13 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari dan Sebelum Tidur

Reporter : Sofi
Senin, 17 Februari 2020 12:43
13 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari dan Sebelum Tidur
Tahukah kamu dengan menonsumsi air hangat bisa menurunkan berat badan?

Kita sering untuk mengabaikan asupan cairan dalam tubuh yang diperlukan untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari. Padahal hal tersebut sangat penting untuk tubuh. Salah satu cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah air putih.

Banyak orang percaya jika manfaat air putih hangat dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Manfaat minum air hangat dapat membersihkan saluran hidung, meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan berat badan. Berikut adalah manfaat minum air hangat yang harus kamu tahu.

1 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Manfaat minum air hangat di pagi hari bisa kamu dapatkan bila dilakukan dengan rutin. Kamu juga dapat mencampurkan air hangat dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis. Namun, perlu diperhatikan pula suhunya, jangan minum air yang terlalu panas karena dapat membakar dan membuat lidah melepuh. Berikut adalah manfaat minum air hangat di pagi hari.

Ilustrasi Bangun Tidur © Diadona

Detoksifikasi racun di dalam tubuh

Selain mampu mengeluarkan sisa makanan, manfaat minum air hangat juga akan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Manfaat minum air hangat akan membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh serta membersihkan sistem tubuh. Ketika kamu minum atau mandi dengan air hangat, sistem endokrin tubuh akan aktif dan membuat tubuh berkeringat. Dengan begitu, racun akan keluar melalui keringat. Selain itu, racun juga bisa keluar melalui urine ketika Anda buang air kecil.

Meringankan gejala akalasia

Manfaat minum air hangat di pagi hari selanjutnya adalah dapat meringankan gejala akalasia. Manfaat minum air hangat disebut dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman. Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan untuk mengantar makanan ke dalam lambung. Gejala umumnya adalah kesulitan menelan dan merasa ada makanan yang terjebak di kerongkongan.

Meredakan sakit dan nyeri pada radang sendi

Sebagian besar orang yang sedang diserang penyakit biasanya disarankan meminum air hangat. Manfaat minum air hangat di pagi hari akan memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, dan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.

Selain itu, manfaat minum air hangat di pagi hari berguna juga dalam menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi. Bahkan air hangat juga dapat mengatasi rasa sakit pada perut, kepala hingga bagian tubuh lainnya.

Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat minum air hangat di pagi hari yang bisa membantu meluruhkan simpanan lemak dan memperlancar sistem syaraf akan berdampak pada kelancaran sirkulasi darah. Sebab, air hangat mampu membantu organ tubuh membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh.

Melegakan sakit tenggorokan

Untuk mendapatkan manfaat minum air hangat di pagi hari ini, kamu juga dapat berkumur terlebih dahulu dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat. Rasa sakit pada tenggorokan umumnya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Gunakan campuran air garam tadi untuk berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Putih Hangat

Banyak manfaat minum air putih hangat yang bisa didapat oleh tubuh. Berikut adalah manfaat minum air putih hangat.

Ilustrasi Teh © Diadona

Mengatasi hidung tersumbat

Manfaat air putih hangat tidak harus selalu diminum. Uap dari air putih hangat dapat mengatasi hidung tersumbat. Menghirup uap dari air panas merupakan salah satu cara meredakan sakit kepala dan hidung tersumbat akibat penyakit sinus.

Mengurangi nyeri menstruasi

Untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi, manfaat minum air hangat dapat mengurangi rasa nyeri menstruasi tersebut. Manfaat minum air hangat mampu mengurangi rasa nyeri bahkan kram akibat mestruasi. Selain itu, air putih hangat juga akan memberikan sensasi menenangkan baik pada diri kalian hingga pada otot-otot perut.

Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat air putih hangat yaitu dapat membantu kamu yang sedang program diet. Air hangat mampu memecahkan penumpukan lemak yang bersarang di dalam tubuh. Pada saat meminumnya, suhu tubuh internal kalian akan mengalami penurunan sehingga mampu meingkatkan sistem metabolisme.

Mengatasi stres

Tidak disangka jika salah satu manfaat air putih hangat yaitu dapat mengatasi stres. Air putih hangat mampu menurunkan kortisol atau hormone penyebab stres di dalam diri kalian. Selain itu, kamu juga akan merasakan tubuh dan pikiran menjadi tenang dan rileks sesaat setelah mengonsumsi air putih hangat.

Mengatasi sembelit

Manfaat minum air hangat juga bisa mengatasi penyakit sembelit. Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang membuat buang air besar menjadi sangat sulit serta terkadang bisa sangat menyakitkan. Mengonsumsi air putih hangat di pagi hari dapat mengatasi sembelit tersebut. Manfaat minum air hangat juga dapat melancarkan buang air besar kalian setiap pagi.

Menghilangkan racun

Manfaat air putih hangat selanjutnya yaitu dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Mengonsumsi air putih hangat mampu mengeluarkan seluruh racun berbahaya yang bersarang di dalam tubuh kalian. Dengan meminumnya secara teratur maka sistem endokrin tubuh menjadi aktif dan membuat kalian berkeringat. Salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan racun dalam tubuh yaitu dengan mengonsumsi air putih hangat setiap harinya terutama pada pagi hari.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Banyak orang menghindari minum air pada waktu tidur agar mereka merasa tidak perlu buang air kecil di malam hari. Padahal minum air hangat sebelum tidur bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Ilustrasi Tidur © Diadona

Menurunkan berat badan

Minum air hangat sebelum tidur akan menjaga level air di dalam tubuh dan menjaga mood tetap terkendali. Air panas juga meningkatkan suhu tubuh bagian dalam dan mengganti cairan yang hilang. Hal itu akan menghasilkan keringat, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih baik dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Air hangat juga dapat melarutkan makanan yang tidak diinginkan dalam saluran pencernaan. Dengan begitu pencernaan akan lebih baik. Satu lagi manfaat minum air putih yang tak boleh dilupakan adalah bisa membantu menurunkan berat badan.

Manfaat minum air hangat akan memecah makanan lebih cepat dan membantu mencernanya lebih cepat, yang akan menghasilkan penurunan berat badan yang lebih cepat.

Meredakan rasa sakit

Selain mampu meredakan rasa nyeri pada saat menstruasi, air putih hangat juga mampu meredakan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh lainnya. Meredakan sakit kepala, kesleo pada pergelangan kaki atau tangan, memar hingga sakit perut merupakan sedikit dari masalah yang bisa diatasi dengan air putih hangat. Mengapa demikian? Mengonsumsi air putih hangat mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh jaringan sehingga sangat memungkinkan otot menjadi lebih rileks dan rasa sakit bisa mereda dengan cepat.

Setelah mengetahui manfaat minum air hangat di atas, apakah membuatmu semakin senang untuk mengonsumsi air hangat? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar