12 Manfaat Lengkuas Merah untuk Kulit Wajah dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Jumat, 14 Februari 2020 13:11
12 Manfaat Lengkuas Merah untuk Kulit Wajah dan Kesehatan
Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan lengkuas. Tapi tahukah kamu manfaat lengkuas yang bisa kamu manfaatkan? Berikut manfaat lengkuas tersebut.

Pernah tidak kamu mengambil makanan yang berisi daging seperti rendang atau semur, tapi ternyata ketika kamu makan ternyata bukan daging yang kamu gigit tapi yang lain? Lengkuas memang biasa menjadi rempah penyedap dalam makanan. Dan yang biasa kamu ambil yang kamu kira daging tapi bukan itu adalah lengkuas.

Selain memiliki rasa yang khas, lengkuas memiliki manfaat kesehatan lainnya yang harus kamu tahu. Berikut adalah manfaat lengkuas yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Lengkuas Merah

Manfaat lengkuas merah bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutirisinya. Lengkuas dapat mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, batuk dan sakit tenggorkan, serta mencegah tumor dan kanker. Sebelum menggunakannya, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebi hdahulu dengan dokter. Berikut adalah manfaat lengkuas merah.

Ilustrasi Lengkuas Merah © Diadona

Mendukung kesehatan otak

Manfaat lengkuas dapat meningkatkan kognitif. Dilansir dari plantshospital, manfaat lengkuas merah ini didapatkan karena memiliki sifat antiinflamasi yang memiliki efek perlindungan pada otak. Rempah ini juga dapat mengurangi degenerasi otak yang berkaitan dengan usia.

Tak hanya itu, lengkuas juga memiliki kandungan fitonutrien yang dapat menekan protein TNF-alpha untuk melawan depresi. Kamu dapat mengonsumsi lengkuas dengan menjadikannya bumbu masakan sehingga kesehatan otak terjaga dan rawan terkena Alzheimer.

Menyembuhkan berbagai penyakit kulit

Manfaat lengkuas merah juga dapat menyehatkan kulit dan membuatnya lebih halus. Dilansir dari drhealthbenefits, kandungan antioksidan yang terkandung dalam lengkuas memiliki dampak untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Obat herbal ini juga kaya akan vitamin C yang berperan dalam peremajaan sel-sel kulit dan menjaga kulit tampak lebih muda dari penuaan.

Selain itu, lengkuas juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti panu, luka bakar, gatal-gatal, hingga alergi. Kamu dapat menggunakan manfaat lengkuas sebagai obat alami untuk kesehatan kulit. Caranya dengan mengoleskan daging lengkuas pada area kulit yang infeksi atau mengalami panu sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

Namun jika kamu memiliki alergi terhadap udang, ikan, atau berbagai makanan laut sehingga membuat kulit gatal, minum racikan potongan lengkuas atau teh setiap hari dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan alergi tersebut.

Meningkatkan kesuburan pria

Manfaat lengkuas merah berikutnya adalah meningkatkan kesuburan pria. Dilansir dari stylecraze, akar lengkuas dapat meningkatkan motilitas dan jumlah sperma sehingga meningkatkan kesehatan umum bagi para pria. Jumlah motilitas dan sperma yang meningkat juga dapat memengaruhi pembuahan. Bagi pria sangat disarankan mengonsumsi lengkuas, baik menjadi bumbu masakan atau sebagai minuman. Rempah alami ini efektif meningkatkan kesuburan karena aman digunakan dan tidak beracun.

Meringankan batuk dan sakit tenggorokan

Manfaat lengkuas merah juga bisa meringankan batuk dan sakit tenggorokan. Dilansir dari drhealthbenefits, penyakit batuk dan sakit tenggorokan yang mengganggu dapat dibasmi dengan mengonsumsi lengkuas. Manfaat lengkuas dapat bertindak sebagai ekspektoran dan berguna untuk mengobati penyakit pernapasan, seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Cara menggunakannya juga tidak begitu sulit. Kamu dapat mencampur bubuk lengkuas atau beberapa irisan lengkuas ke dalam air panas, lalu tambahkan jeruk nipis ke dalamnya. Kemudian biarkan hingga beberapa menit, setelah tidak terlalu panas, kamu dapat mengonsumsinya dan sakit tenggorokan pun akan reda.

Mengobati diabetes

Dilansir dari stylecraze, manfaat lengkuas ternyata ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes. Manfaat lengkuas merah satu ini dipengaruhi oleh efek antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri patogen penyebab penyakit diare, seperti laktosa dan fruktosa. Tak hanya itu, manfaat lengkuas juga dapat menghambat metabolisme karbohidrat dan meminimalkan lonjakan glukosa dalam darah.

Hal ini menjadi salah satu manfaat dari nutrisi di dalam lengkuas yang setara dengan obat antidiabetik sintetik. Obat herbal ini juga kaya akan atioksidan yang dapat melindungi hati dan pankreas dari kerusakan. Polifenol, alkaloid, triterpen, steroid, dan karbohidrat yang yang aktif bekerja di dalam lengkuas sehingga bisa melindungi berbagai organ tersebut.

Mencegah kanker

Dilansir dari organicfacts, manfaat lengkuas merah bisa mencegah penyakit mematikan seperti tumor dan kanker. Kandungan zat antioksidannya mampu memperbaiki sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan berbagai racun yang mudak masuk ke dalam tubuh. Selain itu, komponen lengkuas bernama galangin memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker payudara.

Zat ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan kanker kulit melanoma, hepatoma, dan kanker usus besar. Lengkuas juga bermanfaat sebagai penghambat jalur enzim xanthin yang memicu perkembangan tumor. Kamu dapat mengonsumsi lengkuas dengan menambahkannya ke dalam masakan agar terhindar dari penyakit kronis.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lengkuas untuk Kulit Wajah

 

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat lengkuas juga bisa untuk kulit wajah kamu loh! Cara kerja lengkuas dalam melawan jerawat adalah dengan membasmi penyebab-penyebab jerawat (bakteri gram positif, bakteri gram negatif, jamur), sehingga proses pembentukan jerawat dan proses pemecahan jerawat dapat dicegah. Selain bermanfaat untuk mencegah dan melawan jerawat, lengkuas juga memberikan manfaat lain bagi kulit.

Dengan menggunakan manfaat lengkuas pada kulit, kulitmu akan menjadi bersih, halus, dan bebas dari berbagai macam noda. Seperti dilangsir dari situs jkhealthworld.com, cara penggunaan lengkuas untuk melawan jerawat ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak lengkuas ke wajah, terutama di bagian wajah yang dipenuhi dengan jerawat.

Untuk melawan jerawat dan flek, caranya juga cukup mudah. Pertama-tama, kamu harus menggiling lengkuas. Setelah itu, tambahkan dengan air, aduk sampai rata, kemudian oleskan ke wajah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, oleskan lengkuas tersebut ke wajah sebanyak dua atau tiga kali sehari.

3 dari 3 halaman

Manfaat Tanaman Lengkuas

Manfaat lengkuas mengandung beberapa vitamin dan mineral yang memiliki banyak manfaat. Selain digunakan sebagai penyedap rasa, lengkuas juga dipercaya mampu membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, dan membantu memerangi kanker. Selain itu masih ada manfaat lengkuas yang baik untuk kesehatan seperti yang disebutkan berikut ini.

Ilustrasi Lengkuas © Diadona

Melindungi dari beberapa kanker

Manfaat lengkuas dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker. Hal ini dikarenakan lengkuas mengandung senyawa aktif yang dikenal dengan galangin yang dapat membunuh sel kanker atau mencegahnya untuk menyebar. Senyawa tersebut diyakini mampu memerangi sel kanker payudara, saluran empedu, hati, dan kulit. Hal ini tentunya perlu dilakukan penelitian tambahan untuk mengetahui manfaat lengkuas lebih dalam.

Meningkatkan kesuburan pria

Meski belum ada penelitian lebih lanjut, dilansir dari healthline manfaat lengkuas mampu meningkatkan kesuburan pada pria. Dalam sebuah penelitian pada hewan, jumlah dan jumlah sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak lengkuas

Melindungi dari infeksi

Manfaat lengkuas mengandung ekstrak minyak atsiri yang dapat melawan berbagai mikroorganisme. Maka, hal ini yang membuat lengkuas dapat memperpanjang umur simpan makanan tertentu. Juga dapat mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

Melawan peradangan

Akar lengkuas dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit. Faktanya, tanaman dari keluarga Zingiberaceae, termasuk lengkuas, tampak mengurangi rasa sakit, gejala peradangan yang umum terjadi

Sumber antioksidan

Manfaat lengkuas merupakan rempah yang kaya akan kandungan antioksidan, merupakan senyawa yang mampu melindungi sel-sel dari virus radikal bebas. Kandungan polifenol yang ada juga bermanfaat untuk meningkatkan memori, dan menurunkan gula darah serta kolesterol.

Jadi, jika kamu salah mengambil daging dan mendapatkan lengkuas tidak usah resah. Karena manfaat lengkuas yang baik untuk tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar