10 Penyakit pada Sistem Peredaran Darah, Penyebab dan Pencegahannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 20 Februari 2021 15:44
10 Penyakit pada Sistem Peredaran Darah, Penyebab dan Pencegahannya
Penyakit peredaran darah berarti terjadi gangguan pada sistem peredaran darah dari jantung yang membawa oksigen ke seluruh tubuh

Penyakit pada sistem peredaran darah berarti gangguan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Dan keberadaan penyakit tersebut mengganggu proses kompleks pendistribusian darah ke seluruh tubuh.

Sistem peredaran darah pada tubuh manusia terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah ini berfungsi untuk membawa oksigen, nutrisi, elektrolit, dan hormon ke seluruh tubuh. Bila terjadi gangguan, misalnya nih penyumbatan maka bisa menyebabkan komplikasi.

Apa penyebabnya? Beragam, Penyakit peredaran darah bisa terjadi karena genetika hingga gaya hidup. Simak ulasan Diadona berikut ini ya untuk tahu lebih lanjut mengenai ragam penyakit tersebut.

1 dari 3 halaman

Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah

Penyakit Peredaran DarahPenyakit Peredaran Darah © 2021 shutterstock.com/Crevis

Setidaknya ada lebih dari sepuluh jenis penyakit peredaran darah, diantaranya:

Tekanan Darah Tinggi

Arteri yang sempit bakalan mningkatkan retensi. Semakin sempit, maka semakin tinggi tekanan darah. Nah, kalau ini dibiarkan terus, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya penyakit jantung.

Arteri Koroner

Yaitu penyakit peredaran darah di mana terdapat pengerasan dalam pembluh darah tersebut. Penyabbnya karena konsumsi tinggi lemak sehingga terdapat lapisan lemak di pembuluh darah. Lapisan tersebut saling menempel dan mebaut arteri jadi keras.

Serangan Jantung

Serangan jantung adalah penyakit peredaran darah karena terjadi saat suplai darah dari jantung terputus. Penyebabnya mayoritas karena gumpalan darah di saluran tersebut.

Prolaps katup mitral

Katup mitral adalah katup yang memompa darah penuh oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Saat nggak menutup secara merata, maka terjadilah penyakit ini.

Regurgitasi katup mitral

Nah bila katup tersebut nggak menutup sepenuhnya dan menyebabkan kebocoran, maka terjadilah regurgitasi katup mitral. Akibatnya, sebagian darah yang mengandung oksigen mengalir balik ke jantung.

Stenosis mitral

Yaitu penyempitan katup mitral secara nggak normal sehingga darah jadi nggak bisa mengalir dengan lancar

Aritmia dan disritmia

Kedua penyakit peredaran darah ini mengacu pada detak jantung dan ritme yang nggak normal.

Jantung Iskemik

Iskemia jantung berarti otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen untuk berfungsi dengan baik.

Kolesterol Tinggi

Saat tubuh mengakonsumsi banyak kolesterol, kolesterol tersebut bakalan memebntuk lapisan tebal di dalam pembuluh darah yang akan menghalangi aliran darah.

Gagal Jantung

Saat terjadi gagal jantung, jantung nggak bisa memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien. Akibatnya, tubuh jadi ngerasa sering ellah, sesak napas dan juga batuk.

Stroke

Termasuk dalam penyakit peredaran darah, stroke terjadi saat pembuluh darah yang menuju otak mengalami penyumbatan. Ini terjadi karena adanya gumpalan. Apa akibatnya? Alirah darah jadi berhenti dan oksigen nggak bisa masuk ke otak.

2 dari 3 halaman

Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Manusia dan Pencegahannya

Penyakit Peredaran DarahPenyakit Peredaran Darah © 2021 supersmart.com

Banyak penyakit peredaran darah yang sebenarnya terhubung satu dan yang lainnya. Contohnya nih tekanan darah tinggi bisa berpengaruh pada pembuluh darah karena ada tekanan di dindingnya kan. Nah ini bisa menyebabkan masalah peredaran darah lainnya.

Sayangnya sampai saat ini seluruh penyebab penyakit peredaran darah tersebut nggak diketahui penyebabnya. Tapi bukan berarti nggak ada cara yang bsia dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risikonya.


Beberapa faktor risiko dari penyakit peredaran darah yang bisa diubah, antara lain:

  • kurang olahraga
  • obesitas
  • merokok
  • penggunaan alkohol secara berlebihan
  • stres tinggi
  • pola makan yang buruk

Sementara itu faktor risiko yang tak bisa dihindari yakni:

  • Umur
  • Riwayat keluarga pada penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggo
    Pria

3 dari 3 halaman

10 Penyakit Sistem Peredaran Darah dan Kesehatan

Penyakit Peredaran DarahPenyakit Peredaran Darah © 2021 amenclinics.com

Bila diri sendiri atau anggota keluarga merasa memiliki risiko atau merasakan gejala penyakit peredaran darah, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan. Tambahkan pula tips berikut ini:

  • Pertahankan berat badan yang sehat
  • Jangan merokok
  • Olahraga minimal 30 menit sehari
  • Pola makan sehat
  • Hindari konsumsi lemak trans
  • Batasi asupan garam
  • Relaksasi untuk menghilangkan stres

Penyakit peredaran darah sampai saat ini nggak diketahui penyebabnya secara pasti, sehingga tugas kita adalah menjaga pola hidup sehat secara keseluruhan.

 

Beri Komentar