13 Cara Bangun Pagi, Cepat Tidur walau Tidur Malam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 8 Februari 2020 12:51
13 Cara Bangun Pagi, Cepat Tidur walau Tidur Malam
Nggak apa-apa kalau kamu merasa bukan 'morning person', tapi nggak harus selalu dengan mengorbankan kegiatan penting di pagi hari, kan?

Nggak usah beralasan kalau kamnu bukan 'morning prson', karen anyatanya kamu bisa kok bangun pagi dengan mengubah sedikit kebiasaan.

Bangun pagi adalah salah satu cara biar lebih produktif. Banyak orang sukses di dunia yang bangun pagi setiap harinya. Meski begitu banyak juuga kok orang yang susah banget untuk cara bangun pagi. Sekeras apapun pun kamu berusaha, kayaknya bangun bangun bangun selalu udah siang aja.

Jadi, gimana biar cara bangun pagi?

1 dari 4 halaman

Cara Agar Bisa Bangun Pagi

Ilustrasi Bangun Tidur © Diadona

Menghubah kebiasaan bangun di kala siang emang sulit. Tapi dengan mengganti sedikit demi sedikit rutinitas tersebut maka bukan nggak munghkin kamu jadi orang yang akan rajin bangun pagi.

Bangun Satu Menit Lebih Awal

Mengatur alarm lebih awal tidak selalu bisa berhasil. Kalau kamu terus menerus menekan tombol 'tunda', samapi akhirnya mencapai waktu bangun kamu seperti biasanya, mungkin itu karena tubuh kamu butuh terbiasa.

Nah, untuk cara bangun pagi, coba deh mengatur alarm satu menit lebihawal dari waktu bangun biasanya. Kalau berhasil, tambahs atu menit lagi keesokan harinya dan begitu seterusnya.

Memanipulasi Ruangan Biar Lebih Mudah Bangun

Cara bangun pagi yakni dengan bekerja sama dengan lingkungan dan ruangan kamu. Misalnya? Taruh jam beker di seberang ruangan biar kamu harus jalan untuk mematikannya

Analisis Kenapa Kamu Nggak Bisa Bangun Pagi

Coba deh renungkan kenapa kamu gagal bangun pagi. Nah setelah nemu alasannya, coba petakan langkah apa yang udah kamu ambil, keberhasilan langkah tersbeut, dan harus menyiasati apa lagi nih biar kamu beneran bisa bangun pagi?

2 dari 4 halaman

Cara Agar Cepat Tidur dan Bangun Pagi

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 7 - 8 jam setiap hari. Makanya, biar tubuh terasa segar setiap hari, maka jumlah tersebut harus tercukupi. Dengan kata lain, cara bangun pagi bisa kamu lakukan kalau kamu juga tidur lebih awal.

Pertahankan Jadwal Tidur yang Konsisten

Dilansir dari goodhoukeeping.com, kunci cara bangun pagi yakni tidur dan bangun pada waktu yang relatif sama setiap hari - bahkan akhir pekan. Mengapa? Ini untuk memabntu otak memahami kapan harus bangun dan tidur.

Dengan tidur dan bangun di jam yang teratur, maka membiarkan jam internal atau sirkadian kita berjalan pada jam-jam tertentu pada siang hari dan membiarkannya tidak aktif pada malam hari.

Nah, kalau tubuh kamu udah terbiasa di jam yang bikin kamu susah cara bangun pagi, maka sesuai pelan pelan. Misalnya dengan mengubah 15 menit terlebnih dulu bangun lebih pagi dan tidur lebih awal.

Jangan Minum Koipi setelah Jam 4 Sore

Kopi dan stimulan lain seperti teh dan cokelat dapat mengacaukan jam internal tubuh, bikin cara bangun pagi kamu jadi kacau. Kalau kamu lagi pengen banget minum kopi, minum kopi tanpa kafein setidaknya 5 jam sebelum tidur akan membuat kamu tetep bisa sebagai cara bangun pagi.

Jangan Makan Malam Terlalu Larut

Ngemil kurang dari satu jam sebelum tidur juga bisa bikin kamu terjaga di malam hari. ini karena perut kamu menghasilkan asam untuk memulai pencernaan, yang berarti kalau kamu berbaring maka bakalan bikin kamu kena refluks.

Bikin Jam Malam untuk Barang Digital

Cara bangun pagi, yakni dengan memastikan barang-barang yang bikin kamu terdistraksi. Terlebih, paparan cahaya terang dan layar (seperti laptop atau ponsel) sebelum tidur juga dapat mengacaukan ritme sirkadian dan mengurangi kualitas tidur.

3 dari 4 halaman

Cara Cepat Bangun Pagi

6 Hal yang Terjadi Saat Kamu Tidur Kurang dari 7 Jam Perhari © Diadona

Katanya, kita harus melakukan sesuatu hal berturut-turut selama beberapa kali untuk menjadikan hal tersebut sebagai rutinitas baru, termasuk dengan bangun pagi. Padahal kan kadang kamu butuh cara cepat bangun pagi.

Mengubah Kepercayaan Diri

Jangan mengatakan ke diri sendiri kalu kamu susah bangun pagi dan bukan 'morning person' dulu, karena itu berarti kamu membatasi keyakinan diri kamu sendiri.

Olahraga Teratur

Olahraga terbukti bisa meningkatkan tidur dan menghilangkan insomnia, serta hal-hal yang bikin kamu susah tidur di malam hari seperti depresi dan anxiety.

Olahraga juga bsia menjadi cara biar bangun pagi karena meningkatkan tingkat energi dengan mengurangi kelelahan.

Temukan Motivasi

Kamu harus menemukan apa alasan dan goal kamu sebagai cara bangun pagi. Misalnya, pengen kencan sama doi sambil jalan pagi, nggak ketinggalan bubur ayam favorit, atau apapun. Apapun itu, manfaatkan apa yang ada di pagi hari sehingga pagi hari tidak akan pagi banget.

4 dari 4 halaman

Cara Bangun Pagi walau Tidur Malam

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Kadang kamu dituntut oleh rutinitas biar bangun pagi, nggak peduli jam berapa kamu tidur malam harinya. Trus gimana cara bangun pagi walau tidur larut malam harinya?

Tidur dengan Tirai Terbuka

Mendapatkan sinar matahri bakalan bikin mood kamu naik dan memperbaiki tingkat energi. Nah, kalau kamu tidur dengan tirai terbuka maka bisa jadi cara bangun pagi karena kamu jadi bisa melihat matahari saat terbangun, dan menyadari kalau hari udah cukup siang buat kamu bermalas-malasan.

Segera Minum Air Putih

Apa yang kamu lakukan setelah bangun? Mengambil ponsel untuk buka sosmed, atau ngapain? Nah, mulai sekaranhg kamu bisa mencoba minum segelas air puith setelah bangun, sebagai cara bangun pagi. Dengan memberikan energi ke tubuh kamu bakalan menghindarikan kamu dari kemungkinan balik tidur lagi.

Jangan Berlama-Lama di Tempat Tidur

Karena tempat tidur harus digunakan untuk tidur, bukannya untuk bermalas-malasan. Dengan kamu ada di tempat tidur malah bikihn jam sirkardian kamu kacau.

Beri Komentar