16 Manfaat Kopi Hijau untuk Diet dan Kesehatan

Reporter : Shofi Febri
Kamis, 13 Februari 2020 14:08
16 Manfaat Kopi Hijau untuk Diet dan Kesehatan
Kopi hijau yang terkenal bisa untuk menurunkan berat badan ternyata bisa untuk manfaat kecantikan.

Kopi hijau ini memiliki biji yang masih berwarna hijau tanpa melalui proses pemanggangan. Pada manfaat kopi hijau ini masih memiliki kadar asam klorogenant yang sangat tinggi, sehingga dianggap dapat memengaruhi metabolisme dan kadar gula darah yang kemudian dapat membantu program penurunan berat badan. Tidak hanya itu, manfaat kopi hijau juga bisa untuk kesehatan lainnya. Berikut manfaat kopi hijau yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kopi Hijau untuk Diet

ilustrasi dietilustrasi diet © rawpixel.com

Kopi hijau ini dikonsumsi dalam bentuk ekstrak dan berasal dari biji kopi yang belum dipanggang. Biji kopi mengandung senyawa bernama chlorogenic acids. Senyawa ini dipercaya memiliki efek antioksidan, membantu menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

Pada biji kopi biasa, kandungan chlorogenic acids ini sudah berkurang akibat proses pemanggangan. Inilah kenapa, minum kopi biasa tidak akan seefektif minum kopi hijau untuk menurunkan berat badan. Pastikan kamu tidak mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi hijau setiap hari.

Meminum terlalu banyak kopi hijau tidak akan mempercepat proses penurunan berat badan. Dan hindari juga untuk minum kopi hijau langsung setelah makan. Kopi hijau dipasaran dapat ditemukan dalam beberapa jenis, masih berbentuk biji, bubuk hingga kapsul. Jika tidak ingin repot dalam mengolah, dapat memilih kopi hijau bubuk atau kapsul yang banyak dijual di berbagai supermarket atau minimarket. Berikut cara membuat kopi hijau untuk diet secara benar.

1. Cara membuat kopi hijau pertama kali adalah sediakan 1 gelas kopi hijau dengan 3 gelas air untuk merebus, takaran merebus ini 1:3. Jadi bila ingin membuat 2 gelas kopi hijau maka dibutuhkan air 6 gelas dan begitu seterusnya.

2. Cara membuat kopi hijau kedua adalah sediakan panci bersih untuk merebus kopi, tuangkan 3 gelas air dan tambahkan 1 gelas kopi hijau tersebut.

3. Cara membuat kopi hijau ketiga adalah dengan nyalakan kompor dan masak kopi sambil sesekali diaduk secara perlahan agar kopi merata. Setelah mendidih kecilkan api dan rebus kembali selama 12 menit, tetap aduk rebusan kopi hijaunya.

4. Kemudian matikan api dan saring kopi. Agar lebih nikmat dapat ditambahkan ekstra seperti madu. Tunggu hingga dingin untuk meminumnya.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Manfaat kopi hijau juga bagus untuk kesehatan tubuh kita. Seperti contoh dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, berikut manfaat kopi hijau untuk kesehatan.

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2020 https://www.diadona.id

Sebagai detoksifikasi alami

Manfaat kopi hijau juga sebagai penghilang racun alami yang tergolong efektif. Ekstrak biji kopi hijau akan membersihkan organ hati (liver/empedu) dari racun seperti, kolesterol jahat, dan lemak berlebih. Ketika hati sudah bersih dari racun, maka akan dapat berfungsi secara normal dan kesehatan tubuh dapat terjaga. Detoksifikasi akan memperbaiki banyak hal, diantaranya meningkatkan metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan.

Mengobati diabetes

Manfaat kopi hijau berikutnya yaitu mampu mengobati diabetes tipe 2 dengan baik. Zat ekstrak dalam biji kopi hijau diketahui dapat menurunkan kadar gula tinggi di aliran darah, sekaligus mempercepat penurunan berat badan. Kedua hal ini (penurunan kadar gula darah dan berat badan) krusial untuk menyembuhkan diabetes mellitus tipe 2.

Mengatasi penyakit alzheimer

Manfaat kopi hijau selanjutnya adalah mampu mengatasi penyakit alzheimer. Penyakit ini merupakan kelainan mental akibat rusaknya saraf otak. Dengan mengonsumsi kopi hijau secara rutin akan mampu membantu mengatasi penyakit alzheimer.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Bukan hanya menurunkan berat badan saja yang menjadi manfaat kopi hijau ini. Melainkan asam klorogenatnya juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan penurunan tekanan darah. Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat disebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Biji Kopi Hijau

Manfaat biji kopi hijau ini tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Berikut manfaat kopi hijau tersebut.

Membantu melembabkan kulit

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2020 https://www.diadona.id

Selain antioksidan, manfaat kopi hijau juga kaya akan asam lemak dan ester termasuk Asam Arahat, Asam Linoleat dan Asam Oleat, yang memberi nutrisi dan melembabkan kulit kita untuk menghindari proses pengenduran, berubah warna dan kerusakan parah lainnya.

Membantu memperlambat tanda penuaan

Manfaat kopi hijau juga diketahui dapat mempertahankan kadar bahan volatil tinggi karena tidak perlu menjalani prosedur pemanggangan. Asam Gamma Aminobutyric (GABA), Theophylline, Epigallocatechin Gallate, dan sebagainya adalah beberapa bahan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita dan mencegah munculnya keriput.

Meningkatkan energi

Mengingat kandungan dalam biji kopi hijau juga terdapat jumlah kafein yang tinggi, biji kopi hijau bisa digunakan sebagai penambah energi yang sangat baik. Energi yang meningkat berkat kafein dalam kopi hijau akan membuat kita aktif sepanjang hari, jadi tidak perlu lagi mengonsumsi minuman berenergi yang tak jelas merek dan manfaatnya.

Melawan kebotakan

Ilustrasi Rambut RontokIlustrasi Rambut Rontok © 2019 https://www.diadona.id / health.clevelandclinic.org

Androgenetic alopecia, yang juga disebut 'female pattern hair loss' juga bisa disembuhkan dengan biji kopi hijau. Ekstrak biji kopi hijau ini dapat meningkatkan pertumbuhan serta ketebalan helai rambut secara signifikan.

Meningkatkan metabolisme

Manfaat kopi hijau berikutnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Asam Chlorogenic dalam biji kopi hijau diketahui mampu meningkatkan fungsi metabolisme. Tingkat Metabolisme Basal (BMR) dalam tubuh akan mengalami peningkatan signifikan, yang meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah.

Ketika kekurangan glukosa, tubuh mulai membakar sel lemak yang tersimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosanya. Dengan demikian, manfaat kopi hijau yang murni mampu meningkatkan kemampuan membakar lemak dan menurunkan berat badan jadi lebih mudah.

4 dari 4 halaman

Apa Manfaat Kopi Hijau

Selain manfaat kopi hijau di atas, memang apa masih ada manfaat kopi hijau lainnya? Tentu masih banyak manfaat kopi hijau yang harus kamu tahu. Berikut manfaat kopi hijau tersebut.

kopi hijaukopi hijau © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Menekan nafsu makan

Manfaat kopi hijau tak terduga selanjutnya yaitu dapat menekan nafsu makan. Jika kamu termasuk orang yang selalu merasa lapar, dan kesulitan mengatur pola makan, manfaat kopi hijau sangat disarankan untuk menekan nafsu makan yang berlebihan. Jika kamu sering merasa lapar, mengonsumsi kopi hijau adalah opsi terbaik. Selain mengendalikan hasrat atau keinginan untuk makan secara berlebihan, tubuh akan mulai membakar timbunan lemak dan menyingkirkan berat badan berlebih.

Menghilangkan zat yang merusak rambut

Manfaat kopi hijau yang mengandung antioksidan bagus untuk rambut kita. Antioksidan ini membantu melawan segala sesuatu yang beracun dan merusak, rambut akan tetap kuat, sehat dan indah.

Membantu membakar lemak berlebih

Manfaat kopi yang selanjutnya yaitu mempermudah pembakaran lemak tubuh. Biji kopi hijau ini mengandung rumput laut dalam jumlah besar. Ini adalah jenis rumput laut tertentu yang sarat dengan vitamin dan mineral penting. Karena itu, dapat membantu menjaga kadar nutrisi di tubuh kita. Secara bersamaan juga akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak dan kalori dapat berlangsung dengan cepat.

Membantu meningkatkan sirkulasi darah

Tekanan darah tinggi dapat berdampak pada timbulnya beberapa penyakit fatal seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal kronis, dan lain-lain. Namun, para peneliti telah menemukan adanya kandungan aspirin yang sangat aktif dan kuat dalam biji kopi hijau yang memberi dampak positif pada darah kita. Pembuluh darah dapat mencegah trombosit agar tidak berkerumun atau berkumpul menjadi satu. Akibatnya, arteri tidak mengeras dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh meningkat.

Kaya kandungan antioksidan

Salah satu kandungan kopi adalah antioksidan yang dapat megurangi efek radikal bebas yang merusak sel tubuh kita. Jadi dengan minum kopi secara cukup, sebenarnya kopi itu menyehatkan. Selain itu berdasar hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, salah satu jenis antioksidan yang ada dalam biji kopi terutama kopi hijau secara nyata dapat mencegah perkembangan beberapa jenis sel kanker.

Mengurangi efek radikal bebas

Asam Chlorogenic dalam biji kopi hijau dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh hingga 10 kali lipat dari teh hijau biasa. Ketika biji kopi ini tidak dipanggang, maka ada beberapa zat antioksidan yang tidak terbuang akibat dari proses pemanggangan itu, yaitu keluarga polifenol, seperti asam ferulic dll, yang dapat memperlambat proses penuaan dan membuat kulit tampak lebih awet muda.

Jadi apakah kamu berencana untuk menggunakan manfaat kopi hijau tersebut? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar