15 Manfaat Petai Cina untuk Ginjal dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 17 Februari 2020 13:14
15 Manfaat Petai Cina untuk Ginjal dan Kesehatan
Apa benar petai bisa menyebabkan ginjal rusak? Berikut manfaat petai yang bisa kamu simak.

Banyak orang tidak memakan petai karena memiliki aroma khas ketika selesai mengonsumsinya. Tapi ada juga petai cina yang memang menyerupai petai namun dalam versi mini. Dari sisi rasa dan aroma, petai cina juga tak jauh beda dengan petai biasa. Tapi petai cina tidak memiliki bau yang tajam seperti petai biasa.

Kedua tanaman itu biasa menjadi tambahan pada masakan yang tentu membuat makanan tersebut memiliki rasa yang enak. Selain itu, manfaat petai dan petai cina ini juga bagus untuk kesehatan. Berikut manfaat petai yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Petai Cina

Manfaat petai cina tak hanya digunakan sebagai tambahan menu masakan. Petai cina memiliki nama Leucaena leucocephala merupakan sejenis tanaman perdu yang tumbuh di kawasan tropis. Tumbuhan ini memiliki banyak penyebutan di tiap daerahnya seperti mlanding, lamtoro, petai selong, dan masih banyak lagi.

Manfaat petai cina kerap ditambahkan pada masakan seperti sambal goreng, sambal biasa, oseng-oseng, dan olahan lainnya. Selain sebagai tambahan masakan, manfaat petai cina juga dapat untuk menyehatkan tubuh kita. Berikut manfaat petai cina yan gharus kamu ketahui.

Sehatkan kulit

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat petai cina memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang dapat mencegah masalah kulit. Manfaat petai cina dapat mengatasi perdangan kulit yang disebabkan karena psoriasis. Biji petai cina dikenal sangat baik meredakan peradangan dan nyeri.

Manfaat petai cina juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan kulir. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap tubuh.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Perpaduan kandungan flavonoid, alkaloid, dan saponin menjadikan petai cina sebagai jenis sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Saponin bertindak sebagai sumber anti bakteri dan anti virus. Efek ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit.

Manfaat petai cina juga mengandung protein yang berperan dalam kekebalan tubuh. Makan berbagai makanan protein dapat mempercepat penyembuhan dan pemulihan saat sakit.

Kuatkan tulang

Manfaat petai cina juga mengandung kalsium dan fosfor yang memberi nutrisi pada tulang. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang. Tubuh membutuhkan jumlah kalsium dan fosfor yang tepat untuk kesehatan tulang.

Tubuh tidak menghasilkan kalsium, jadi seseorang harus mengandalkan makanan untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. Tulang adalah tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh. Fosfor juga memainkan peran struktural penting dalam asam nukleat dan membran sel.

Cegah diabetes

ilustrasi diabetes © Diadona

Penelitian menunjukkan ekstrak dari polong petai cina dapat menurunkan gula darah. Flavonoid yang ditemukan dalam petai cuna juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Petai cina juga mengandung Saponin yang juga dapat bermanfaat bagi penurunan gula darah. Saponin menurunkan lipid darah dan menurunkan respons glukosa darah.

Hasil meta-analisis yang dilakukan pada 2018 menunjukkan bahwa asupan tinggi flavonoid makanan berkorelasi dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2. Alkaloid dalam petai cina juga menurunkan glukosa darah yang dapat mengatasi diabetes.

Antikanker

Ekstrak biji petai cina juga sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko serangan kanker. Flavonoid dalam petai cina mampu mencegah sel-sel tubuh berkembang menjadi kanker.

Flavonoid membantu mengatur aktivitas seluler dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh penyebab kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu menghentikan penggandaan sel kanker. Ini termasuk mengonsumsi makanan dengan flavonoid dan menjaga pola makan yang sehat.

Cocok untuk diet

ilustrasi diet © Diadona

Petai cina tinggi protein, rendah lemak serta kalori. Konsumsi petai cina aman dan cocok dalam proses penurunan berat badan. Asupan protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Makanan tinggi protein mengurangi rasa lapar, membantu makan lebih sedikit kalori. Ini disebabkan oleh peningkatan fungsi hormon pengatur berat badan. Makan lebih banyak protein dapat mengurangi keinginan dan keinginan untuk ngemil larut malam.

Basmi cacingan

Manfaat petai cina memiliki efek detoksifikasi yang tak hanya mengeluarkan racun tapi juga dapat membasmi cacingan. Manfaat petai cina yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus membantu mengeluarkan cacing dalam tubuh. Pengobatan Cina sudah banyak yang memanfaatkan petai cina sebagai obat herbal untuk cacingan. Petai cina bahkan dapat membasmi cacing gelang dan cacing cincin saat dikonsumsi langsung.

Detoksifikasi tubuh

Manfaat petai cina dapat mengeluarkan racun dari tubuh dengan cara detoksifikasi. Petai cina memiliki senyawa Alkaloid. Senyawa ini bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh. Flavonoid dalam petai cina juga membantu menyingkirkan virus dan bakter di dalam tubuh yang mengganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan.

Sifat detoksifikasinya dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya penyakit hepatitis. Fungsi ini juga berpengaruh pada kesehatan ginjal dan mendukung kinerjanya secara maksimal.

2 dari 3 halaman

Manfaat Petai untuk Ginjal

Ilustrasi Gagal Ginjal © Diadona

Mitos dalam mengonsumsi petai yang dipercaya oleh masyarakat luas adalah makan petai bisa menyebabkan ginjal rusak. Menurut pakar kesehatan, makan petai memang bisa menyebabkan sakit ginjal, jika dikonsumsi secara berlebihan. Biasanya, kondisi tersebut terjadi pada orang-orang yang menggunakan petai sebagai obat tertentu. Kandungan asam jengkolat yang ada dalam petai inilah yang kemudian bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Ginjal kita memainkan peran penting dalam menghilangkan kelebihan potasium dari tubuh. Orang dengan masalah ginjal harus menghindari makan petai secara berlebihan. Sementara sumber lain menyebutkan manfaat petai untuk ginjal dapat meningkatkan fungsi ginjal. Ini karena petai mengandung polisulfida siklik sebagaio antijamur dan antibakteri pada ginjal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Petai

Tidak hanya memiliki aroma yang khas, buah petai ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan kamu loh. Berikut adalah manfaat petai yang baik untuk tubuh.

Ilustrasi Pete © Diadona

Lancarkan pencernaan

Manfaat petai memiliki efek efek antasid yang bisa meredakan mulas atau sakit perut lainnya. Manfaat petai dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit pada perut. Makan petai di sela waktu makan juga membuat kadar glukosa darah naik dan mencegah mual di pagi hari pada wanita.

Petai bisa digunakan sebagai makanan untuk gangguan usus karena teksturnya yang lembut dan halus. Petai menetralkan tingkat keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi lapisan perut. Serat ditemukan dalam petai yang membantu pencernaan makanan. Bagi siapa saja yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, petai cocok dikonsumsi.

Tingkatkan fungsi kognitif

Manfaat petai memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Penelitian di Inggris menguatkan bahwa manfaat petai dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Penelitian ini menunjukkan, siswa yang mengonsumsi petai saat sarapan hingga makan siang, dapat menyelesaikan masalah dengan cukup mudah.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa makanan yang dikemas dengan potasium dapat membantu belajar dengan membuat siswa lebih waspada dan juga meningkatkan daya ingat. Mineral ini memainkan peran penting dalam mengaktifkan impuls saraf di seluruh sistem saraf. Impuls saraf membantu mengatur kontraksi otot, detak jantung, refleks, dan banyak proses lainnya.

Stabilkan tekanan darah

Manfaat petai kaya akan kalium dan rendah natrium. Perpaduan ini membuatnya ideal untuk menaklukkan tingkat tekanan darah. US Food and Drug Administration mulai membudidayakan petai karena diklaim mampu mencegah tingkat tekanan darah dan stroke jantung.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa manfaat petai dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Orang dengan hipertensi dan mereka yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung mungkin perlu menjaga asupan natrium harian mereka antara 1.500 miligram dan 2.300 miligram per hari.

Atasi stres, cemas, dan depresi

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang berjuang dalam gangguan depresi merasa jauh lebih baik usai mengonsumsi petai. Ini karena petai mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dapat memberi efek rileks, meningkatkan suasana hati, dan menjadi lebih nyaman.

Manfaat petai juga mengandung vitamin B yang tinggi yang membantu melemaskan sistem saraf pusat. Petai diperkaya oleh kalium yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan juga mengelola keseimbangan air tubuh manusia. Ketika merasa cemas, laju metabolisme meningkat hingga menurunkan kadar kalium.

Cegah anemia

Anemia disebabkan kekurangan zat besi dalam darah. Anemia kekurangan zat besi adalah jenis anemia yang paling umum, dan itu terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin. Ketika tidak ada zat besi yang cukup dalam aliran darah, seluruh tubuh tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan.

Petai kaya akan zat besi yang mendorong pembuatan hemoglobin dalam darah. Ini dapat mencegah timbulnya anemia. Gejala anemia juga dapat diatasi dengan mengonsumsi petai. Ini karena pete dapat mengatasi lelah, letih, lesu, dan lemas, pusing dan mual yang menganggu aktivitas.

Ringankan gejala PMS

Ilustrasi Menstruasi © Diadona

PMS (Pre Menstrual Syndrome) menjadi masalah tersendiri bagi sebagian wanita. PMS bisa mengubah emosi, menimbulkan keram dan rasa nyeri. Saat PMS, wanita dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen, seperti asam folat, vitamin B-6, kalsium, dan magnesium untuk mengurangi keram dan perubahan suasana hati.

Pete mengandung vitamin B, kalsium, dan magnesium yang berguna untuk meringankan gejala PMS. Efek triptofan yang dihasilkan petai membantu menstabilkan suasana hati. Bitamin B, terutama vitamin B1, dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu meningkatkan mood seseorang.

Vitamin B-6, kalsium, dan magnesium pada petai dapat mengurangi kembung dan nyeri saat PMS. Mengonsumsi petai saat menstruasi juga mampu mengembalikan zat besi yang hilang saat PMS.

Jadi kamu akan mengolah kedua bahan ini menjadi apa jika akan mengonsumsinya? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar