17 Manfaat Buah Naga Merah dan Kulitnya untuk Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Jumat, 24 Januari 2020 06:00
17 Manfaat Buah Naga Merah dan Kulitnya untuk Ibu Hamil
Buah dengan kulit warna merah ini selain warnanya yang cantik, menyimpan banyak manfaat lho! Berikut manfaat buah naga yang harus kamu ketahui.

Buah yang memiliki kulit berwarna merah dengan daging buah berwarna putih atau merah bertabur biji kecil berwarna hitam ini memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Buah ini rendah kalori dan tinggi nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan. Dialnsir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah naga yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Naga Merah

Ilustrasi Buah Naga © Diadona

Salah satu jenis buah naga yaitu buah naga merah. Dengan daging berwarna merah, buah ini sering digunakan sebagai campuran makanan lain. Berikut adalah manfaat buah naga merah.

Camilan sehat bagi kamu yang sedang berdiet

Manfaat buah naga yang pertama ini bisa untuk cemilan sehat bagi kamu yang sedang berdiet. Baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga berat badan ideal, maka tidak salah jika kamu memanfaatkan manfaat buah naga untuk diet. Mengonsumsi buah naga secara teratur akan membuat perut kamu terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar.

Mampu mencegah kanker

Manfaat buah naga selanjutnya adalah mampu mencegah kakner. Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, manfaat buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

Meningkatkan nafsu makan

Manfaat buah naga selanjutnya dapat meningkatkan nafsu makan. Vitamin B1 dan B2 yang ada pada buah naga akan membuat nafsu makan menjadi meningkat jika rutin mengonsumsi buah naga terutama untuk anak-anak yang biasanya susah makan.

Memang bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun bagi kamu yang diet, cukup dengan mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.

Membantu masalah pencernaan

Untuk membersihkan pencernaanmu, makanlah buah naga. Kandungan fiber atau serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan memakan dagingnya yang juga mengandung protein baik, dapat membuat badan Anda sehat dan segar.

Menunda penuaan dini

Manfaat buah naga untuk kecantikan adalah dengan memperlambat penuaan diri. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

Membantu meringankan batuk dan asma

Manfaat buah naga berikutnya adalah membantu meringankan batuk dan asma. Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi sehingga bagi kamu yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti, maka akan sedikit terobati. Namun bukan juga bisa dikatakan bahwa buah naga merupakan obat dari asma.

Menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah

Manfaat buah naga mampu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah pada ibu hamil sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Menambah tenaga dan kekuatan

Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak energi (tenaga) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Manfaat buah naga baik untuk ibu hamil sebab, dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Ibu hamil yang mengonsumsi buah naga akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan mineral-mineral juga terdapat pada buah naga,yaitu : kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Manfaat buah naga ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Manfaat buah naga ini baik untuk ibu hamil karena dapat memenuhi kebutuhan si ibu dan bayi yang dikandung. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah (anemia)

Manfaat buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Dengan mengonsumsi buah naga, dapat mencegah anemia, sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

Menjaga tekanan darah dan gula darah stabil

Manfaat buah naga mampu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah pada ibu hamil sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Mampu meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh)

Manfaat buah naga mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Mengonsumsi buah naga dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah naga berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

Membantu pertumbuhan janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting, yakni membantu perkembangan janin. Bayi pun dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Buah Naga

Ilustrasi Buah Naga © Diadona

Kulit buah naga yang berwarna merah itu biasanya kita buang ternyata bermanfaat juga, lho! Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kulit buah naga dapat memberikan alternatif alami untuk mencegah terjadinya pemecahan pembuluh darah serta membantu mencegah berbagai penyakit mematikan lainnya. Berikut manfaat kulit buah naga yang harus kamu ketahui.

Merawat kulit

Kulit buah naga mengandung antioksidan, vitamin C dan Vitamin E yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit.Kandungan antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang membuat kulit menjadi kusam, kering, dan sakit. Caranya yaitu dengan mengonsumsi kulit buah naga sebagai teh atau kamu bisa membuat kulit buah naga ini menjadi masker wajah alami yang baik untuk kulit.

Dengan begitu kulit akan terbebas dari berbagai permasalah seperti jerawat, komedo, dan keriput sehingga kulit kamu menjadi lebih sehat.

Melenturkan pembuluh darah

Berdasarkan penelitian, di dalam kulit buah naga mengandung senyawa yang mampu melenturkan pembuluh darah. Senyawa aktif yang mampu melenturkan pembuluh darah ini adalah taraxast 12, pentacylic triyepene 20ene 30aol. Dua senyawa ini mampu bekerja dengan baik untuk melenturkan pembuluh darah.

Seperti yang sering diketahui bahwa untuk melenturkan pembuluh darah biasanya banyak orang mengonsumsi berbagai obat-obatan kimia.

Mengobati tumor

Di dalam kulit buah naga terdapat senyawa yang memiliki peran aktif untuk menghambat sel abnormal yang kemudian menjadi tumor. Untuk mengonsumsi kulit buah naga sangatlah mudah. Kamu bisa mulai memotong kulit buah naga menjadi kecil-kecil, kemudian dijemur hingga kering. Jika kulit buah naga sudah kering, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diseduh dengan air panas layaknya menyeduh teh dan bisa dikonsumsui sebanyak dua kali sehari.

Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Selain olahraga dan selalu memperhatikan gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh, kamu juga bisa mencegah penyakit kanker dengan rajin mengkonsumsi kulit buah naga.

Berdasarkan penelitian, kulit buah naga mengandung fitoalbumin yang apabila dikomboinasikan dengan vitamin C dan mineral lainnya mampu mencegah penyakit kanker, seperti kanker paru-paru, kanker darah, kanker payudara, kanker liver, dan lain sebagainya.

Apakah buah naga ini buah kesukaanmu? Olahan buah naga apa yang kamu suka? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar