16 Manfaat Oatmeal untuk Wajah, Diet, dan Bayi

Reporter : Sofi
Jumat, 17 Januari 2020 16:10
16 Manfaat Oatmeal untuk Wajah, Diet, dan Bayi
Oatmeal yang terkenal akan kandungannya yang manjaga kesehatan jantung ternyata juga bermanfaat juga kecantikan, lho! Simak manfaat oatmeal lebih lengkapnya.

Oat adalah makanan gandum, yang dikenal secara ilmiah sebagai Avena sativa. Menir gandum, bentuk gandum yang paling utuh dan utuh, membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Untuk alasan ini, kebanyakan orang lebih suka oat yang digulung, dihancurkan, atau dipotong baja.

Oat instan adalah varietas yang paling banyak diproses. Meskipun mereka membutuhkan waktu paling singkat untuk memasak, teksturnya mungkin lembek. Oat biasanya dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal, yang dibuat dengan merebus gandum dalam air atau susu. Oatmeal sering disebut sebagai bubur. Berikut adalah manfaat oatmeal yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Masker Oatmeal

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Oatmeal sering digunakan untuk masker. Karena teksturnya yang sedikit kasar, oat ini biasa digunakan untuk scrub wajah. Tujuannya adalah membersihkan sel kulit mati yang ada pada kulit kita. Berikut adalah manfaat masker oatmeal yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah timbul jerawat

Manfaat oatmeal mempunyai zat anti bakteri, yang ampuh membunuh bakteri yang mendorong munculnya jerawat. Gunakanlah oatmeal sebagai masker wajah, agak bakteri sulit untuk masuk ke dalam pori-pori. Selain itu juga oatmeal memiliki antioksidan dan kolagen yang dapat mengurangi penuaan dini pada kulit wajah kamu.

2. Meringankan kulit gatal

Manfaat oatmeal telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk menghilangkan rasa gatal. Seperti bekas luka, sunburns, dan ruam. Efek anti gatal dari oatmeal adalah karena adanya avenanthramides. Sekelompok alkaloid fenolik, yang membantu mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan kulit. Caranya sangat mudah, tuangkan satu hingga dua cangkir oatmeal, pada bak mandi kamu dan berendam selama beberapa menit. Kulitmu akan lebih lembut, dan tenang.

3. Mengangkat kulit mati

Oatmeal merupakan salah satu exfoliant, yang paling ringan dan lembut. Partikelnya yang kecil, sangat baik untuk digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulit mati. Kamu dapat kombinasikan dengan gula merah, untuk mendapatkan tekstur yang sedikit kasar saat dijadikan sebagai scrub wajah. Cobalah dengan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan madu organik mentah, dan 1 sendok makan air hangat. Campurkan semua bahan, lalu scrub wajah kamu selama 5 menit dan bilas hingga bersih.

4. Melembapkan kulit

Manfaat oatmeal dapat digunakan untuk melembapkan kulit. Bila kamu memiliki wajah yang cukup kering dan kulit wajah yang mudah terkelupas, tidak ada salahnya mencoba oatmeal sebagai perawatan wajah. Caranya dengan menyulap oatmeal menjadi krim pelembap sehari-hari.

Bahan yang kamu butuhkan, 1/2 cangkir oatmeal, 1/4 cangkir plainyoghurt, dan 2 sendok makan madu organik mentah. Campurkan semua bahan dan simpan dalam wadah kecil khusus krim. Manfaat oatmeal dari krim pelembap ini adalah membantu melindungi epidermis saat menyembuhkan kulit kering, atau kulit yang sedang meradang.

5. Pembersih wajah untuk kulit sensitif

Terdapat kandungan saponin di dalam oatmeal, sejenis senyawa kimia yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini memproduksi busa saat dilarutkan dalam air, saponin berfungsi seperti sabun dengan mengikat minyak dan molekul minyak sehingga bisa dibilas. Oatmeal lebih lembut dari pada sabun wajah, karena pembersihan yang dilakukan hanya bekerja di permukaan kulit.

Oatmeal tidak menembus ke dalam pori-pori dan melepaskan minyak wajah yang diproduksi wajah secara alami. Sehingga menggunakan oatmeal untuk kulit yang cenderung sensitif, sangat baik dan tidak membuat kulit mengering dan terkelupas. Tuangkan 1 sendok teh oatmeal pada mangkok yang berisikan air hangat, aduk lalu bilas pada wajahmu. Tambahkan beberapa gerakan memutar atau memijat wajahmu, layaknya seperti face scrub. Lalu, bilas dengan air hingga bersih.

2 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Cantik © Diadona

Manfaat oatmeal ini bagus untuk wajah kamu dengan menggunakan masker yang sebelumnya disebutkan. Berikut adalah manfaat oatmeal yang akan kamu dapat.

1. Mengatasi kulit kering dan mengelupas

Kulit yang kering bisa menyebabkan pengelupasan dan warna kulit tidak merata. Manfaat oatmeal bisa mengatasinya berkat kandungan polisakarida di dalamnya. Jika ingin mengatasi kulit kering, campurkan oatmeal dengan daging buah pisang yang sudah dihaluskan dan sedikit susu hangat.

Manfaatkan sebagai masker wajah dan lulur tubuh. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Membantu pengelupasan kulit mati

Manfaat oatmeal ini juga bisa untuk memabntu pengelupasan kulit mati. Campurkan oatmeal secukupnya, sedikit air hangat, dan 1 sendok makan madu. Usapkan pada kulit yang kasar, kemudian gosok-gosok selama beberapa menit. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Membersihkan wajah

Manfaat oatmeal untuk membersihkan wajah juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah. Sifat pembersih dari saponin dalam oatmeal bisa membersihkan wajah secara menyeluruh. Campurkan 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan air hangat. Aplikasikan pada wajah, usap dengan gerakan melingkar, dan cuci wajah hingga bersih.

4. Menjaga keseimbangan pH

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat oatmeal adalah menjaga keseimbangan kulit. Kandungan oatmeal bisa bertindak sebagai buffering agent yang membantu kulit mempertahankan pH normal.

5. Menjaga kelembapan kulit

Oatmeal mengandung pati dan beta-glucan yang berkhasiat mempertahankan kelembapan di kulit. Polisakarida dan hidrokoloin yang terkandung di dalam oatmeal juga mampu mengunci kelembapan di lapisan kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Diet

ilustrasi wanita diet © Diadona

Selain untuk kecantikan, oatmeal ini bermanfaat juga untuk diet. Manfaat oatmeal dapat membantumu menurunkan berat badan, karena merupakan serat larut dan dapat membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak ada keinginan untuk makan kecil. Diet oatmeal juga dapat membantu menghilangkan lemak perutmu. Berikut adalah langkah diet oatmeal untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat yang dilansir dari fimela.com.

1. Sarapanlah setiap pagi dengan seporsi oatmeal. Setengah cangkir oatmeal, bisa diberi setengah cangkir susu skim hangat, taburkan kayu manis bubuk dan kismis. Hidangan kaya serat ini mampu membuat kamu kenyang sepanjang hari.

2. Untuk makan siang, buatlah semangkuk oatmeal dengan yogurt. Yogurt akan membantumu untuk menghilangkan rasa bosan mengkonsumsi oatmeal. Disamping itu, yogurt akan membantu pencernaanmu agar lebih sehat.

3. Konsumsi oatmeal sebelum kamu makan malam. Dengan begini, kamu akan makan lebih sedikit. Jangan lupa untuk mengkonsumsi hidangan makan malam yang rendah kalori.

4. Usahakan hanya mengkonsumsi 900 sampai 1.200 kalori per hari, selama tujuh hari pertama untuk memulai diet kamu. Kemudian, tingkatkan asupan kalorimu hingga 1.000 sampai 1.300 kalori per hari selama 30 hari.

5. Terus mengkonsumsi setidaknya dua porsi oatmeal per hari, baik sebagai makanan atau makanan ringan, setelah diet 30 hari selesai. Melakukan diet oatmeal ini secara rutin akan membantu menjaga berat badanmu untuk sebulan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Bayi

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Tidak hanya orang dewasa, manfaat oatmeal ini juga bisa untuk bayi. Berikut adalah manfaat oatmeal untuk bayi yang harus kamu ketahui.

1. Baik untuk kekebalan

Oat mengandung sejenis gula yang disebut beta-glucan yang dianggap dapat meningkatkan produksi sel sistem kekebalan tubuh. Jadi, konsumsi gandum secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, yang merupakan keuntungan bagi bayi yang sedang tumbuh.

2. Membantu sembelit

Karena gandum kaya akan serat, mereka bisa membantu mengatasi sembelit. Ahli medis merekomendasikan membuat oat sebagai bagian dari diet ketika individu mengalami sembelit, dan saran ini bekerja bahkan untuk bayi.

3. Meningkatkan sensitivitas insulin

Bayi yang lahir dengan diabetes tipe-1 bawaan dapat mengambil manfaat dari konsumsi oat karena oat mungkin dapat mengurangi resistensi insulin. Ini berarti tubuh menggunakan insulin yang disuntikkan dengan lebih baik, mengurangi efek diabetes.

4. Dapat membantu mengurangi peradangan

Manfaat oatmeal mengandung senyawa yang disebut avenanthramides yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk infeksi dan luka. Bayi yang memiliki beberapa penyakit autoimun mungkin mendapat manfaat dari sifat antiinflamasi gandum.

Bagaimana kmau biasa mengolah oatmeal ini untuk kamu konsumsi? Beri jawabanmu di koolom komentar ya!

Beri Komentar