14 Manfaat Jambu Air Merah untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Jumat, 28 Februari 2020 10:45
14 Manfaat Jambu Air Merah untuk Ibu Hamil dan Kesehatan
Jambu air yang biasa ada di pekarangan rumah atau rujak, ternyata mengandung banyak manfaat loh. Berikut manfaat jambu air tersebut.

Sesuai namanya, kandungan air dalam buah jambu air ini sangat banyak. Biasanya dijadikan salah satu isi rujak buah lantaran memberikan kesegaran. Hal ini karena buah jambu air cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Kandungan nutrisi yang berada di dalam buah ini terdiri dari vitamin A, C dan E, serat, potasium, myricetin, hexahydroxyflavone, fenolik dan flavonid. Tentu dari kandungan tersebut memiliki manfaat. Berikut adalah manfaat jambu air yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Jambu Air

Mengonsumsi buah jambu air tidak hanya memberikan sensasi menyegarkan, tapi manfaat jambu air juga bisa untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat jambu air.

Mengendalikan gula darah

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Manfaat jambu air diperkaya kandungan senyawa flavonoid, fenolik dan tanin yang ketiga senyawa tersebut bersifat antimikroba. Karena kandungan inilah, jambu air bermanfaat untuk mencegah maupun mengobati infeksi, khususnya infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Selain itu, kandungan antimikroba dalam jambu air ini juga dinilai ampuh dalam membunuh mikroba seperti cacing yang berisiko menginfeksi saluran pencernaan. Tapi saat makan buah jambu, jangan lupa untuk dicuci dahulu sebelum dimakan.

Merawat kesehatan kulit

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bila manfaat jambu air juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dengan kandungan antioksidan yang efektif untuk menangkal serangan radikal bebas.

Radikal bebas adalah penyebab utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh, termasuk salah satunya adalah sel kulit. Jika kulit mengalami kerusakan, akan timbul masalah kulit seperti keropeng, berjerawat di wajah, dan tanda-tanda penuaan dini.

Mengatasi peradangan

Manfaat jambu air mengandung senyawa flavonoid tinggi yang bersifat aktif antioksidan. Kandungan ini berkhasiat mencegah ataupun mengobati peradangan (inflamasi). Peradangan adalah kondisi yang harus segera diatasi karena bisa memicu sejumlah penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung. Maka itu, mengonsumsi jambu air sama dengan mencukup asupan antioksidan dan mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan dari peradangan.

Merawat sistem pencernaan

Ilustrasi lambung © Diadona

Kandungan serat berperan penting berkaitan dengan kesehatan sistem pencernaan. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kekurangan serat bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit sistem pencernaan mulai dari susah buang air besar atau sembelit, hingga masalah pada usus.

Tapi saat mengonsumsi jambu air juga jangan terlalu banyak, karena bisa menyebabkan sakit perut, bahkan diare. Makan secukupnya dan sebaiknya jangan dimakan sebelum makan makanan berat. Cuci sampai bersih agar kuman tidak mengganggu pencernaan.

Mengontrol kadar kolesterol jahat

Maksudnya adalah jambu air sangat dikenal memiliki sifat yang dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL). Serat pada jambu yang dikonsumsi secara rutin mampu mengendalikan kadar kolestrol supaya tidak berlebihan.

Ini bisa bantu cegah penyakit kardiovaskular, yaitu stroke dan jantung. Sedangkan, kandungan niacin dalam jambu air bisa meningkatkan kadar lemak HDL dan menurunkan kadar trigliserida (lemak yang biasa ditemukan dalam darah).

Mencegah kram otot

Selain sebagai obat infeksi, manfaat jambu air juga mengandung mineral potasium yang diklaim efektif untuk mencegah maupun mengatasi masalah otot, seperti kram. Banyak penelitian menyatakan bahwa otot yang sering kram merupakan akibat dari kurangnya asupan potasium ke dalam tubuh.

Maka itu, konsumsi jambu air yang mengandung potasium cukup tinggi bisa mencegah bahkan mengobati kram yang terjadi pada otot. Konsumsi jambu air secara rutin, sehingga jika kamu yang memiliki pekerjaan berat bisa beraktivitas dengan aman.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jambu Air Merah

Salah satu jenis jambu air adalah jambu air merah. Dengan warna kulitnya yang merah dan menggoda tentu manfaat jambu air merah ini tidak jauh berbeda dari jambu air putih. Berikut adalah manfaat jambu air merah.

Ilustrasi Jambu Air © Diadona

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Semua serat dan nutrisi yang terdapat dalam jambu air dapat membersihkan pembuluh darah dari tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal tersebut dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah, yang pada gilirannya bisa membuat jantung sehat dengan mengurangi beban pada jantung dan mencegah serangan jantung, stroke dan komplikasi kardiovaskular lainnya.

Mengurangi risiko kanker payudara dan prostat

Manfaat jambu air merah juga dapat membantu mencegah kanker dengan melawan radikal bebas. Kanker prostat, jenis kanker yang umum pada pria, dapat dicegah dengan rajin mengonsumsi buah ini. Manfaat jambu air juga diketahui dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Melawan infeksi jamur

Senyawa organik yang ditemukan dalam jambu air diketahui dapat melawan infeksi jamur dan mikroba lainnya. Hal tersebut juga membantu membunuh mikroba berbahaya dan cacing yang mungkin masuk dalam saluran pencernaan.

Membantu mendinginkan tubuh saat cuaca panas

Tingginya kadar air yang ditemukan dalam jambu air sangat membantu dalam mendinginkan tubuh selama cuaca panas atau saat seseorang demam. Manfaat jambu air juga dapat membantu mencegah stroke dan dehidrasi yang disebabkan karena suhu tubuh yang tinggi.

Mengatasi diare dan perut kembung

Kadar air dalam jambu air mencapai 93% dan mengandung banyak serat. Manfaat jambu merah bisa membantu menangani masalah pencernaan dan juga mengobati diare. Jambu air juga bisa membantu mengatasi perut kembung.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil

Manfaat jambu air juga bisa untuk ibu hamil. Karena ibu hamil memerlukan banyak nutrisi selama masa kehamilan, manfaat jambu biji bisa membantu dengan memenuhinya. Berikut adalah manfaat jambu air untuk ibu hamil.

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Membantu menjaga berat badan

Manfaat jambu air untuk ibu hamil adalah untuk menjaga berat badan tetap ideal. Mengonsumsi jambu air secara rutin dinilai cukup efektif guna mencegah berat badan naik drastis. Pasalnya, pada jambu air—terutama buahnya—terdapat kandungan serat.

Serat mampu menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, pola makan ibu dapat dikontrol sehingga berat badan dapat terjaga.

Merawat kesehatan sistem pencernaan

Tak hanya membantu menjaga berat badan, serat yang terkandung pada buah jambu air juga berfungsi untuk merawat kesehatan sistem pencernaan. Serat memang merupakan zat yang memiliki peran penting berkaitan dengan kesehatan sistem pencernaan. Seperti yang telah banyak dibahas, kekurangan serat menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit sistem pencernaan mulai dari susah buang air besar (BAB) atau sembelit, hingga masalah pada usus.

Mencegah kram otot

Sementara itu, kandungan mineral potasium pada jambu air diklaim efektif untuk mencegah maupun mengatasi masalah otot seperti kram otot. Diketahui jika otot yang sering mengalami kram merupakan imbas dari kurangnya asupan potasium ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi buah jambu air agar otot semakin kuat dan juga tidak mudah kram saat melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.

Bagaimana menurut kalian? Apakah buah jambu air ini adalah buah kesukaan kalian?

Beri Komentar