14 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Kecantikan

Reporter : Sofi
Sabtu, 4 Januari 2020 10:45
14 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Kecantikan
Buah sirsak tentu tidak kalah terkenalnya dengan daunnya yang banyak manfaat. Buah sirsak juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, dan kecantikan. Berikut adalah manfaat tersebut.

Banyak jenis buah yang mengandung nutrisi berbeda dan khasiat masing-masing. Salah satunya adalah buah berwarna hijau dengan durinya dengan daging buah berwarna putih dengan rasa asam manis yang segar, yaitu sirsak. Manfaat buah sirsak ini tentu tidak kalah dengan buah lainnya.

Manfaat buah sirsak dapat kamu gunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Ibu hamil pun bisa merasakan manfaat buah sirsak ini. Apa sajakah manfaat tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah sirsak yang dapat kamu pelajari.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehatilustrasi wanita sehat © hackensackmeridianhealth.org

Buah sirsak ini kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C yang terkandung juga banyak sehingga manfaat buah sirsak ini tidak boleh diremehkan. Apa saja manfaat buah sirsak ini? Berikut adalah manfaat buah sirsak untuk kesehatan.

1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Ternyata, setiap 100 gram daging sirsak mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Dengan kandungan seratnya mampu memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

2. Mencegah kanker

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim dari Biochemistry and Molecular Biology di University of Nebraska Medical Center, menunjukkan manfaat buah sirsak untuk kesehatan mampu membunuh kanker dengan cara memasuki metabolisme sel kanker . Kemudian menghentikan perkembangan sel kanker tersebut secara total.

Dengan cara membuat sirsak menjadi jus kemudian dikonsumsi,dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada kulit pasien yang menderita penyakit kanker payudara. Tentunya tanpa merusak jaringan payudara yang masih sehat.

3. Sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang kedua adalah untuk sistem kekebalan tubuh. Buah sirsak mampu mencegah penyakit akibat serangan virus sperti flu, herpes dan lainnya. Penelitian dari BioMed Research International yang menunjukkan bahwa kandungan vitamin C yang ada pada buah sirsak mampu meminimalkan flu. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin dipercaya mampu memperbaikin sistem kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

Selain dibarengi dengan pola hidup yang sehat, kamu juga bisa mengonsumsi buah sirsak secara rutin untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

4. Menutrisi kulit

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menutrisi kulit. Dari 1 gelas sirsak, kamu akan mendapatkan setidaknya 46 mg vitamin C yang dapat membantu mengurangi keriput. Berkat kandungan vitamin C yang ada dalam buah ini membuat sirsak menjadi antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

5. Memperkuat tulang

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang keempat ialah untuk memperkuat tulang. Dalam buah sirsak terdapat mineral kalsium dan fosfor yang mampu mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Buah ini juga sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami menopause. Hal ini adalah cara terbaik untuk melindungi tulang dari penipisan estrogen.

6. Membunuh parasit

Parasit merupakan makhluk hidup yang bisa mengancam nyawa. Apabila parasit dalam tubuh cukup banyak, maka akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Kamu dapat membunuh parasit dengan rajin mengonsumsi jus sirsak.

Kandungan antiparasit dan antibakteri dalam jus sirsak dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit. Vitamin C dalam jus ini juga dapat membunuh parasit.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Wanita HamilIlustrasi Wanita Hamil © 2019 https://www.diadona.id/wellingtonworldtravels.com

Mungkin sebagian dari ibu hamil masih takut untuk mengkonsumsi buah ini karena rasanya yang asam. Tapi tahukah kamu jika manfaat buah sirsak ini juga bisa untuk ibu hamil? Berikut manfaat buah sirsak untuk ibu hamil.

1. Mencegah morning sickness

Manfaat buah sirsak juga bisa mencegah mual di awal kehamilan. Rasa asam manis yang dimiliki oleh buah sirsak dapat merangsang produksi air liur sehingga rasa mual akan hilang setelah meminumnya.

2. Merangsang produksi ASI

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat merangsang produksi ASI. Jika kamu ingin langsung bisa memperoleh kolostrum dari ASI yang keluar pertama kali, maka mengonsumsi buah sirsak adalah pilihan yang tepat.

3. Mengatasi sembelit saat kehamilan

Ibu hamil biasanya mengalami konstipasi atau sembelit terlebih ketika sudah memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga. Salah satu manfaat buah sirsak yaitu dapat mengatasi masalah tersebut. Sesekali makan buah sirsak karena baik untuk merangsang sistem pencernaan agar bisa bekerja lebih maksimal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol

ilustrasi wanita makanilustrasi wanita makan © rawpixel.com

Tidak hanya buah sirsak yang bermanfaat bagi kesehatan. Daun buah sirsak juga tidak kalah berkhasiat, terutama untuk mengobati kolesterol. Caranya pun juga sangat mudah, kamu tinggal meminum air rebusan daun sirsak.

Rebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minumlah setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kecantikan

ilustrasi wanitailustrasi wanita © rawpixel.com

Manfaat buah sirsak ini juga berkembang untuk kecantikan. Hal ini karena kandungan nutrisi yang memang cocok digunakan sebagai produk kecantikan alami yang digunakan dari dalam tubuh. Berikut manfaat buah sirsak untuk kecantikan.

1. Melawan tanda penuaan

Buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan itu berfungsi antioksidan dalam tubuh kita yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit.

2. Mencegah rambut rontok

Sirsak, dengan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Rajin mengonsunsi buah sirsak akan menjadikan rambut lebih sehat dan kuat.

3. Menyembuhkan gangguan pada kulit

Manfaat buah sirsak juga dapat menyembuhkan gangguan pada kulit. Daun sirsak memiliki kualitas penyembuhan yang efektif, karena itu cocok digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Jika kamu menempelkan daun sirsak segar pada kulit yang bermasalah, maka penyakit kulit akan lebih cepat sembuh.

Jadi bagaimana menurut kalian tentang manfaat buah sirsak ini? Apakah kamu salah satu penggemar buah ini? Tulis jawabnmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar