17 Cara Mengatasi Depresi Berat, Ringan dan Berkepanjangan Menurut Islam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 31 Januari 2020 15:26
17 Cara Mengatasi Depresi Berat, Ringan dan Berkepanjangan Menurut Islam
Kalau kamu sedang merasa tidak baik-baik saja atau depresi, mungkin tulisan di bawah ini bisa membantu kamu.

Depresi didefinisikan sebagai suatu kondisi gangguan mental di mana seseorang dengan kesedihan yang berlebihan, kehilangan minat pada hal-hal yang sebelumnya terasa menyenangkan, dan motivasi yang rendah.

Depresi yangt berkepanjangan bisa menyebabkan berbagai masalah diri, mulai dari kondisi ketidakstabilan emosi, kurangnya semangat yang berpengaruh pada semua aspek hidup, hingga yang terparah, nggak jarang sebagai penyebab bunuh diri.

Depresi biasanya dicirikan dengan perasaan sedih, menangis, ledakan marah dan frustasi, insomnia atau justru banyak tidur, serta sering merasa lelah dan kekurangan energi. Yang terpeng, yuk segera cari cara mengatasi depresi, yang daftar di bawah ini mungkin bisa membantu kamu.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Depresi Berat

Ilustrasi Wanita Sedih © Diadona

Bagi banyak orang dengan depresi, gejala biasanya cukup parah untuk menyebabkan masalah yang nyata dalam kegiatan sehari-hari, seperti pekerjaan, sekolah, kegiatan sosial atau hubungan dengan orang lain.

Menyadari Kondisi

Langkah pertama dalam cara mengatasi depresi yakni dengan menyadari kalau kamu sedang dalam kondisi tersebut. Ini adalah langkah besar sekaligus yng paling sulit.

Tetap Berhubungan Dengan Orang Lain

Dukungan punya peran penting dalam cara mengatasi depresi. Karena saat kamu sedang sendirian, maka akan sangat sulit mempertahankan perspektif yang sehat untuk kamu. Padahal pada saat yang sama, depresi membuat seseorang jadi cenderung menarik diri dari pergaulan, membuat cara mengatasi depresi ini jadi semakin sulit dilakukan.

Cara mengatasi depresi saat kamu mengalaminya, yakni yakinkan kalau menjangkau orang lain bukan sesuatu yang lemah. Kamu bukan beban untuk orang lain, dan mereka sayang serta peduli kepada kamu.

 

Ilustrasi Rambut © Diadona

Terkena Paparan Sinar Matahari

Ternyata berjalan-jalan keluar rumah sambil 'berjemur' sebentar bisa menjadi cara mengatasi depresi. Ini karena sinar matahari dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dan meningkatkan suasana hati kamu.

Hilangkan Pemikiran Negatif

Saat kamu depresi, beragam pikiran negatif memang akan terus muncul dalam pikiran. Saat sedang merasa demikian, maka penting untuk diingat kalau ini adalah gejala depresi dan sikap-sikap pesimistis yang tidak rasional ini — dikenal sebagai distorsi kognitif — tidak realistis. Maka sebagai cara mengatasi depresi, kamu harus bertahan dan buat pikiran tersebut menyerah.

Tingkatkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian di tahun 2014 membuktikan bahwa 80% orang dengan gangguan depresi mayor mengalami gangguan tidur. Kamu mungkin merasa seperti nggak bisa tidur. Atau mungkin kamu kesulitan bangun dari tempat tidur karena merasa lelah sepanjang waktu.

Sebagai cara mengatasi depresi, maka kamu harus meningkatkan kualitas tidur kamu. Matikan elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur dan gunakan cahaya redup untuk membaca buku atau melakukan aktivitas santai lainnya.

Gunakan tempat tidur cuman buat tidur, karena kalau kamu melakukan kegiatan lain di atas tempat tidur atau bahkan di kamar kamu, maka secara nggak sadar kamu akan mengasosiasikan tempat tiur dengan stres, bukannya relaksasi.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Depresi dalam Islam

Ilustrasi Al Quran © Diadona

Untuk kamu yang sedang berjuang dengan depresi, ada harapan dalam Islam dalam cara mengatasi depresi tersebut.

Tanyakan Kepada Allah

Ubah setiap kecemasan, setiap ketakutan dan keprihatinan masing-masing menjadi doa sebagai cara mengatasi depresi. Lihatlah itu sebagai alasan lain untuk tunduk kepada Tuhan dan bersujud, yakni tempat di mana kamu paling dekat dengan Allah.

Baca Surah Ad-Dhuha

Suatu ketika Nabi Muhammad pernah dalam kondisi lama tidak berkomuniaksi dengan Allah, sehingga orang Mekkah mempermalukan Nabi membuat beliau merasa sangat tertekan. Pada saat itulah, Allahmenurunkan surat Ad-Dhuha.

Surat ini dapat menjadi cara mengatasi depresi karena menjadi pengingat untuk melihat kehidupan dalam pola yang lebih besar, bersyukur atas apa yang kita miliki dan tidak pernah menyerah berjuang untuk apa yang benar.

Berdzikir

Dengan mengingat Allah saat sedang meras sedih bisa menjadi cara mengatasi depresi. Dalam Surat Ar-Ra’d Ayat 28 disebutkan, " orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram,"

Membaca Al-Quran

Karena Al-Quran adalah bentuk zikir terbaik Allah SWT yang membawa kenyamanan dan kedamaian di hati, dan sangat sesuai sebagai cara mengatasi depresi. Nabi Muhammad SAW bersabda " Quran adalah obat terbaik untuk penyakit jiwa" (Bukhari)

Bersabar

Bersabar memberikan kamu kendali saat kamu berada dalam kondisi yang tidak bisa dikendalikan. Kesabaran sebagai cara mengatasi depresi karena membantu kita menjaga pikiran dan sikap kita terhadap kesulitan-kesulitan kita tetao terkontrol.

Memohon Ampun

Saat kamu memohon ampun dan pertolongan dari dosa, ini bisa jadi cara mengatasi depresi. Mengapa? Karena kamu akan terbebas dari kecemasan akibat dosa tersebut. Selanjutnya, pengampunan juga membawa kebahagiaan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Depresi Ringan

Depresi © Diadona

Orang lain mungkin secara umum merasa sengsara atau tidak bahagia tanpa mengetahui alasannya. Anak-anak dan remaja mungkin menunjukkan depresi dengan menjadi mudah tersinggung atau rewel daripada sedih. Berikut cara mengatasi depresi:

Lakukan Hal-Hal yang Menyenangkan

Sebagai cara mengatasi depresi, kamu harus melakukan hal-hal yang memabuat kamu senang dan bersemangat. Misalnya, mengikuti gaya hidup sehat, belajar bagaimana mengelola stres dengan lebih baik, menetapkan batasan pada apa yang dapat kamu lakukan, dan menjadwalkan kegiatan yang menyenangkan.

Teruslah Bergerak

Saat kamu mengalami depresi, bawaannya memang pengen meringkuk di kamar terus kan? Memang sih berat untuk bergerak, apalgi berolahraga untuk cara mengatasi depresi. Tapi, tahu nggak sih kalau olahraga adalah pembunuh bagi depresi yang kuat.

Penelitian membuktikan, olahraga teratur punya efek yang sama efektifnya dengan obat sebagai cara mengatasi depresi efektifnya dengan obat untuk menghilangkan gejala depresi. Ini juga membantu mencegah kekambuhan begitu kamu baik-baik saja.

Ingat Terus Saat yang Membahagiakan

Saat kamu depresi, maka kamu akan cenderung mengingat memori yang menyakitkan, seperti gagal, ditolak, atau yang lainnya. Maka, saat kamu merasa dalam lubang tersebut, segera tarik nafas, lalu ingatkan lagi hari-hari yang bikin kamu bahagia. Ini akanjadi cara mengatasi depresi dengan menyuntikkan langsung dosis pikiran positif.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Depresi Berkepanjangan

ilustrasi wanita sedih © Diadona

Seseorang bisa aja nggak sadar kalau sedang mengalami depresi. Cara mengatasi depresi di bawah ini mungkin bisa kamu coba.

Ingat Lagi Kualitas Baik dalam Diri Kamu

Depresi dipenuhi dengan pikiran-pikiran tentang buruk dan tidak kompetennya diri sendiri. Untuk itu, cara mengatasi depresi yakni dengan mengingat kembali apa yang menjadi kualitas diri kamu. Misalnya, kamu baik hati, kamu orang yang hangta, kamu peduli, kamu sangat perhatian..

Membuat Rencana

Saat sedang mengalami depresi, satu-satunya tempat yang ingin dia tuju adalah tempat tidur dan meringkuk di sana. Padahal, penting untuk keluar rumah, bersosialisai dengan orang, dan punya rencana apapun yang bisa kamu lakukan, sebagai cara mengatasi depresi.

Cari Sesuatu yang Membuat Kamu Berharap

Saat kamu sedang merasa depresi, coba deh kamu melihat kalender dan cari momen apa yang akan kamu tunggu di masa mendatang. Pernikahan saudara kamu, jadwal rilis film kesukaan, atau apapun, sebagai cara mengatasi depresi kamu.

Karena, penelitian tahun 2007 ini menunjukkan bahwa orang mendapatkan dorongan emosional saat tahu ada hal menyenhangkan yang akan terjadi di tangal tertentu di masa depan, dibandingkan dengan melihat kembali aktivitas luar biasa dari masa lalu.

Cari Bantuan Para Ahli

Nggak ada yang salah kalau kamu ingin cara mengatasi depresi dengan langsung datangke psikolog, karena mereka sangat angat terlatih dengan pengalaman dalam membantu pasien pulih dari depresi.

Beberapa pendekatan berbeda terhadap psikoterapi telah terbukti membantu individu pulih dari depresi, terutama yang mengalami depresi ringan hingga sedang.

Bila kamu, teman, saudara, atau keluarga yang kamu kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Kamu juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id

Beri Komentar