16 Manfaat Olahraga Bersepeda di Pagi Hari bagi Wanita dan Diet

Reporter : Sofi
Selasa, 7 Januari 2020 17:50
16 Manfaat Olahraga Bersepeda di Pagi Hari bagi Wanita dan Diet
Bersepeda merupakan slah satu olahraga dengan bnayak manfaat. Berikut manfaat bersepeda yang harus kamu ketahui.

Bersepeda adalah salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan. Dengan bersepeda dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakti serius seperti obesitas, kanker, diabetes, dan lain sebagainya. Orang-orang biasanya melakukan kegiatan ini dibarengai dengan berangkat menuju kerja.

Tapi di Indonesia orang yang melakukan hal itu masih sedikit, padahal manfaat bersepeda ini sungguh mengesankan. Berikut manfaat bersepeda yang harus kamu ketahui yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Bersepeda bagi Wanita

ilustrasi wanita bersepeda © Diadona

Siapapun bisa melakukan kegiatan bersepeda dimana saja dan kapan saja. Manfaat yang didapat juga cukup banyak dan mengesankan. Peminat bersepeda bagi wanita sendiri juga banyak. Jadi, ketahui manfaat bersepeda ini bagi wanita. Berikut manfaat bersepeda bagi wanita.

1. Menstabilkan diabetes

Manfaat bersepeda yang pertama adalah menstabilkan diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tak hanya orang yang sudah sangat dewasa yang berisiko menderita diabetes, anak muda zaman sekarang juga sangat mungkin terserang risiko diabetes.

Apalagi, jika mereka tidak memiliki pola hidup yang sehat. Nah, manfaat bersepeda ternyata bisa menstabilkan diabetes. Cobalah untuk bersepeda sedikitnya selama 30 menit setiap harinya.

2. Mencegah risiko darah tinggi

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah mencegah risiko darah tinggi. Bersepeda adalah aktivitas sehat yang sangat baik dalam mencegah risiko darah tinggi. Manfaat bersepeda juga bisa mengontrol detak jantung, melunturkan lemak dalam tubuh dan memperkuat otot tubuh terutama kaki.

3. Mencegah risiko jantung

Selain sangat baik untuk mencegah risiko tekanan darah tinggi, manfaat bersepeda juga untuk bantu mencegah risiko jantung. Bersepeda sedikitnya selama 20 menit setiap harinya akan bantu mengontrol detak jantung, mencegah risiko mudah lelah, dan mencegah obesitas.

4. Menurunkan risiko depresi

Bersepeda saat pagi atau sore hari bisa bantu mengurangi stres, depresi serta kecemasan. Manfaat bersepeda ini juga akan meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyamanan hati.

5. Meningkatkan kekuatan otak

Olahraga telah berulang kali dikaitkan dapat menyehatkan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28%, dan hingga 70% di area tertentu.

Tidak hanya itu, manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga. Penelitian menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, empat kali seminggu.

ilustrasi wanita bersepeda © Diadona

6. Mengingkatkan kemampuan seks

Manfaat bersepeda dapat membangun beberapa kelompok otot yang penting. Dr. Matthew Forsyth, ahli urologi dan pengendara sepeda dari Portland, Oregon, mengatakan: “ Semua otot ini (yang dibentuk saat bersepeda) digunakan selama hubungan seksual. Semakin baik mengembangkan otot-otot ini, hubungan seksual yang lebih lama”

Sebagian besar dari kita tahu bahwa seks adalah hal yang baik, tetapi tidak semua orang tahu bahwa itu sebenarnya juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, seks biasa memang bisa memperpanjang umur.

7. Mengatasi insomnia

Bagi kamu yang mengalami insomnia, manfaat bersepeda dipercaya mengatasi gangguan yang kamu alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur kamu akan datang lebih cepat.

Sedangkan, manfaat bersepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

8. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat olahraga sepeda yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko kanker. Studi itu menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bersepeda di Pagi Hari

ilustrasi wanita bersepeda © Diadona

Banyak orang melakukan kegiatan olahraga di pagi hari. Salah satunya adalah olahraga bersepeda. Ketika udara masih belum terkena banyak polusi, udara sejuk, juga paparan sinar matahari pagi yang sehat dapat menambah manfaat bersepeda di pagi hari. Berikut manfaat bersepeda di pagi hari.

