16 Cara Berhenti Merokok secara Total, Cepat, Ampuh dan Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 6 Januari 2020 18:22
16 Cara Berhenti Merokok secara Total, Cepat, Ampuh dan Alami
Memang akan ada banyak halangan dan godaaan untuk kembali merokok. Meskipun berat, berhenti merokok bukan berarti tidak mungkin.

Merokok jadi salah satu kecanduan yang paling sulit dihilangkan. Sayangnya, merokok jadi penyebab salah satu masalah kesehatan yang serius. Makanya banyak orang mencari cara berhenti merokok, baik secara instan, maupun bertahap. Ada yang berhasil dan berhenti total, sementara masih banyak juga yang gagal dan lanjut merokok.

Saat kamu mencari cara berhenti merokok, kamu akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan. Nggak semuanya berhasil untuk setiap orang, karena itu kamu harus menemukan pilihan yang paling ampuh untuk dirimu sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Diadona siapkan untuk kamu cara berhenti merokok, biar tubuh dan kantong kamu tetap sehat hingga tua.

1 dari 4 halaman

Cara Cepat Berhenti Merokok

Ilustrasi Rokok © Diadona

Merokok adalah suatu jenis kecanduan, dan berhenti merokok lebih dari sekedar membuang rokok-rokok dari sekitar kamu. Saat kamu sudah merokok, otak kamu sudah terikat dengan nikotin dan tanpa nikotin bisa membuat kamu seolah kehilangan. Duh, sudah kayak jatuh cinta banget ya?

Makanya menghentikan kebiasaan merokok itu sangat sulit, walaupun bukan berarti tidak mungkin.

Temukan Alasan Mengapa Kamu Ingin Berhenti Merokok

Biar terus termotivasi, kamu harus punya alasan yang kuat dan personal mengapa kamu membutuhkan cara berhenti merokok. Misalnya, kamu ingin melindungi keluarga kamu dari bahaya yang diterima akibat menjadi perokok pasif, ingin terhindar dari kanker paru-paru, penyakit jantung, dan lainnya. Atau mungkin kamu ingin terlihat lebih muda dan segar.

Cari alasan yang cukup kuat untuk menahan diri kamu sendiri buat menyerah. Dan setiap kali ingin menyerah, coba deh ingat-ingat motivasi kamu tersebut.

Mempersiapkan Waktu Terbaik

Setelah kamu memutuskan untuk berhenti, maka cari hari di mana kamu bakalan memulainya. Usahakan untuk mencari hari yang tidak terlalu jauh untuk menghindar dari kemungkinan kamu berubah pikiran, tapi juga jangan ambil hari yang terlalu dekat biar kamu juga punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri.

Cari Dukungan dari Orang Terdekat

Coba deh kasih tau ke orang-orang terdekat kamu kalau kamu sedang dalam, program berhenti merokok. Mereka pasti mendukung kamu dan terus mendorong kamu untuk tetap maju, sekaligus menghalangi kamu tiap kali kamu berfikir untuk menyerah. Kalau perlu, ikut komunitas yang punya program bagi anggotanya untuk berhenti merokok. Cara berhenti merokok seperti ini sekaligus bisa membuat kamu punya banyak teman.

Banyak Istirahat

Salah satu alasan mengapa orang merokok yakni karena nikotin bisa membantu seseorang untuk rileks. Jadi, kalau kamu ingin mencari cara berhenti merokok, kamu harus banyak istirahat dan merasa rileks. Luangkan waktu untuk bersantai dan mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat untuk kesehatan kamu, misalnya mendengarkan music, olahraga, mau memanjakan diri dengan pijatan. Hindari hal-hal yang membuat kamu stress di awal masa berhenti merokok.

Buang Semua Rokok atau Asbak

Rokok yang masih tersisa di program ini mungkin bakalan sayang untuk kamu buang, tapi tetap harus kamu singkirkan biar kamu nggak teringat lagi dengan rokok. Cara berhenti merokok lainnya yakni dengan membersihkan rumah dari asbak, korek api, lalu mencuci bersih karpet dan baju kamu biar kamu nggak lagi mencium aroma rokok. Kalau kamu pernah merokok di mobil, bersihkan juga mobil kamu ya. Pokoknya, jangan sampai kamu melihat atau mencium bau apapun yang bikin kamu teringat dengan rokok.

Hindari Orang yang Merokok

Setiap kali bersama dengan orang yang merokok, kamu pasti jadi tergoda ingin merokok juga kan? Untuk itu hindarilah berkumpul dengan mereka.  Atau kalau misalnya kamu dalam keadaan yang mengharuskan dekat dengan perokok, coba pikirkan cara berhenti merokok yang satu ini : bayangkan mereka adalah orang-orang aneh yang mengisap sesuatu dan mengeluarkan asap dari mulut mereka. Nggak mau jadi orang aneh itu, kan?

2 dari 4 halaman

Cara Berhenti Merokok Total

Ilustrasi perokok pasif © Diadona

Nggak bisa dipungkiri bahwa merokok merupakan salah satu penyebab terbesar munculnya berbagai jenis penyakit, dan termasuk penyebab utama kematian dini. Data dari Dinas Kesehatan RI, saat ini lebih dari 97 juta penduduk Indonesia terpapar asap rokok.  Sedangkan Badan Litbangkes di tahun 2015 menyebut, ada 230 ribu kematian per tahun yang disebabkan karena konsumsi produk tembakau. Sebuah angka yang terlalu besar, kan?

Coba Lagi dan Lagi

Banyak orang yang mencari cara berhenti merokok secara total. Sebagian dari mereka berhasil, namun sebagian lagi menyerah. Nah, untuk kamu yang menyerah, jangan berkecil hati. Coba deh pikirkan apa yang bikin kamu kembali merokok, misalnya emosi, atau situasi. Lalu gunakan sebagai kesempatan untuk meningkatkan komitmen kamu.

Banyak Bergerak

Banyak bergerak bisa mengekang keinginan kamu untuk mengkonsumsi nikotin lho. Saat kamu sudah merasa sangat ingin merokok, langsung deh ambil sepatu lari, pakai, lalu berlari keluar rumah. Akivitas lain juga bisa membantu mengalihkan pikiran dari nikotin kok, misalnya berjalan-jalan dengan anjing kamu, mencabut rumput liar di halaman, atau menyiram bunga. Kalori yang terbakar bisa sekaligus menangkal kenaikan berat badan yang muncul akibat merokok.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Berhenti Merokok

Vapor Sama Bahayanya Seperti Rokok? © Diadona

Godaan untuk merokok lagi pasti bisa datang kapan saja. Kamu sudah lama hidup dengan kebiasaan merokok, untuk melepasnnya tentu sangat sulit. Setiap kali keinginan itu datang, kamu bisa melakukan tiga cara ampuh ini untuk menghalau pikiran kembali merokok.

Tunda

Setiap kali hasrat ingin merokok datang, coba deh tunda mengambil rokok dan menyalakannya. Beri waktu ke diri kamu sendiri sebentar. Keinginan merokok ini wajar kok dan sering muncul, namun  bisa datang dan pergi selama 3 sampai 5 menit saja. Sayang banget kan kalua kamu gagal membuat rekor berhenti merokok kamu hanya karena keinginan yang muncul lalu hilang?

Tarik Nafas Dalam

Kamu bisa melawan keinginan kamu untuk merokok dengan menarik nafas dalam-dalam. Tarik nafas melalui hidung selama tiga kali hitunga, lalu buang nafas pelan dalam tiga hitunga. Visualisasikan paru-paru kamu terisi oleh udara bersih, dan akan kotor begitu kamu merokok.

Ambil Air Putih

Alih-alih mengambil rokok, segera jalan menuju dispenser dan ambil air minum. Minum seteguk demi seteguk untuk menghilangkan keinginan merokok kamu.

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Berhenti Merokok secara Alami

Ilustrasi Rokok © Diadona

Kamu bisa berhenti merokok dan mengalihkannya dengan vaping. Di awal kemunculannya, vaping dianggap lebih sehat dari merokok. Namun baru-baru ini ditemukan bahwa bila dikaitkan dengan resiko kesehatan, vaping tidak selalu tanpa akibat buruk.

Banyak Makan Buah dan Sayuran

Saat kamu merokok, biasanya kamu cenderung untuk lebih sedikit mengkonsumsi buah dan sayuran dari mereka yang tidak merokok. Dari penelitian yang dikemukakan oleh Forbes menyebut kadang orang merasa bingung antara ingin merokok, atau sebenarnya sedang ingin makan. Dengan kata lain, makan makanan tinggi serta membuat kamu merasa lebih kenyang sehingga bisa mencegah keinginan kamu buat merokok.

Cara berhenti merokok dengan banyak makan sayur bisa lebih efektif karena makanan tersebut membuat rokok jadi terasa nggak enak. Sebaliknya, makanan seperti kopi dan susu bikin merokok jadi lebih nikmat.

Kunyah Permen Karet

Cara berhenti merokok dengan mengunyah permen karet sering dianggap ampuh karena mulut kamu jadi terus sibuk . Selain itu, permen karet akan bertahan lebih lama timbang rokok di mulut kamu, sehingga setelah kamu mengunyah, rasa untuk ingin merokok akan berangsur hilang.

Minum Susu

Banyak perokok yang mengatakan kalua minum susu membuat rokok jadi terasa nggak enak. Nah, karena susu lebih sehat timbang rokok, maka pastikan untuk minum susu. Saat rokok nggak lagi nikmat, maka secara alami dan berangsur ini akan menjadi cara berhenti merokok.

Minum Teh Gingseng

Gingseng telah terbukti dapat mencegah pelepasan neutransmiter dopamine yang diinduksi oleh nikotin. Dopamin sendiri merupakan zat yang membuat orang merasa senang dan kecanduan. Dengan kata lain, saat kamu minum the gingseng, maka akan membuat merokok bukan lagi jadi sesuatu yang menyenangkan.

Akupuntur

Cara berhenti merokok bisa kamu dapatkan dengan sesi terapi akupuntur. Dalam prosesnya ini, jarum kecil akan diletakkan di beberapa bagian telinga. Para ahli jug akaan meletakkan beberapa bola kecil seukuran ujung bolpoin yang ditempel di ujung selotip di bagian telinga. Saat perasaan ingin merokok muncul, mereka diminta untuk menekan bola dengan lembut untuk merangsang titik akupuntur.

Beri Komentar