13 Manfaat Black Garlic Lanang untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Sabtu, 8 Februari 2020 09:36
13 Manfaat Black Garlic Lanang untuk Kesehatan
Apakah kamu sudah pernah mencoba black garlic? Jika belum, kamu mungkin mau mencobanya karena manfaat yang dikandungnya banyak. Berikut manfaat black garlic yang harus kamu tahu.

Manfaat black garlic untuk kesehatan didapat dari hasil fermentasi bawang putih. Di Korea dan Thailand manfaat black garlic untuk kesehatan sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Manfaat black garlic untuk kesehatan biasa dikonsumsi secara langsung maupun ditambahkan pada makanan sebagai penyedap. Manfaat black garlic untuk kesehatan terletak pada kandungan antioksidan dan nutrisi lain yang jauh lebih besar jumlahnya dari bawang putih biasa.

Bawang putih hitam berasal dari fermentasi bawang putih biasa. Black garlic diproduksi dengan membiarkan bawang putih biasa menua dalam suhu antara 60-70 derajat celcius selama tiga hingga empat minggu. Black garlic ditempatkan pada lingkungan yang terkontrol kelembaban. Proses ini akan menghasilkan eaksi Maillard, suatu proses kimia yang terjadi antara asam amino dan gula pereduksi.

Dibanding dengan bawang putih segar, black garlic ebih rendah dalam allicin, senyawa belerang yang memberikan bau tajam pada bawang putih. Black garlic memiliki konsistensi seperti jeli. Citarasanya yang halus melengkapi hidangan daging dan ikan, salad, dan bahkan makanan penutup. Bumbu ini juga tersedia dalam bentuk bubuk.

Rasa black garlic yang cenderung manis dan segar. Black garlic bisa bertahan hingga 6 bulan jika disimpan dalam wadah tertutup di lemari es. Berikut manfaat black garlic yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

Manfaat black garlic ini sudah digunakan sejak dahulu kala untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut manfaat black garlic yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi Orang Tua © Diadona

Tingkatkan kekebalan tubuh

Manfaat black garlic yang pertama adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi in vitro 2012 mengevaluasi perbedaan antara bawang putih hitam dan efek individu pada fungsi kekebalan tubuh. Tidak hanya menunjukkan sifat antikanker dan antioksidan terkuat, bawang putih hitam juga memiliki efek yang lebih kuat pada merangsang kekebalan.

Manfaat black garlic sebagai peningkat kekebalan ini dapat memiliki efek luas pada beberapa aspek kesehatan dan dapat membantu dalam pengobatan berbagai kondisi mulai dari alergi hingga gangguan autoimun dan infeksi akut.

Cegah kanker

Beberapa penelitian yang dikutip dalam ulasan Intechopen pada Februari 2019 mendukung manfaat kesehatan dari bawang putih hitam terkait kanker. Makanan fungsional ini telah terbukti menginduksi kematian sel kanker, mencegah metastasis dan menghambat pertumbuhan tumor. Dilansir dari Dr.Axe, sebuah studi in vitro 2014 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih hitam yang sudah berumur dapat membunuh secara efektif dan mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar.

Demikian pula, studi in vitro lain yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Research Practice melaporkan bahwa ekstrak bawang putih hitam yang sudah tua menurunkan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel leukemia. Para peneliti percaya bahwa efek anti kanker dari bawang putih tua berasal dari senyawa antioksidannya. Senyawa fenolik, khususnya, secara signifikan lebih tinggi pada bawang putih berumur daripada bawang putih mentah. Maka dari itu, manfaat black garlic dapat mencegah kanker.

Sehatkan jantung

Menurut ulasan pada November 2018 yang diterbitkan dalam Frontiers in Physiology, antioksidan dalam rempah ini mendukung fungsi kardiovaskular dan dapat meningkatkan sirkulasi. Nutrisi ini tampaknya sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner. Seperti yang dicatat oleh para peneliti, manfaat black garlic dapat meningkatkan fungsi jantung dengan meningkatkan kadar antioksidan plasma.

Bumbu ini juga dapat melindungi dari diabetes, faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Dibandingkan dengan bawang putih segar, manfaat black garlic sekitar lima kali lebih tinggi dalam polifenol. Hasilnya, lebih efektif melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menurut ulasan yang ditampilkan dalam Journal of Food and Drug Analysis, bawang putih hitam yang sudah tua dapat meningkatkan lemak darah yang selanjutnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam uji klinis kecil, black garlic meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi konsentrasi lipoprotein aterogenik, penanda risiko penyakit arteri koroner.

Tingkatkan kesehatan kognitif

Manfaat black garlic bagi otak memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan neuroprotektif. Dalam uji klinis yang dilaporkan di Intechopen, ditemukan black garlic meningkatkan kinerja memori dan memperlambat penurunan kognitif. Ulasan pada The Journal of Food and Drug Analysis rempah-rempah ini dapat meningkatkan daya ingat karena tingkat antioksidannya yang tinggi.

Antioksidan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif, yang pada gilirannya, dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Studi hewan di Indonesia juga menemukan bahwa bawang putih hitam dilindungi terhadap stres oksidatif dan mencegah kerusakan memori setelah pemberian monosodium glutamat atau MSG pada tikus.

2 dari 3 halaman

Manfaat Black Garlic Indonesia

Black garlic diketahui sudah digunakan sejak ribuan tahun di Korea dan Thailand. Lalu bagaimana dengan black garlic di Indonesia? Sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus repot mencarinya di luar negeri. Berikut manfaat black garlic tersebut.

Ilustrasi Black Garlic © Diadona

Mengandung banyak vitamin

Kandungan vitamin pada bawang putih hitam lebih tinggi. Para ahli menemukan jika proses penyimpanan bawang putih hingga menjadi bawang hitam berdampak dengan terpusatnya vitamin. Total kandungan vitamin yang larut dalam air meningkat sekitar 1,92 kali. Manfaat black garlic sangat tinggi antioksidan, kalsium, fosfor dan protein. Selain itu juga nutrisi seperti Magnesium, Selenium, Vitamin B6 dan Vitamin C.

Meregenerasi sel-sel kulit

Antioksidan yang terkandung dalam black garlic akan menghambat perusakan dan memperbaiki sel rusak pada jaringan kulit. Sebagai akibatnya, kulit tetap terjaga dan pengeriputan atau penuaan dapat teratasi.

3. Menurunkan kolesterol, darah tinggi, dan kardiovaskular

Mengonsumsi black garlic dapat mengalami peningkatan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (kolesterol baik) yang berarti hal tersebut menawarkan manfaat bagi sistem kardiovaskular dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Kesehatan jantung pun akan meningkat.

Kaya antioksidan

Para ahli menemukan bahwa ekstrak black garlic atau bawang hitam menunjukkan aktivitas imunostimulan yang lebih kuat daripada bawang putih umumnya. Hasilnya menunjukkan korelasi yang kuat antara aktivitas bawang hitam dan aktivitas antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, memiliki sifat antibakteri, anti-karsinogenik dan anti-tumor.

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti radikal bebas, kondisi kesehatan dan kebiasan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Kondisi ini dapat kamu cegah dengan menjalankan pola hidup sehat. Cara lainnya adalah dengan menggunakan manfaat black garlic dengan mengonsumsinya.

Menghilangkan bekas luka

Memiliki bekas luka memang sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Untuk mengatasi hal ini kamu bia menggunakan bawang hitam yang dihaluskan. Ambil bawang hitam yang telah kamu siapkan sebelumnya. Setelah itu haluskan dan oleskan pada bekas luka. Lakukan secara rutin hingga bekas luka menghilang dengan sendirinya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Black Garlic Lanang

Bawang lanang merupakan salah satu jenis bawang putih yang hanya memiliki satu siung. Bawang ini juga bisa difermentasi untuk dijadikan sebagai black garlic. Berikut manfaat black garlic lanang yang harus kamu tahu.

Ilustrasi Black Garlic Lanang © Diadona

Melindungi dari infeksi

Bawang hitam juga mengandung zat antimikroba, antibiotik, dan antijamur dalam bahan aktif allicin. Zat-zat tersebut berguna untuk membantu meningkatkan metabolisme sehingga melindungi dari infeksi.

Mengurangi lemak

Bagi kamu yang sedang menjalani proses diet, mengonsumsi bawang hitam bisa menjadi salah satu yang cukup membantu. Pasalnya bawang hitam mampu menurunkan jumlah lemak dalam tubuh, termasuk lemak di perut.

Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan organ penting yang memiliki peran penting terhadap pembuangan racun. Oleh karena itu, hati harus selalu dijaga agar racun-racun dalam tubuh bisa dihancurkan dan dikeluarkan dari tubuh.

Manfaat black garlic jika dikonsumsi bisa menjaga kesehatan hati. Pasalnya kandungan zat-zat di dalam bawang hitam akan mengobati kerusakan hati dan meningkatkan metabolisme hati. Khasiat bawang hitam juga dapat menurunkan kadar lemak di hati.

Menghilangkan komedo

Tak hanya untuk kesehatan saja, bawang hitam juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya dapat menghilangkan komedo. Caranya, ambil bawang hitam yang telah disiapkan dan haluskan bawang tersebut. Setelah itu oleskan di bagian wajah yang ada komedonya.

Bagaimana menurutmu? Setelah mengetahui manfaat bawang hitam di atas, apakah kamu mau mencoba bawang hitam ini?

Beri Komentar