12 Manfaat Biji Mahoni untuk Diabetes dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Kamis, 20 Februari 2020 12:36
12 Manfaat Biji Mahoni untuk Diabetes dan Kesehatan
Manfaat biji mahoni bisa kamu gunakan untuk kesehatan loh! Berikut manfaat biji mahoni yang mengesankan.

Secara luas, orang mengenal pohon mahoni dari kualitas kayunya. Kayu mahoni banyak digunakan sebagai bahan furnitur, pintu, jendela, dan berbagai kebutuhan perabot lainnya. Selain kayu, bagian mahoni yang dimanfaatkan adalah biji buahnya.

Buah mahoni berbentuk bulat seperti telur dengan permukaan keras berwarna cokelat. Biji mahoni berentuk pipih dengan warna cokelat kehitaman. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan telah lama dijadikan obat herbal. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan didapat dari kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloidnya.

Ketiga senyawa ini bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan biasanya dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau racikan biji yang diseduh seperti teh. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan dipercaya mampu memelihara kesehatan jantung, peredaran darah, dan mengatasi alergi. Berikut adalah manfaat biji mahoni yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan

Manfaat biji mahoni untuk kesehatan sudah banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Biji mahoni mengandung beberapa jenis flavonoid untuk melancarkan sirkulasi darah dan saponin berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Berikut adalah manfaat biji mahoni untuk kesehatan.

Menangkal radikal bebas

Manfaat biji mahoni kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas hampir tidak bisa dihindari. Maka dari itu, tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel serta mengoptimalkan fungsi sistem imun.

Melancarkan sistem pencernaan

Ilustrasi Sakit PerutIlustrasi Sakit Perut © aidsmap.com

Manfaat biji mahoni juga untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Karena asupan dan pola makan yang tidak sehat membuat sistem pencernaan terganggu. Biji Mahoni mengandung suatu senyawa yang dapat membantu kelancaran proses metabolisme sehingga buang air besar pun menjadi lebih teratur.

Mengatasi nyeri haid

Nyeri haid bagi sebagian wanita sudah menjadi hal yang biasa, namun hal tersebut juga dapat menghambat kegiatan sehari-hari. Manfaat biji mahoni memiliki kandungan flavonoid dan berbagai mineral penting yang secara efektif dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi pada wanita.

Melancarkan peredaran darah

Manfaat biji mahoni yang mengandung flavonoid sangat bermanfaat dalam membantu melancarkan peredaran darah, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan kolesterol dan mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, manfaat biji mahoni juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

Cegah peradangan

Manfaat biji mahoni untuk kesehatan selanjutnya bisa untuk mencegah perdangan. Peradangan adalah salah satu respons kekebalan tubuh. Alergen, kuman, racun, dan zat pengiritasi lainnya dapat memicu peradangan yang menghasilkan gejala tidak nyaman.

Flavonoid dapat membantu tubuh menghilangkan reaksi inflamasi sehingga gejala-gejala tersebut berkurang. Peradangan dapat menyebabkan demam, pilek, masalah pencernaan, dan alergi.

2 dari 3 halaman

Manfaat Biji Mahoni untuk Diabetes

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © 2020 https://versanthealth.com/

Manfaat biji mahoni dapat membantu mengontrol gula darah, sehingga dapat menjadi pilihan pengobatan untuk diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan saponin pada biji mahoni memiliki efek hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula darah, bahkan lebih baik dibandingkan jenis obat antidiabetes tertentu. Cara mengonsumsi biji mahoni untuk penderita diabetes adalah dengan cara menumbuk biji mahoni sampai menjadi bubuk, lalu disajikan dengan air hangat dan dapat diminum sebelum makan agar menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3 dari 3 halaman

Manfaat Biji Buah Mahoni

Manfaat biji buah mahoni masih memiliki manfaat lainnya. Berikut manfaat biji buah mahoni.

Jaga kesehatan jantung

Ilustrasi Organ JantungIlustrasi Organ Jantung © www.livescience.com

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Translational Medicine menemukan bahwa orang yang mengonsumsi flavonoid yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah mengalami masalah kardiovaskular. Saponin dalam biji mahoni juga meningkatkan kesehatan jantung karena kemampuannya menurunkan kolesterol dan kadar lemak tubuh. Para peneliti percaya bahwa bahan kimia ini menghambat penyerapan kolesterol dengan mengikat dengan garam empedu.

Antioksidan tubuh

Flavonoid juga merupakan agen antioksidan yang kuat. Flavonoid membantu mengatur aktivitas seluler dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Efek antiinflamasi dan antioksidan dari flavonoid juga mendorong penelitian untuk mempelajari potensi mereka sebagai obat antikanker.

Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat biji mahoni juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Biji Mahoni mengandung suatu senyawa yang dapat membantu kelancaran proses metabolisme sehingga buang air besa pun menjadi lebih teratur.

Atasi gangguan tidur

Manfaat Tidur dalam Keadaan TelanjangManfaat Tidur dalam Keadaan Telanjang © © MEN

Saponin dan flavonoid dalam biji mahoni dapat mengatasi masalah tidur seperti insomnia. Kandungan dalam biji mahoni ini dipercaya mampu membuat otot lebih tenang dan rileks sehingga kualitas tidur lebih baik.

Kontrol berat badan

Karena sifat hipoglikemiknya, manfaat biji mahoni menjaga kadar gula darah dalam batas normal dan mencegah lonjakan insulin. Selain itu, mereka menghambat pelepasan lipase, enzim yang memecah lemak makanan. Akibatnya, tubuh akan menyerap lebih sedikit lemak dari makanan. Para ilmuwan percaya bahwa saponin juga dapat menghambat pembentukan jaringan lemak dan menekan nafsu makan.

Atasi alergi

Ilustrasi Kulit GatalIlustrasi Kulit Gatal © pinterest.com

Saponin dalam biji mahoni menunjukkan sifat antimikroba, menjaga tubuh terhadap jamur, bakteri, dan virus. Pada saat yang sama, mereka meningkatkan fungsi kekebalan dengan merangsang produksi sel-T. Saponin dalam biji mahoni bertindak sebagai antihistamin yang mampu melawan alergi.

Meski manfaat biji mahoni telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, ulasan secara ilmiah masih sangat terbatas. Tak banyak penelitian yang dapat membuktikan keamanan penggunaan biji mahoni sebagai obat herbal. Beberapa kasus gangguan hati juga pernah ditemukan pada orang yang mengonsumsi biji mahoni secara berlebihan.

Selain itu, konsumsi saponin dalam jumlah banyak dapat menyebabkan batu empedu. Saponin juga bersifat steroid, di mana penggunaannya yang berlebihan dapat menyebabkan infertilias, gangguan prostat, dan nyeri otot. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar