15 Manfaat Asam Jawa untuk Wajah, Diet, dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Sabtu, 8 Februari 2020 09:17
15 Manfaat Asam Jawa untuk Wajah, Diet, dan Kesehatan
Tahukah kamu jika manfaat asam jawa juga bisa untuk kecantikan? Berikut manfaat asam jawa mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Kamu mungkin sering menemukan asam jawa ini sebagai bumbu dapur. Selain itu, asam jawa juga bisa kamu konsumsi dalam bentuk buah segar, membuatnya sebagai air asam kemudian dikonsumsi, atau digunakan untuk kebutuhan kecantikan. Kandungan berbagai macam vitamin di dalamnya termasuk vitamin B, vitamin C, zat antioksidan, beta karoten, dan mineral menyimpan banyak manfaat sehat untuk tubuhmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat asam jawa tersebut.

1 dari 4 halaman

Manfaat Asam Jawa untuk Wajah

Masih sedikit orang yang tahu jika manfaat asam jawa ini bisa untuk wajah. Ternyata penggunaan asam jawa sebagai perawatan wajah sudah menjadi bagian dari rutinitas kecantikan di banyak bagian dunia. Hal ini tidak mengherankan karena perawatan kecantikan dengan asam jawa merupakan cara perawatan wajah yang alami dan tentunya aman serta murah.

Akan tetapi buat kamu yang memiliki kulit sensitif, menggunakan asam jawa tak disarankan karena kadar asam yang tinggi. Sebelum kamu konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui apakah asam jawa cocok dengan kulit kamu atau tidak. Selain itu, sebaiknya kamu juga mengecek terlebih dahulu di kulit bagian belakang telinga untuk mengetahui reaksinya. Berikut manfaat asam jawa untuk wajah yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Mencerahkan kulit

Manfaat asam jawa untuk wajah yang tidak kalah baik adalah bisa mencerahkan kulit. Tentunya kamu ingin memiliki kulit yang cerah dan tidak kusam. Kamu bisa menerapkan manfaat asam jawa untuk wajah berikut untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah.

Cara menggunakannya yaitu, rendam beberapa asam dalam air panas hingga berubah menjadi ekstrak. Tambahkan bubuk kunyit dan oleskan pada wajah secara merata. Tunggu sekitar 10 menit, setelah itu cuci wajah hingga bersih. Ulangi cara ini setidaknya dua kali seminggu agar kulit terlihat berseri.

Menghilangkan sel kulit mati

Manfaat asam jawa untuk wajah selanjutnya adalah dapat menghilangkan sel kulit mati. Manfaat asam jawa mengandung alpha-hidroksil-asam yang merupakan bahan yang baik untuk pengelupaskan kulit dari sel-sel mati. Inilah sebabnya asam memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran yang mengendap di pori-pori.

Ambil beberapa ekstrak asam, dan sesendok garam, aduk rata, oleskan perlahan pada wajah dengan menggunakan jari. Setelah beberapa menit, semua sel kulit mati akan hilang dan wajah akan terlihat bersih. Dengan menggunakannya secara teratur, kamu tidak akan memiliki berbagai masalah pada kulit wajah lagi.

Mencegah penuaan dini

Selain itu, manfaat asam jawa untuk wajah juga dapat mencegah penuaan dini. Asam jawa memang mengandung banyak vitamin, serat, asam dan antioksidan yang dapat menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini. Tentunya tidak ada orang yang ingin wajahnya terlihat lebih tua daripada umurnya. Oleh karena itu, kamu bisa menerapkan manfaat asam jawa untuk wajah ini.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur asam jawa dengan madu, aduk rata, gunakan secara teratur di bagian yang mengalami penuaan dini. Dengan begitu, kamu bisa mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Memutihkan kulit wajah

Manfaat asam jawa untuk wajah yang pertama adalah untuk memutihkan kulit wajah, terutama untuk mencerahkan daerah kulit yang gelap. Bila kamu memiliki kulit yang gelap di sekitar leher, cobalah menggunakan manfaat asam jawa untuk wajah yang alami ini.
Masukkan beberapa asam jawa dalam air panas hingga berubah menjadi ekstrak.

Tambahkan bubuk kunyit dan oleskan pada wajah secara merata. Tunggu sekitar 15 menit, setelah itu bilas wajah hingga bersih. Ulangi cara dua kali seminggu agar kulit terlihat cerah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Asam Jawa untuk Diet

Dilansir dari Livestrong.com para peneliti menyelidiki efek dari ekstrak asam jawa pada berat badan tikus yang diberi makanan pemicu obesitas. Hasilnya, tim peneliti menemukan bahwa ekstrak asam jawa dapat membantu menurunkan berat pada tikus-tikus yang kegemukan tersebut. Ditemukan bahwa asam jawa ternyata mengandung zat asam hidroksi sitrat atau HCA, yang ampuh dalam menurunkan berat badan. Sebab, zat tersebut memiliki kemampuan untuk menangkal penyimpanan lemak dan membantu menekan nafsu makan.

Ilustrasi Diet © Diadona

Tetapi hingga kini penelitian tentang manfaat asam jawa dalam membantu menurunkan berat badan hanya dilakukan pada hewan. Belum ada penelitian yang melakukannya pada manusia, sehingga sulit untuk mengatakan bahwa asam jawa benar-benar efektif untuk mengurangi bobot tubuh orang yang obesitas. Suplemen mengandung asam jawa ternyata mampu berinteraksi dengan berbagai suplemen dan obat lain, seperti zat besi, kalsium, kalium, obat diabetes, serta obat pengencer darah. Sehingga, bagi kamu yang memang memiliki kondisi kesehatan tertentu tetapi ingin mencoba asam jawa untuk menghilangkan sebagian bobot tubuh, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

3 dari 4 halaman

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Manfaat asam jawa tentu bisa untuk kesehatan tubuh kamu. Salah satu manfaat asam jawa untuk kesehatan adalah untuk mengobati penyakit asma. Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat asam jawa untuk kesehatan.

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Baik untuk penderita diabetes

Manfaat asam jawa untuk kesehatan yang pertama adalah baik untuk diabetes. Adanya enzim alfa-amilase dalam asam membantu mengurangi kadar glukosa darah serta menstabilkannya.

Mengobati asma

Manfaat asam jawa berikutnya adlaah untuk mengobati asma. Penelitian telah membuktikan bahwa asam memiliki sifat anti histamin yang efektif untuk mengobati asma.

Menyembuhkan luka

Daun, kulit, maupun biji asam memiliki sifat anti bakteri dan anti septik yang membantu untuk menyembuhkan luka. Maka dari itu, manfaat asam jawa ini adalah untuk menyembuhkan luka.

Melawan kanker

Tingginya zat antioksidan dalam asam membantu untuk mengurangi tingkat keparahan gagal ginjal akut dan kanker ginjal.

Baik untuk jantung

Penelitian menunjukkan bahwa asam berguna untuk menurunkan kolesterol jahat karena kandungan flavonoid di dalamnya. Sementara kandungan potasiumnya bagus untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Memperbaiki pencernaan

Manfaat asam jawa selanjutnya bisa untuk memperbaiki pencernaan. Konsumsi asam secara teratur demi mendukung lancarnya sistem pencernaan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Asam

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat asam jawa adalah dengan membuatnya air asam. Berikut manfaat air asam.

Ilustrasi Air Asam © Diadona

Mengobati flu dan batuk

Tingginya kandungan vitamin C dalam asam bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati flu, dan menghentikan batuk. Minumlah secangkir air asam jika kamu sedang flu sebagai obat alami.

Melindungi liver

Bagi mereka yang mengalami kerusakan liver karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol, penelitian membuktikan bahwa minum air asam jawa secara teratur bermanfaat untuk mengobatinya.

Mengobati luka usus

Luka usus atau ulkus peptik adalah luka menyakitkan yang biasanya muncul di usus halus. Senyawa polifenol di dalamnya memiliki efek protektif dan mengobati luka yang muncul.

Menurunkan berat badan

Asam adalah makanan yang baik untuk menurunkan berat badan, Sebabnya asam mengandung asam hidroksi sirat atau HCA yang menghambat penyimpanan lemak sehingga berguna untuk membuat tubuh langsing.

Jadi, bagaimana menurutmu tentang manfaat asam jawa di atas? Apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi asam jawa dan mendapatkan manfaat tersebut? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar