wanita © Diadona

Manfaat rumput laut untuk kecantikan lainnya adalah untuk wajah. Berikut adalah manfaat rumput laut untuk wajah.

1. Mengecilkan pori-pori

Sifat anti peradangan ini membantu mengurangi bengkak jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati di wajah.

2. Antipenuaan natural

Manfaat rumput laut untuk wajah selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Saatnya untuk mengandalkan seaweed yang mampu memproteksi kulit yang juga baik untuk lindungi kulit dari efek radikal bebas.

3. Mengatasi jerawat

Selain penting untuk kesehatan tubuh, rumput laut juga bermanfaat bagi kecantikan wajah. Tumbuhan laut ini mampu menghilangkan jerawat , karena memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan.

Apakah kamu suka dengan rumput laut? Bagaimana kamu biasanya memakan rumput laut ini? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar