12 Manfaat Lari Pagi dan Sore Ternyata Bagus untuk Kesehatan Mental

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 26 April 2021 14:30
12 Manfaat Lari Pagi dan Sore Ternyata Bagus untuk Kesehatan Mental
Merasa stress? Seperti kamu harus lakukan olahraga lari!

Manfaat lari memberikan dampak yang sangat baik untuk tubuh. Dengan melakukan lari, kamu sudah membuat dirimu tetap sehat. Melakukan lari dapat memperlancar peredaran darah kamu, sehingga sirkulasi oksigen mengalir sempurna ke dalam tubuh. Lari selama 20 - 25 menit dapat mengubah pikiran, tubuh, dan jiwa kamu. Selain itu, berlari juga bisa membantu kamu terbebas dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang kamu, lho, Diazens. 

Berlari secara rutin dan dilakukan dengan durasi tertentu memang baik untuk tubuh. Namun, apabila dilakukannya secara berlebihan bisa membuat kamu mengalami cedera. Tidak perlu khawatir, ketika kamu sudah tahu tentang hal ini, kamu bisa fokus kepada jadwal larimu. Nah, untuk itu manfaat apa yang bisa kamu peroleh dengan berlari secara rutin?

1 dari 3 halaman

Manfaat Lari Pagi

Manfaat Lari © Diadona

Manfaat lari pagi dapat memberikan energi tambahan dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, menurut penelitian waktu terbaik untuk lari adalah pagi hari. Mengapa demikian? Kamu bisa simak ulasannya baik-baik ya.

Meningkatkan Produktivitas

Manfaat lari pagi dapat memberikan rangsangan mental dan fisik dan tidak hanya meningkatkan kewaspadaan kamu, tetapi juga membantu kamu untuk bangun dari tempat tidur tepat pada waktunya. Melakukan lari pagi juga dapat memberikan kamu asupan endorfin dan adrenalin yang mengalir ke seluruh tubuh. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ingin mengurangi risiko penyakit jantung? Manfaat lari pagi selama lima menit atau lebih setiap pagi dapat menghalangi kamu dari risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.  Penelitian menunjukkan bahwa pelari memiliki risiko 27% lebih rendah untuk kematian dini dan risiko kematian 30% lebih rendah dari masalah kardiovaskular. 

Memperlancar Proses Metabolisme 

Makanan yang kita konsumsi oleh tubuh akan dijadikan sumber energi bagi tubuh kita dan sisanya disimpan sebagai lemak. Tentunya, kamu tidak ingin menimbun lemak bukan? Memulai aktifitas dengan lari pagi dapat membuat tubuh kamu menggunakan makanan untuk meningkatkan metabolisme kamu dan membantu tubuh kamu membakar kalori sepanjang hari. 

Menjaga Kesehatan Sendi Lebih Baik

Manfaat lari pagi mampu menjaga kesehatan sendi lebih baik. Hal itu karena terdapat penelitian yang mengatakan bahwa seorang pelari cenderung tidak mengembangkan masalah sendi. Alasannya adalah bahwa pelari cenderung fit dan membawa beban lebih sedikit sehingga mengurangi jumlah ketegangan pada persendian. Berlari di pagi hari juga dikaitkan dengan kekuatan otot yang lebih baik dan berkembang yang membantu mengurangi kemungkinan osteoartritis.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat lari pagi ternyata juga bagus untuk kesehatan mental kamu, lho. Berlari di luar sangat membantu, karena memberimu waktu untuk menikmati pemandangan alam yang indah. Selain itu lari pagi membuat mood kamu akan menjadi lebih baik karena hormon serotonin dalam tubuh mulai meningkat.

2 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga Lari

Manfaat Lari © Diadona

Meningkatkan Kesehatan

Percaya atau tidak, lari sebenarnya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Manfaat lari menurut penelitian menunjukkan bahwa berlari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus membantu meningkatkan fungsi dan penggunaan paru-paru. Selain itu, berlari juga dapat meningkatkan sistem kekebalan dan menurunkan risiko penggumpalan darah.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat lari tidak hanya bersifat fisik, melainkan juga bisa secara mental. Melakukan olahraga lari dapat mendorong kepercayaan diri kamu meningkat. Dengan menetapkan dan mencapai tujuan, kamu dapat membuat kamu jauh merasa lebih bahagia.

Lari Memiliki Kekuatan untuk Menghilangkan Depresi

Ketika kamu sedang depresi, hal terakhir yang mungkin kamu inginkan adalah bangun dan berlari. Padahal, melakukan olahraga lari dapat mengatasi depresi dengan lebih baik dan lebih cepat. Manfaat lari memberikan manfaat untuk kesehatan mental kamu juga, lho.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Terdapat studi menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur nyenyak dibandingkan mereka yang berolahraga di sore atau malam hari. Manfaat lari dapat membangun rutinitas untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dan dijamin kualitas tidur akan meningkat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lari Sore

Manfaat Lari © Diadona

Membangun Otot Lebih Baik

Manfaat lari sore dapat  membangun otot lebih baik karena lari sore diperuntukan untuk fokus pada latihan ketahanan.  Seperti yang diketahui juga, kadar testosteron dan kortisol tinggi di pagi hari, tetapi efek pembentukan otot dari testosteron ditiadakan oleh efek pemborosan otot kortisol pada waktu itu.

Kamu Bisa Berlari Lebih Lama

Manfaat lari sore yang bisa diberikan adalah lamanya waktu kamu untuk berlari. Karena pada sore hari kamu mendapatkan bahan bakar dan kapasitas paru-paru untuk bertahan lebih lama di sore hari untuk menyelesaikan program latihan mu.

Bisa Memperbaiki Jam Tidur yang Rusak

Manfaat lari sore adalah memperbaiki jam tidur kamu yang berantakan. Misalkan kamu bekerja dengan ketentuan shift, yang mana tentunya akan mengganggu siklus tidur kamu. Apabila siklus tidur terganggu hanya akan membuat kamu terkena diabetes dan penyakit jantung.

Manfaat lari bagi tubuh sungguh sangat memberikan dampak positif. Lari sendiri juga tidak menyehatkan secara fisik, tapi secara mental pun menjadi lebih baik. 

Beri Komentar