11 Cara Menghilangkan Perut Buncit secara Alami pada Wanita tanpa Olahraga

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 30 Januari 2020 11:10
11 Cara Menghilangkan Perut Buncit secara Alami pada Wanita tanpa Olahraga
Perut yang buncit nggak bisa kamu sembunyikan. Makanya, yuk intip gimana sih cara menghilangkan perut buncit biar kamu makin oke pakai baju apapun.

Nggak cuman nggak enak dilihat, faktanya, lemak di perut berkaitan erat dengan menurunnya banyak fungsi kesehatan. Lemak perut dapat menyebabkan penyakit serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Ada banyak cara mengecilkan perut secara alami yang bisa kamu lakukan, berbekal kedisiplinan menerapkan gaya hidup tertentu dan kesabaran menunggu hasilnya. Apa saja?

1 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Sebenarnya mengurangi asupan makanan bisa cukup sebagai cara mengecilkan perut secara alami, namun tetap saja kurang optimal kalau tidak mengimbanginya dengan olahraga. Selain itu, olahraga juga membuat tubuh kamu kuat dan membentuk bagian tubuh yang lain.

Meski begitu, patut diketahui kalau nggak ada satupun olahraga yang langsung menargetkan perut kamu. Setiap kamu berolahraga, maka lemak yang terbakar adalah di seluruh tubuh kamu. Jadi dengan asumsi tersbeut, maka olahraga bisa juga sebagai cara mengecilkan perut secara alami.

Berikut olahraga yang bisa untuk mengecilkan perut secara alami.

Berlari di Tanjakan

Alih-alih berlari biasa, coba deh berlari di tanjakan untuk cara mengecilkan perut secara alami yang lebih optimal. Menurut Jill Penfold, pelatih pribadi yang berbasis di Los Angeles, ternyata olahraga berlari di tanjakan bisa membakar kalori 50 persen lebih banyak dibanding berlari biasa.

Mountain Climber

Gerakan ini bisa untuk sebagai cara mengecilkan perut secara alami karena memang berfokus pada otot bagian tersebut. Gerakan ini merupakan gabungan latihan kekuatan iti dan kardio. Kombinasi keduanya bisa membakar kalori lebih cepat dan membantu mengencangkan semua otot tubuh terutama otot perut.

Burpee

Gerakan burpee dapat melatih keseluruhan otot tubuh, yakni dada, bahu, trisep dan paha depan hingga otot perut. Caranya, lakukan posisi berdiri, melompat, jongkok, push up lalu balik lagi ke pose jongkok.

Get up Turki

Gerakan ini disebut yang paling rumit dan menantang, tapi juga bermanfaat banget untuk setiap lemak di tubuh kamu, terutama sebagia cara mengecilkan perut secara alami. Satu kali repetisi bakalan meningkatkan metabolisme tubuh lebih dari yang bisa kamu sadari.

Faktanya, sebuah penelitian dari American College of Sports Medicine menemukan kalau burpee dengan 10 repetisi yang bergerak cepat sama efektifnya dalam meningkatkan metabolisme dengan sprint habis-habisan 30 detik. Dengan begitu, bisa sebagai cara mengecilkan perut secara alami lebih cepat daripada sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut secara Alami bagi Wanita

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona

Perut yang buncit pada wanita biasanya terjadi setelah masa kehamilan. Coba deh cara mengecilkan perut secara alami di bawah ini.

Konsumsi Teh Hijau

Mengapa sih iklan teh hijau selalu menampilkan wanita dengan perut langsing? Itu karena teh hijau memang ampuh sebagai salah satu cara mengecilkan perut secara alami akibat kelebihan berat badan.

Menurut Katherine Zeratsky, R.D.N., L.D, instruktur nutrisi di Mayo Clinic menyebut kalau teh hijau mampu mempercepat laju metabolisme tubuh. Namun, untuk hasil yang maksimal dalam cara mengecilkan perut secara alami, yang utama tetaplah menjaga asupan makanan dan olahraga.

Kurangi Asupan Makanan Manis

Konsumsi makanan manis berarti konsumsi banyak kalori untuk tubuh kamu. Terlebih kalau kamu nggak bergerak atau melakukan sesuatu untuk mengeluarkan energi, maka kalori tersebut menumpuk dan menjadi penyebab kelebihan berat badan dan lemak di perut.

Makanya, mengurangi makanan manis dan berkalori tinggi penting banget sebagai cara menengecilkan perut secara alami.

Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih berarti akan mengurangi kapasitas perut kamu dalam menerima makanan masuk. Itulah kenapa konsumsi air putih menjaid cara mengecilkan perut secara alami.

Air putih dapat membantu meningkatkan metabolisme, membersihkan tubuh dari kotoran dan penekan nafsu makan. Ketiganya berkaitan dengan penurunan berat badan dan sebagai cara mengecilkan perut secara alami.

minum delapan hingga sepuluh gelas air putih setiap hari. Jumlah tersebut dapat membakar 96 kalori/ hari dari tubuh kamu. Kalau kamu rutin melakukannya selama setahun, artinya kamu bisa menghalangi masuknya 27.000 kalori dalam satu tahun. Angka yang lumayan untuk cara mengecilkan perut secara alami, bukan?

 

3 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami tanpa Olahraga

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Diantara cara mengecilkan perut secara alami, diantaranya bisa kamu lakukan dengan mengubah sedikit saja gaya hidupmu.

Banyak Berjalan Kaki

Kalau kamu masih belum punya banyak waktu dan semangat unutk berolahraga sebagai cara mengecilkan perut secara alami, mungkin sebaiknya kamu mencoab dengan banyak berjalan kaki terlebih dahulu.

Kamu bisa mengganti rutinitas naik ojek ke tempat yang dekat, dnegan berjalan kaki. ganti naik lift dengan naik tangga, dan kegiatan lainnya. Berjalan kali selama 20 menit memang nggak akan membakar kalori kamu dalam jumlah yang banyak, tapi anggap saja sebagai permulaan yang bagus sebagai cara mengecilkan perut secara alami.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Konsumsi makanan tinggi serat disebut dapat membantu melawan lemak perut. Dikutip dari healtline, sebuah studi pengamatan di lebih dari 1.100 orang dewasa menemukan bahwa untuk setiap 10 gram peningkatan asupan serat larut, terdapat penurunan lemak perut turun 3,7% selama periode 5 tahun.

Memang sih waktunya lama sekali, tapi lumayan banget kan untuk meningkatkan diet sehat sekaligus sebagai cara mengecilkan perut secara alami.

Hindari Makanan Yang Mengandung Lemak Trans

Apa itu lemak trans? Lemak trans merupakan lemak yang dibuat dengan cara memasukkan hidrgogen sehingga membautnya menjadi bentuk padat. Lemak trans banyak ditemukan di margarin. Lalu, apa hubungannay dengan cara mengecilkan perut secara alami?

Sebuah penelitian terhadap monyet yang makan makanan tinggi lemak trans selama 6 tahun, diketahui punya 33 persen lemak di perut yang lebih banyak dibanding yang tidak. Untuk itu, penting untuk menghindari konsumsi lemak ini sebagai cara mengecilkan perut secara alami, sekaligus menghindari risiko penyakit lainnya.

Makan tinggi Protein

Saat kamu makan makanan yang tinggi protein, maka akan terjadi peningkatakan pelepasan hormon PPY yang berkaitan dengan nafsu makan dan rasa kenyang. Protein juga meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Banyak juga studi yang menyebut kalau orang dengan konsumsi protein tinggi cenderung punya lemak di perut yang lebih sedikit.

Beri Komentar