11 Manfaat Semut Jepang dan Cara Mengkonsumsinya bagi Kesehatan

Reporter : Sofi
Sabtu, 25 Januari 2020 03:00
11 Manfaat Semut Jepang dan Cara Mengkonsumsinya bagi Kesehatan
Sudah pernah manfaat semut jepang? Atau kalian belum mengenal apa itu semut jepang? Simak ulasan berikut mengenai manfaat semut jepang.

Di Indonesia masih banyak ditemui dan dilakukan untuk metode pengobatan tradisional. Tak hanya pengobatan dengan bahan herbal saja, tetapi ada juga penggunaan serangga yang dijadikan sebagai obat. Salah satunya adalah semut jepang yang digunakan sebagai obat dari banyak penyakit.

Jenis serangga yang dikenal dengan istilah semut jepang ini memiliki nama ilmiah Tenebrio molitor. Sesungguhnya bentuk asli dari serangga ini tidak menyerupai semut sungguhan, melainkan tampak seperti kumbang atau kecoa yang sangat kecil. Tak sulit menemukan semut jepang ini, karena kini sudah mulai banyak orang yang berminat untuk melakukan budidaya semut jepang.

Melansir dari kanal Klikdokter, terkait dengan pengobatan menggunakan semut Jepang ini, hingga saat ini sebenarnya masih belum ada penelitian dan laporan uji klinis yang dapat membenarkan khasiat dan manfaat semut Jepang terhadap beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, asam urat, dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh karena itu, pengobatan dengan menggunakan semut jepang ini merupakan suatu jenis metode yang belum pasti karena belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Karenanya, dunia kesehatan juga masih belum dapat memastikan kebenaran kahasiat semut jepang dalam menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes maupun penyakit lainnya.

Dari hal tersebut, kamu dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih semut jepang. Apalagi untuk menjadikan metode pengobatan jenis lainnya untuk mengatasi penyakit tertentu. Tetap selalu konsultasikan ke dokter spesialis kamu sebelum menggunakannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat semut jepang untuk kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Semut Jepang dan Cara Mengkonsumsinya

Ilustrasi Wanita Sehat © Diadona

Untuk mendapatkan manfaat semut jepang ini kamu harus dengan mengkonsumsinya. Apakah mengkonsumsi semut jepang ini langsung dengan memakannya, atau membuatnya sebagai masakan? Berikut adalah manfaat semut jepang dan cara mengkonsumsinya.

Meredakan gejala diabetes

ilustrasi diabetes © Diadona

Manfaat semut jepang yang pertama dan merupakan yang paling populer adalah meredakan gejala diabetes. Penyakit diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah yang disebabkan karena kurang atau tidak adanya hormon insulin yang mengatur gula darah.

Menurunkan kolesterol

Manfaat semut jepang yang dipercaya masyarakat selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah akan sangat berbahaya dan bisa memicu penyakit lainnya seperti serangan jantung hingga stroke.

Selain memerhatikan asupan makanan, konsumsi semut jepang oleh pasien dengan kolesterol tinggi juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan tentunya juga menurunkan risiko penyekit berbagaya lainnya. Konsumsi semut jepang dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Karena diabetes tidak dapat disembuhkan, maka pengobatan dilakukan hanya untuk meredakan gejalanya saja.

Menurunkan tekanan darah

Selain menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, manfaat semut jepang lainnya adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana tekanan pada dinding arteri terlalu tinggi. Hipertensi sering kali tidak menunjukkan gejala dan baru bisa diketahui melalui pemeriksaan tensi darah. Hal ini lah yang membuat pemeriksaan tekanan darah secara rutin penting untuk dilakukan.

Sama halnya seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi juga bisa kumat akibat konsumsi makanan tertentu, sehingga menjaga asupan makanan menjadi sangat penting. Selain itu, tekanan darah tinggi juga merupakan kondisi yang dapat disepelekan karena dapat memicu timbulnya penyakit kardiovaskular.

Mengatasi asam urat

Ilustrasi Asam Urat © Diadona

Manfaat semut jepang selanjutnya adalah dapat mengatasi asam urat. Penyakit asam urat merupakan jenis peradangan sendi yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan pada sendi, yang juga ditandai dengan rasa nyeri yang luar biasa. Asam urat dapat terjadi di bagian sendi manapun di tubuh, namun paling banyak adalah pada jari kaki.

Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit kronis, tetapi masih dapat disembuhkan dan ditekan gejalanya. Masyarakat percaya bahwa salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan cara mengonsumsi semut jepang.

Untuk melihat manfaat semut jepang lebih lengkapnya dan cara mengkonsumsinya kamu bisa melihat di doktersehat.com.

2 dari 3 halaman

Manfaat dan Khasiat Semut Jepang

Jumlah penderita diabetes dan penyakit jantung yang semakin meningkat akhir-akhir ini memunculkan fenomena baru: pengobatan menggunakan semut jepang. Sejumlah lapak online hadir menawarkan serangga ini dengan berbagai pesan manfaat kesehatan. Beberapa media online ikut menulis tentang khasiat semut yang bentuknya unik ini, meski belum ada penelitian klinis tentangnya.

Menurut situs semut-jepang.com, semut jepang ini merupakan salah satu jenis serangga dalam spesies keluarga Tenebrio dan Tribolium (Ordo Coleoptera). Sebutan `Semut Jepang` dipilih agar masyarakat mudah mengingatnya, dan konon kabarnya serangga ini memang berasal dari negeri matahari terbit itu. Namun, tidak ada bukti yang kuat bahwa semut ini memang berasal dari Jepang.

Mengenai manfaat semut jepang ini, situs semut-jepang.com menyebutkan serangga ini berfungsi sebagai obat herbal atau terapi karena bisa menyembuhkan penyakit. Saudara penulis situs yang mengalami stroke kabarnya mulai bisa menggerakkan anggota badan dan turun kadar gula darahnya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Sudah bukan rahasia lagi jika manfaat semut jepang yang utama adalah untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat semut jepang bagi kesehatan.

Mengatasi asam urat

Manfaat semut jepang selanjutnya adalah bisa bantu mengatasi asam urat. Penyakit asam urat merupakan jenis peradangan sendi yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan pada sendi. Selain itu, kondisi asam urat juga ditandai dengan adanya rasa nyeri yang luar biasa. Asam urat dapat terjadi di bagian sendi maupun di tubuh, namun paling banyak adalah pada jari kaki.

Penyakit asam urat sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kronis, tetapi masih dapat disembuhkan dan ditekan gejalanya. Dengan adanya semut Jepang ini, beberapa masyarakat percaya kalau semut jepang bisa menyembuhkan penyakit ini.

Mengobati penyakit liver

Manfaat semut jepang lainnya adalah dipercaya bisa membantu mengobati penyakit liver atau hati. Terdapat beberapa jenis peradangan pada hati mulai dari hepatitis hingga sirosis hati. Penyebab dari masing-masing penyakit inipun juga bermacam-macam, mulai dari infeksi virus hingga konsumsi obat atau alkohol berlebihan.

Di setiap peradangan yang terjadi, akan berpotensi untuk mengganggu fungsi hati dan hal ini dapat berakibat pada kerja organ lainnya di dalam tubuh. Semut jepang dipercaya dapat membantu menurunkan gejala peradangan pada hati tersebut.

Beri Komentar