1. Menjaga berat badan tetap ideal dan meninggikan tubuh

Bersepeda dapat memancing kinerja kardiovaskular dan otot semakin optimal. Aktivitas itu juga akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Pembakaran kalori merupakan salah satu cara menjaga berat badan tetap ideal.

Namun, kamu perlu membiasakan bersepeda dengan pola makan gizi seimbang. Hal itu berguna untuk mencegah dan mengantisipasi kegemukan.

2. Mencegah penyakit kronis

Studi membuktikkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru-paru. Bersepeda secara teratur juga dapat mengurangi risiko terserang kanker usus dan kanker payudara. Bersepeda menjadi salah satu cara yang dapat mengurangi risiko diabetes. Melakukan kegiatan ini lebih dari 30 menit per hari akan mencegah risiko terkena diabetes.

3. Menyehatkan tulang dan sendi

Bersepeda akan menjaga kesehatan tulang dan sendi. Tetapi, bersepeda tidak dikhususkan membantu mengatasi osteoporosis, tetapi kegiatan ini merupakan bentuk latihan yang ideal bagi pengidap penyakit tersebut. Bersepeda merupakan latihan ringan yang hanya akan memberikan sedikit tekanan terhadap sendi.

Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja aktif ketika bersepeda. Manfaat bersepeda ini didapatkan dari pergerakan yang baik pada persendian, sehingga akan membuatnya menjadi fleksibel.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Bersepeda

ilustrasi olahraga bersepeda © Diadona

Ada banyak manfaat olahraga bersepeda yang masih banyak orang belum ketahui. Berikut manfaat-manfaat tersebut.

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Saat kamu bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari tingkat normal. Hal ini akan memperbaiki kondisi jantung dan menghindarkanmu dari tekanan darah tinggi.

2. Membangun kekuatan tubuh

Bersepeda akan meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Bersepeda juga akan meningkatkan energi. Ketika energi tubuhmu meningkat, maka kamu jadi jarang kelelahan.

3. Menurunkan stres

Bersepeda akan memerangi stres, depresi, dan kecemasan. Jika dilakukan secara teratur, maka bersepeda bisa mengobati berbagai penyakit mental. Sebab, bersepeda adalah hal yang menyenangkan dan membawa efek positif pada tubuhmu.

4. Meningkatkan gerakan usus

Bersepeda merupakan semacam latihan aerobik yang berguna untuk mempercepat pernapasan dan detak jantung. Semua hal ini berguna untuk merangsang kontraksi otot-otot usus. Sehingga kamu akan terhindar dari perut kembung dan membantu melindungimu dari risiko kanker usus.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bersepeda untuk Diet

ilustrasi diet © Diadona

Peneliti menganalisis 130 orang dengan berat badan berlebih dengan indeks masa tubuh 23-35 kg/m2. Kriteria untuk berpartisipasi dalam penelitian ini adalah mereka tidak terlalu aktif atau berotot berdasarkan serangkaian parameter seperti lemak tubuh, penyerapan oksigen maksimum, dan tingkat aktivitas fisik.

Para peserta dibagi menjadi empat kelompok. Yang satu harus mengendarai sepeda pulang pergi dari rumah ke kantor dalam jarak yang ditentukan. Dua kelompok lainnya harus melakukan aktivitas fisik seperti nge-gym lima kali seminggu. Satu berada pada intensitas tinggi, yang lainnya dengan intensitas sedang. Sedangkan kelompok terakhir diminta untuk tidak melakukan apapun, atau lebih tepatnya sebagai pembanding dari semuanya.

Hasilnya, kelompok yang bersepeda dan kelompok yang nge-gym memiliki pembakaran kalori yang sama dalam seminggu. Namun semua terlihat ketika sudah berjalan enam bulan. Masa lemak orang yang nge-gym dengan intensitas tinggi telah berkurang 4,5kg jika dibandingkan kelompok yang keempat (yang menjadi kelompok pembanding).

Kelompok yang berolahraga di gym dengan intensitas rendah hanya mampu turun 2,6kg saja. Sementara kelompok yang bersepeda turun 4,2 kg.

Apakah kamu salah satu orang yang gemar dengan olahraga bersepeda ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar