13 Cara Mengobati Sariawan di Bibir dan Lidah dengan Cepat dan Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 8 Januari 2020 17:39
13 Cara Mengobati Sariawan di Bibir dan Lidah dengan Cepat dan Alami
Meski bukan masalah medis yang serius, sariawan bisa sangat mengganggu.

Kamu yang pernah merasakan sariawan pasti rasanya nggak enak banget. Susah makan, susah ngomong, bahkan menggerakkan lidah pun terasa menyakitkan. Belum lagi ditambah kalau sariawan nggak cuman berjumlah satu titik saja, namun beberapa titik sekaligus.

Sariawan terjadi karena adanya kerusakan pada lapisan jaringan mulut  dan sering muncul di sepanjang pangkal gusi, di dalam pipi maupun dalam bibir. Kadang bintik menyebalkan ini juga hadir di bagian bawah mulut maupun lidah kamu. Rasa sakitnya muncul karena terbukanya saraf yang berada tepat di bawah lapisan  mulut. Namun untungnya sariawan termasuk penyakit yang mudah diobati.

1 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Ilustrasi Garam LautIlustrasi Garam Laut © 2020 https://www.diadona.id

Sariawan biasanya muncul dalam waktu yang singkat dan akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu. Meski bikin sakit, sariawan tidak berbahaya kok. Tapi kalau keberadaannya sudah sampai 3 minggu di mulut kamu dan selalu kambuh, sepertinya kamu harus segera memeriksanya ke dokter.

Membilas Mulut dengan Garam

Garam merupakan zat yang dapat membunuh bakteri sekaligus dapat meringankan rasa sakit. Cara mengobati sariawan dengan garam juga bisa kamu lakukan dnegan meltakkan sejumput garam di titik sariawan. Rasanya emmang sakit banget, tapi ini adalah salh satu cara mengobati sariawan terbaik dan tercepat. Lakukan ini setiap 4 – 5 kali kali sehari sampai sariawan kamu hilang.

Membilas Mulut dengan Baking Soda

Bking soda dianggap dapat mengembalikan keseimbangan pH di dalam mulut dan mengurangi peradangan akibat sariawan. Cara mengobati sariawan dengan baking soda yaitu dengan menggunakan untuk berkumur. Nggak hanya itu, bubuk baking soda bisa kamu beri dengan sedikit air untuk menjadikannya pasta. Lalu gunakan cotton bud dan oleskan di sisi sariawan. Diamkan selama 10 – 15 menit.

Yougurt

Meski secara medis penyebab sariawan belum diketahui, namun kemungkinannya disebabkan karena bakteri Helicobacter atau bakteri yang menyebabkan radang usus. Sebauh penelitian di tahun 2007 menyebut, lactobasilus bisa membantu memberantas H. pylori. Berangkatyd ari teori tersebut, maka makan yougurt bisa sebagai cara mengobati sariawan.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat

 

Beberapa pengobatan rumahan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, tetapi tentu nggak bisa sembuh dalam waktu semalam saja. Nggak mungkin ada obat sariawan yang bisa menyembuhkan secepat itu. Namun, ada banyak pengobatan yang bsia kamu coba, dengan catatan tetap harus hati-hati saat menggunakannya.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida bisa membantu mengurangi dan meringankan sariawan yang megganggu. Caranya, campur air dengan hydrogen peroksida dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan di bagian yang terkena sariawan.

Berkumur dengan DGL

DGL atau  deglycyrrhizinated licorice (DGL) merupakan ekstrak herbal licorice yang dianggap mempunyai kemampuan anti-inflamasi. Zat ini dipercaya sebagai obat alami bagi sakit m,aag, tersedia dalam bentuk suplemen. Namun DGL juga bsia dighunakan untuk obat kumur dan menghilangkan sariwan di mulut kamu.

Caranya, campur bubuk dari satu kapsul DGL (200 mg) dengan satu cangkir hangat, gunakan untuk kumur selama tiga menit lau bilas dengan air.

