10 Manfaat Daun Katuk untuk Pria, Ibu Hamil dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Selasa, 11 Februari 2020 11:49
10 Manfaat Daun Katuk untuk Pria, Ibu Hamil dan Kesehatan
Masih berpikir jika manfaat daun katuk hanya untuk ibu menyusui? Berikut manfaat daun katuk lainnya yang harus kamu ketahui.

Daun katuk adalah sejenis sayuran yang memiliki nama latin Sauropus adrogynus dan termasuk famili Euphorbiaceae. Manfaat daun katuk yang cukup populer adalah untuk memperlancar dan memproduksi ASI bagi ibu menyusui. Selain bermanfaat untuk melancarkan ASI, daun katuk juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. Daun ini mengadung ragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh.

Daun katuk mengandung vitamin (A,B, dan C), lemak, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor. Selain itu, peneliti juga menemukan daun katuk memiliki kandungan efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat daun katuk yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Katuk bagi Pria

Tidak hanya untuk ibu menyusui, manfaat daun katuk ini juga bisa untuk pria. Berikut manfaat daun katuk bagi pria yang harus kamu ketahui.

ilustrasi pria © Diadona

Meningkatkan vitalitas

Jika manfaat daun katuk yang utama untuk memperlancar ASI pada wanita menyusui, lain halnya dengan manfaat daun katuk bagi pria yang utama adalah untuk meningkatkan vitalitas pria. Para ahli menganjurkan dan merekomendasikan agar pria mengonsumsi daun katuk. Pria bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma dengan mengonsumsi daun katuk. Hal ini bisa terjadi karena daun katuk memiliki kandungan fitokimia.

Meningkatkan produksi sperma

Bagi pasangan yang telah lama menikah dan belum mempunyai anak, mengonsumsi daun katuk sangat dianjurkan. Manfaat daun katuk mempunyai kemampuan untuk mempercepat sperma dan meningkatkan kuantitasnya.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, manfaat daun katuk ini untuk ibu menyusui tapi juga bisa untuk ibu hamil. Berikut manfaat daun katuk tersebut.

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Menjaga kekebalan tubuh ibu dan janin

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk menjaga kekebalan tubuh ibu dan janin. Kolagen yang terkandung dalam daun katuk sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Daun katuk bisa digunakan sebagai pengatur kadar kolestrol dan kesehatan gusi.

Tingkatkan produksi ASI

Manfaat daun katuk bisa meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Kandungan kimia sterol inhalasi memiliki sifat estrogenik, memberikan efek hormonal yang memicu produksi susu. Volume susu setelah mengonsumsi daun katuk bisa meningkat. Senyawa minyak atsiri (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) dipercaya ampuh melembutkan tekstur ASI.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Tidak hanya manfaat daun katuk di atas, manfaat daun katuk juga bisa untuk kesehatan loh. Berikut manfaat daun katuk untuk kesehatan yang harus kamu tahu.

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat daun katuk juga mampu untuk menguatkan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan kalsium tinggi yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, manfaat daun katuk juga dipercaya mampu mencegah osteoporosis dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kesehatan tulang.

Mengobati flu

Manfaat daun katuk untuk kesehatan juga bisa dirasakan untuk mengobati flu. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan efedrin yang sangat baik untuk penderita flu. Lainnya, manfaat daun katuk juga dapat mengatasi gejala penyakit seperti anemia karena kandungan zat besi yang cukup tinggi. Daun katuk juga mengandung efedrin, merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk penderita flu.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Adanya kandungan zat antioksidan tinggi pada daun katuk, menjadikan daun ini dapat sebagai bentuk pertahanan untuk tubuh. Hal ini terbukti karena daun katuk memiliki kemampuan untuk menyembuhkan bisul, menghilangkan darah kotor, serta menyembuhkan demam, dan flu. Kandungan lainnya yang terdapat pada daun katuk seperti vitamin C yang tinggi. Zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh guna meningkatkan ketahanan tubuh, membentuk kolagen, mengangkut lemak, mengatur tingkat kolesterol, menyembuhkan luka, serta meningkatkan fungsi otak agar bekerja maksimal.

Bantu penyembuhan diabetes

Manfaat daun katuk lainnya adalah mampu membantu proses penyembuhan diabetes. Daun katuk memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah manusia. Hal ini telah terbukti oleh penderita diabetes yang mengonsumsi daun katuk. Di mana penderitanya akan mendapatkan indeks glikemik yang rendah daripada tidak mengonsumsi sama sekali.

Sumber vitamin A terbaik

Manfaat daun katuk mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit mata, terutama bagi ibu hamil. Selain itu, daun katuk juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan janin. Bukan cuma itu, manfaat daun katuk juga berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan sel dan menjaga kesehatan reproduksi.

Pembunuh bakteri dan virus

Manfaat daun katuk mengandung klorofil yang tinggi. Zat tersebut berguna untuk menghilangkan parasit, bakteri, dan virus yang ada di jaringan manusia.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Daun Katuk

Kamu tidak boleh terlena dengan segudang manfaat daun katuk, sayuran ini bila konsumsi berlebihan akan berdampak buruk pada paru-paru yang mengakibatkan penyakit bronchiolitis permanen. Maka dari itu, kamu harus membatasi makan daun katuk karena efek samping yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Daun katuk memiliki senyawa papaverina, yang merupakan alkaloid.

Jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan keracunan bahkan kematian. Sebuah penelitian di Taiwan mengatakan konsumsi daun katuk mentah secara berkelanjutan sebanyak 150 miligram per hari selama dua minggu akan menyebabkan sesak napas, kehilangan nafsu makan, dan kesulitan tidur. Akan bermanfaat jika daun katuk direbus sebelum dimakan karena pemanasan dapat menghancurkan sifat anti-protozoa maka racun di daun katuk dapat hilang. Mengonsumsi daun katuk mentah juga tidak dianjurkan.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat daun katuk ini? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar