16 Cara Mencegah Kanker Payudara dan Mengobatinya secara Alami sejak Dini

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 21 Januari 2020 14:05
16 Cara Mencegah Kanker Payudara dan Mengobatinya secara Alami sejak Dini
Sebagai kanker pembunuh nomor satu wanita, bagaimana cara mencegah kanker payudara?

Data data Departemen Kesehatan RI, angka kematian akibat kanker di Indonesia berada di urutan ke-8 di ASia dan ke-23 di Asia Tenggara. Angka kejadian tertinggi untuk laki-laki ada pada kanker paru-paru, sedangkan angka kejadian tertinggi pada perempuan ada pada kanker payudara. Jumlahnya, sebesar 42.1 per 100 ribu penduduk, dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk.

Hingga saat ini masih belum diketahui penyebab kanker payudara. Sehingga, tidak ada yang pasti dalam cara mencegah kanker payudara. Namun ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan risiko ini. 12 cara mencegah kanker payudara yang Diadona tulis di bawah ini akan sangat membantu bagi kamu yang punya faktor risiko tertentu untuk kanker payudara, seperti memiliki riwayat keluarga yang kuat atau perubahan gen tertentu.

1 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Ilustrasi Kanker PayudaraIlustrasi Kanker Payudara © 2019 https://www.diadona.id/news.ubc.ca

Beberapa penelitian membuktikan kalau perubahan gaya hidup bisa menjadi cara mencegah kanker payudara secara alami, bahkan pada wanita yang punya risiko tinggi. Jadi, yuk segera ubah gaya hidupmu  jaid lebih sehat sebagai cara mencegah kanker payudara.

Batasi Terapi Hormon

Menurut penelitian, terapi hormon kombinasi selama lebih dari tiga hingga lima tahun ternyata meningkatkan risiko kanker payudara. Dalam cara mencegah kanker payudara, konsulitasikan ke dokter untuk mengganti pengobatan hormonal dengan obat non-hormonal atau cara yang lebih alami.

Menjaga Berat Badan

Cara mencegah penyakit kanker payudara yakni dengan menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan yang berlebih sering disebut sebagai salah satu peningkat risiko berbagai jenis penyakit. Dan risiko kanker payudara tersebut bisa meningkat apabila obesitas terjadi setelah monopause.

Hindari Pil KB

Meski konsumsi pil KB hanya menaikkan sedikit risiko, tapi berhenti meminumnya bisa menjadi cara mencegah kanker payudara. Syukurnya, risiko ini akan hilang segera setelah kamu berhenti meminumnya.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Ilustrasi Kanker PayudaraIlustrasi Kanker Payudara © 2019 https://www.diadona.id/today.com

Kanker payudara merupakan penyakit yang komplek dengan banyak faktor risiko, diantaranya riwayat keluarga, usia, genetikam jenis kelamin. Dan hal-hal tersebut ada di luar kendali seseorang. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita kendalikan, termasuk kebiasaan baik untuk gaya hidup sebagai cara mencegah kanker payudara.

Tidak Merokok

Merokok bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dalam 15 kanker salah satunya kanker payudara. Nggak cuman itu, merokok juga menyebabkan bau mulut, masalah gigi dan penuaan dini. Jadi, menghindari rokok merupakan hal yang utama kalau kamu mencari cara mencegah kanker payudara.

Hindari paparan Radiasi

Meskipun masih diperlukan lebih banyak bukti, penelitian telah membuktikan bahwa adanya hubungan antara kanker payudara dengan paparan kumulatif radiasi yang diterima selama hidup pasien. Maka, cara mencegah kanker payudara ini bisa kamu lakukan dengan sebisa mungkin menghindari paparan radiasi.

Tidak Minum Alkohol

Semakin banyak alkohol yang kamu konsumsi maka semkain tinggi resiko kamu terkena penyakit kanker payudara. Dalam sebuah penelitian merekomendasikan untuk membatasi diri dengan hanya minum satu gelas alkohol dalam satu hari.

Kenali Risiko dari Faktor Keturunan

Kamu mungkin punya risiko tinggi bila salah satu keluarga kamu menderita kanker payudara atau kanker ovarium. Maka, segera cari cara mencegah kanker payudara sebagai langkah khusus menurunkan risiko tersebut.