Sediaan DGL juga bisa untuk mengecilkan luka sariawan dengan aplikasi yang cukup sederhana. Caranya, letakkan tetesan DGL padacotton bud dan tempelkan di sariawan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Alami Mengobati Sariawan

Ilustrasi Madu dan JerukIlustrasi Madu dan Jeruk © 2020 https://www.diadona.id

Hingga saat ini, penyebab langsung terajdinya sariawan masih belum diketahui. Namun ada beberapa factor yang diduga berkontribusi terhadap munculnya sariawan, diantaranya :

  • Trauma jaringan. Ini sering terjadi akibat menyikat gigi terlalu kuat, gesekan kawat gigi dengan gigi, gigi palsu yang tidak pas atau bagian mulut yang tergigit.
  • Infeksi bakteri, virus, atau jamur bisa menjadi penyebab sariawan
  • Stres : Sariawan bisa terjadi karena penderita sedang mengalami stress
  • Makan dan minuman asam.
  • Pasta gigi atau obat kumur dengan kandungan natrium lauril sulfat beresiko dapat memunculkan sariawan di mulut
  • Kekurangan Vitamin: Kekurangan vitamin seperti B-12, zat besi, folat atau seng juga bisa menjadi penyebab sariawan.
  • Berhenti Merokok: Segera setelah berhenti merokok kamu mungkin terkena sariawan. Tapi ini biasanya bersifat sementara kok.

Madu

Dikenal sebagai antiinflamasi dan antibakterinya, madu dapat mengurangi rasa sakit, ukuran, dan kemerahan pada sariawan. Untuk menggunakan madu sebagai cara mengobati sariawan, cukup oleskan ke bagian yang sakit selama empat hingga lima klai sehari. Usahakan menggunakan madu alami tanpa proses pasteurisasi yang bisa membunuh nutrisi penting pada madu.

Bubuk Tawas

Tawas merupakan suatu zat yang digunakan untuk mengecilkan jaringan sekaligus merangsang system kekebalan tubuh kamu. Cara mengobati sariawan dengan tawas bisa kamu lakukan dengan menuangakn sedikit bubuk tawas ke sendok, lalu celupkan kapas yang telah dibasahi ke  bubuk tawas. Oleskan langsung ke titik sariawan dan diamkan selama 1 – 2 menit sebelum dibersihkan.

Gel Lidah Buaya

Meskipun nggak bisa menyembuhkan langsung, gel lidah buaya dapat menenangkan rasa sakit akibat sariawan kamu. Cara mengobati sariawan dengan lidah buaya nggak jauh berbeda dengan penggunaan tawas.

Teh Chamomile

Chamomile diketahui bisa digunakans ebagai anti bakteri dan anti inflamasi, dapat mengurangi resiko infeksi dan rasa tidak nyaman karena sariawan. Cara mengobati sariawan dengan teh chamomile yakni dengan meletakkan kantung teh ke titik sariawan yang sakit. 

Minyak Kelapa

Secara medis, cara mengobati sariawan dengan minyak kelapa memang belum dapat dibuktikan. Tapi bahan ini memang punya sifat anti inflamasi dan anti mikro yang tidak ada salahnya kamu coba.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sariawan di Bibir

Ilustrasi Cuka ApelIlustrasi Cuka Apel © 2019 https://www.diadona.id

Selain sakit gigi, sariawan kadang bikin kamu nggak bisa makan dan sulit ngomong. Kamu bakalan sering meniup titik sariawan untuk meredakan sakitnya.

Cuka Apel

Apa sih yang nggak bisa dilakukan oleh cuka apel? Mulai dari solusi untuk masalah kecantikan, hingga kesehatan. Untuk sariawan, diperkirakan asam yang terdapat pada cuka apel ini mampu membunuh bakteri yang mengiritasi luka pada sariawan. Penggunaan zat asam untuk pengobatan sariawan memang masih kontroversial, antara dapat memperbaiki atau justru membuatnya makin parah. Jadi gunakan secara hati-hati.

Tablet Hisap

Kekebalan tubuh yang l;emah bisa membuat sariawan kamu makin parah. Solusinya, tambah system kekebalan tubuh kamu dengan mengkonsumsi minela jenis seng. Selain melawan bakteri penyebab sariawan, konsumsi seng akan menurunkan lama waktu penyembuhan sariawan yang kamu derita. Tablet hisap ini tersedia di apotik tanpa resep dokter.

Vitamin B Kompleks

Sariawan bisa terjadi kalau kamu kekurangan asupan vitamin B kompleks, meski begitu, masih belum ada penelitian lebihlanjut dari sis medis bagaimana sariawan bisa sembuh karena vitamin ini. Dari sebuah penelitian di tahun 2017 menyebut, partisipan yang mengkonsumsi cukup vitamin B kompelks terhindari dari sariawan, terserang sariawan dengan jumlah luka yang lebih sedikit dan rasa sakit yang lebih mendingan daripada menggunakan placebo.

Beri Komentar