16 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dan Anak di Paru-Paru dan Tenggorokan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 10 Februari 2020 14:43
16 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dan Anak di Paru-Paru dan Tenggorokan
Dahak yang nyangkut di tenggorokan memang mengganggu. Gimana cra mengeluarkannya?

Kamu mungkin pernah mengalami yang namanya batu berdahak. Nggak enak banget kan? Dahak ini adalah jenis lendir yang diproduksi di paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah.

Lendir membentuk lapisan pelindung di bagian tubuh tertentu, bahkan ketika seseorang sehat. Lendir menjaga area ini agar tidak mengering dan membantu bertahan melawan penyerang, termasuk virus dan bakteri. Meskipun dibutuhkan, tapi kalau kelebihan dahak pun juga bikin nggak nyaman.

Gimana cara menghilangkan dahak?

1 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Ilustrasi Bayi © Diadona

Dahak pada bayi nggak cuman akan mengganggu saluran pernafasan, tapi juga proses menelan ASI. Yuk kenali gimana cara menghilangkan dahak pada bayi.

Gunakan Alat Penyedot Khusus

Untuk cara mengeluarkan dahak pada bayi, kamu bisa menggunakan sebuah alat penyedot khusus yang terbuat dari karet. Kamu bisa mendapatkan alat ini di apotek dengan berbagai variasi ukuran dan fitur.

Cara mengeluarkan dahak dengan penyedot ini bisa kamu lakukan sebagai berikut:

  • Tempatkan ujung alat penyedot ke dalam rongga mulut bayi
  • Kalau dahak berbentuk kental, maka cairkan terlebih dulu dengan teteskan 2-3 larutan air garam atau larutan salin siap pakai ke dalam hidung bayi sebelum memasukkan ujung alat penyedot ke dalam hidungnya.
  • Keluarkan udara dari balon terlebih dahulu, lalu pegang ujung balon alat penyedot dengan telunjuk dan jari tengah.
  • Masukkan ujung alat penyedot ke dalam mulut atau hidung secara perlahan dan lepaskan ibu jari yang sebelumnya menekan dasar balon untuk mengeluarkan udara, sehingga dahak dalam mulut atau lendir dalam hidung bayi tersedot.

Buat Posisi Tidur yang Berbeda untuk Bayi

Dengan mengubah sedikti saja posisi tidurnya, maka bisa sebagai cara mengeluarkan dahak pada bayi. Caranya, beri bantal di kepalanya agar posisi kepala lebih tinggi. Ini bisa untuk mengatasi hidungnya yang tersumbat oleh lendir dan cara mengeluarkan dahak pada saluran pernafasan pada bayi.

Telungkupkan Bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi lainnya yakni dengan menelungkupkannya. Saat bayi sudah dalam posisi demikian, maka tepuklah dengan lembut punggung bayi terutama pada saat mereka sedang batuk.

2 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak pada Anak

ilustrasi bayi mandi © Diadona

Batuk berdahak pada anak bikin si kecil jadi malas beraktivitas, kewalahan dan mungkin bikin dia jadi lemas karena batuk terus-terus. Berikut cara mengeluarkan dahak pada anak.

Berjemur di Sinar Matahari

Sinar matahari yang hangat nggak cuman bermanfat untuk kesehatan si kecil, tapi bisa banget sebagai cara mengeluarkan dahak. Saat terkena sinar matahari yanbg hangat, maka dahak akan mengecer dan jadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Namun saat berjemur dengan anak untuk cara mengeluarkan dahak, perlu perhatikan sinar mathari agar tidak langsung menimap mata anak.

Mandi Air Hangat

Madi dengan air hangat bisa sebagai cara mengeluarkan dahak karena uap panas akan membantu melonggarkan dan membersihkan lendir di hidung dan tenggorokan.

Ilustrasi Madu © Diadona

Madu

Penelitian di tahun 2007 membuktikan kalau madu mungkin lebih efektif daripada obat tradisional untuk menghilangkan batuk dan cara mengeluarkan dahak. Campurkan madu dengan segelas iar hangat, atau dengan teh hangat untuk efek menenangkan di tubuh. 

Berkumur dengan Air Garam

Kegaitan ini bisa sebagai cara mengeluarkan dahak karena menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan dapat membantu membersihkan sisa lendir. Satu sendok teh garam dalam segelas air hangat dapat digunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

Untuk cara mengeluarkan dahak, berkumurlah dengan posisi kepala menenbgadah ke atas sehingga cairan garam bisa mencapai tempat yang maksimum untuk cara mengeluarkan dahak.

3 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak di Paru-Paru

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona

Dahak yang ada di paru-paru kadang bikin sesak. Makanya, batuk bisa dibilang penyakit yang bikin senewen karen audah bikin lemes karena batuk terus-terusan, nafas pun juga susah karena ada dahak. Gimana sih cara mengeluarkan dahak dari paru-paru? 

Banyak Minum

Saat kamu sedang dipenuhi oleh dahak, kamu perlu tetap terhidrasi agar lendir tetap tipis dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Penguapan

Menjaga udara tetap lembap dapat melonggarkan lendir dan sebagai cara mengeluarkan dahak. Kalau kamu memutuskan untuk menggunakan dehumidifier, jangan lupa membersihkan alat tersebut untuk menghindari keberadaan bakteri.

Kamu juga bisa menggunakan kelembaban untuk cara mengeluarkan dahak dengan cara:
Menghirup uap : si mangkuk besar dengan air panas. Condongkan tubuh ke atas mangkuk dan gantungkan handuk di atas kepala. Tarik napas uap dengan lembut untuk melonggarkan lendir.

Minyak Essensial

Beberaoa minyak dapat dapat meredakan pernapasan dan melonggarkan lendir di dada, dan cara mengeluarkan dahak pada tenggorokan. Beberapa bahkan dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan.

Minyak apa saja sih?
Diantaranya minyak kayu putih, minyak serai, minyak timi, minyak pohon teh.

Untuk penggunaan minyak sebagai cara mengeluarkan dahak, bisa dilakukan dengan dihirup langsung dari botol, digunakan dalam diffuser, atau ditambahkan ke air panas dalam inhalasi uap.

Pelembab Udara

Uap panas akan membantu melonggarkan lendir dan membersihkan tenggorokan yang tersumbat. Kelembaban udara bisa kamu dapatkan dari dehumidifier atau membuat pelembab sendri di rumah. Untuk cara mengeluarkan dahak, gunakan pelembab ini semalaman dan letakkan di dekat tempat tidur.

Menjaga Kepala Tetap Tinggi

Ketika terjadi penumpukan lendir, mungkin kamu bisa mencoba cara mengeluarkan dahak dengan tidur di bantal yang tinggi. Berbaring rata dapat meningkatkan ketidaknyamanan, karena mungkin terasa seperti dahak mengumpul di bagian belakang tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Ilustrasi Kurma dan Teh Hangat © Diadona

Batuk berdahak bukan masuk dalam kategori penyakit yang mengancam, tapi tetap saja kalau menganggu banget kalau kamu harus batuk secara terus terusan. Terlebih bila tidak segera diobati maka mungkin banget bisa menyebabkan komplikasi tambahan.

Minyak Kayu Putih

Produk ini telah banyak digunakan untuk mengobati batuk dan sebagai cara mengeluarkan dahak selama bertahun-tahun. Untuk penggunannya, bisa kamu oleskan di dada, atau dimasukkan dalam diffuser.

Banyak Minum Hangat

Minum hangat akan membantu mengencerkan lendir sehinggi bsia sebagai cara mengeluarkan dahak. Nggak cuman air putih, kamu bisa konsumsi teh hngat, wedang jahe, lemon tea dan lainnya yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan dahak keluar.

Dahak bisa sangat sulit dikeluarkan karena teksturnya yang kental. Maka dengan konsumsi banyak cairan diasumsikan bisa membuat dahak jadi lebih encer dan mempermudah keluarnya dari tenggorokan.

Makanan dan Jamu

Sejumlah makanan disebuat bisa sebagai cara mengeluarkan dahak, sekaligus meredakan batuk dan pilek. Apa saja?

Bawang putih
Jahe
lemon
rempah-rempah, seperti cabai bubuk dan jenis cabai lainnya

Campurkan rempah tersebut dalam minuman hangat, atau beberapa sumber menyebutkan mengunyah bawang putih sedikit saja bisa sebagai cara mengeluarkan dahak. Mau coba?

Menyingkirkan dahak

Ketika dahak naik dari paru-paru ke tenggorokan, tubuh kemungkinan mencoba mengeluarkannya. Nah untuk cara mengeluarkan dahak, coba deh kamu berfokus untuk menaiknya ke atas dengan tekanan dari tenggorokan kamu.

Beri Komentar