Deteksi Dini dengan SADARI

Sudah berapa kali kamu melakukan SADARI sebagai cara mencegah kanker payudara? Sesuai dengan namanya, SADARI, atau pemeriksaan payudara sendiri memungkinakna kamu untuk mengenali adanya perubahan bentuk pada payudara, dan segera memeriksakannya apabila ada perubahan yang mengarah pada permasalahan serius.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara secara Alami

Ilustrasi MenyusuiIlustrasi Menyusui © medela.com

Nggak ada satupun makanan atau diet tunggal yang menjadi cara mencegah kanker payudara, tetapi apa yang orang pilih untuk dimakan, akan membuat perbedaan risiko mereka terkena kanker.

Batasi Lemak Trans

Sebuah penelitiajn di EROpa yang ,melibat 25 ribu wanita membuktikan, mereka yang sering mengkonsumsi lemak trans punyakemungkinnan dua kali lebih tinggi terserang kanker daripada perempuan yang dengan konsumsi lemak trans rendah. Apasih itu lemak trans? Lemak trans terbentuk ketika minyak nabati cair dilakukan proses hidrogenasi untuk memabutnya jadi lemak padat. Lemak trans ini bnayak terdapat pada camilan kentang, kue, dan lainnya. Dengan mengurangi konsumsi makana tersebut bisa jadi cara mencegah kanker payudara.

Banyak Makan Sayuran

Konsumsi sayuran yang berwarna gelap, hijau, dan dedaunan seperti kangkung dan brokoli bisa menjadi cara mencegah kanker payudara. Ini karena mereka punya kandungan tinggi flavonoid yang punya banyak manfaat dlaam sisi medis.

Wortel, misalnya, mengandung betakaroten yanag dapat menjadi cara mencegah kanker payudara. Ini terjadi karena kemungkinan betakaroten dapat mengganggu proses pertumbuhan sel kanker.

Makan Banyak Serat

Meski belum ada penelitian yang meyakinkan, banyak makan serat bisa menjadi cara mencegah kanekr payudara. Alasannya, kelebihan estrogen bisa mnejadi faktoir dalam perkembangan dan penyebaran beberapa jenis sel kanker payudara. Beberapa perawatan bertujuan biar estrogen tersebut tidak berinteraksi dengan sel payudara, dalah satu pendukungnya yakni keberadaan serat dalam tubuh. Maka, itulah mengapa serat bisa jaid cara mencegah kanker payudara.

Konsumi Buah-buahan

Selain mengandung serat sebagia cara mencegah kanker payudara, buah-buahan pun kaya kandungan antioksidan yang dapat membunuh radikal bebas penyebab munculnya kanker.

Mengurangi Gula

Nggak cuman penyakit diabetes, konsumsi tinggi gula juga meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit. Penelitian di tahun 2016 lalu pada hewat pengerat membuktikan, tikus yang diberi makanan tinggi gula cenderung memiliki tumor pada kelenjar susu yang mirip dengan kanker payudara pada manusia. Nggak cuman itu, tumor juga lebih cenderung menyebar dan bermetastasis.

Menyusui

Menyusui selama satu tahun atau lebih, baik secara berturut-turut maupun akumulasi dari semua fase, bisa menurunkan risiko kanker payudara. Selain sebagai cara mencegah kanker payudara, menyusui juga punya banyak manfaat untuk kesehatan anak.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara

Ilustrasi Pemeriksaaan PayudaraIlustrasi Pemeriksaaan Payudara © National Cancer Institute

Kanker payudara dapat muncul pertama kali di tempat yang berbeda, tumbuh dengan cara yang berbeda, dan memerlukan berbagai jenis perawatan. Sama seperti jenis kanker tertentu yang merespon lebih baik terhadap perawatan tertentu, beberapa kanker merespon dengan baik terhadap makanan tertentu.

Screening

Meski bukan sebagai cara mencegah kanker payudara, melakukan tes screening kanker payudara secara teratur bisa membantu menemukan kanker lebih awal, sehingga akan lebih cepat dilakukan tindakan. Untuk sebagian wanita, screening bisa dilakukan secara reguler mulai umur 40 tahun, namun bisa sja bervariasi tergantung usia dan faktor risiko.

Makanan Tinggi Minyak Omega-3

Dalam cara mencegah kanker payudara, penelitian terhadap hewat pengerat yang telah diinduksi dengan mninyak omega-3 punya peluang 20-35 persen yang lebih rendah untuk mengembangkan sel-sel kanker payudara. Sementara itu penelitian lain yang melibatkan 3 ribu wanita menunjukkan, mereka dengan konsumsi minyak ini punya resiko kambuh kanker payudara 25 persen lebih rendah selama 7 tahun ke depan.

Beri Komentar