10 Manfaat Bawang Hitam Tunggal untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Kamis, 20 Februari 2020 12:28
10 Manfaat Bawang Hitam Tunggal untuk Kesehatan
Di balik warnanya yang hitam, manfaat bawang hitam tidak bisa diremehkan. Berikut manfaat bawang hitam yang harus kamu tahu.

Manfaat bawang hitam untuk kesehatan didapat dari hasil fermentasi bawang putih. Di Korea dan Thailand manfaat bawang hitam untuk kesehatan sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Kini popularitas manfaat bawang hitam untuk kesehatan makin meluas ke berbagai negara Asia, bahkan hingga Amerika dan Eropa.

Manfaat bawang hitam untuk kesehatan biasa dikonsumsi secara langsung maupun ditambahkan pada makanan sebagai penyedap. Manfaat bawang hitam untuk kesehatan terletak pada kandungan antioksidan dan nutrisi lain yang jauh lebih besar jumlahnya dari bawang putih biasa. Berikut adalah manfaat bawang hitam yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Putih Hitam

Bawang putih hitam telah ada selama berabad-abad di kawasan Asia. Manfaat bawang hitam sudah digunakan untuk kesehatan sejak dulu. Berikut adalah manfaat bawang hitam yang harus kamu tahu.

Ilustrasi Black GarlicIlustrasi Black Garlic © 2020 https://southwestgarlicfarm.co.uk/

Tingkatkan kekebalan tubuh

Sebuah studi in vitro 2012 mengevaluasi perbedaan antara bawang putih hitam dan efek individu pada fungsi kekebalan tubuh. Tidak hanya menunjukkan sifat antikanker dan antioksidan terkuat, manfaat bawang hitam juga memiliki efek yang lebih kuat pada merangsang kekebalan. Manfaat bawang hitam peningkat kekebalan ini dapat memiliki efek luas pada beberapa aspek kesehatan dan dapat membantu dalam pengobatan berbagai kondisi mulai dari alergi hingga gangguan autoimun dan infeksi akut.

Cegah kanker

Beberapa penelitian yang dikutip dalam ulasan Intechopen pada Februari 2019 mendukung manfaat bawang hitam untuk kesehatan terkait kanker. Makanan fungsional ini telah terbukti menginduksi kematian sel kanker, mencegah metastasis dan menghambat pertumbuhan tumor. Dilansir dari Dr.Axe, sebuah studi in vitro 2014 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih hitam yang sudah berumur dapat membunuh secara efektif dan mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar.

Demikian pula, studi in vitro lain yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Research Practice melaporkan bahwa ekstrak bawang putih hitam yang sudah tua menurunkan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel leukemia. Para peneliti percaya bahwa efek antikanker dari bawang putih tua berasal dari senyawa antioksidannya. Senyawa fenolik, khususnya, secara signifikan lebih tinggi pada bawang putih berumur daripada bawang putih mentah.

Sehatkan jantung

Menurut ulasan pada November 2018 yang diterbitkan dalam Frontiers in Physiology, antioksidan dalam rempah ini mendukung fungsi kardiovaskular dan dapat meningkatkan sirkulasi. Nutrisi ini tampaknya sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner. Seperti yang dicatat oleh para peneliti, bawang putih hitam dapat meningkatkan fungsi jantung dengan meningkatkan kadar antioksidan plasma.

Bumbu ini juga dapat melindungi dari diabetes, faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Dibandingkan dengan bawang putih segar, bawang putih hitam sekitar lima kali lebih tinggi dalam polifenol. Hasilnya, lebih efektif melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menurut ulasan yang ditampilkan dalam Journal of Food and Drug Analysis, bawang putih hitam yang sudah tua dapat meningkatkan lemak darah yang selanjutnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam uji klinis kecil, black garlic meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi konsentrasi lipoprotein aterogenik, penanda risiko penyakit arteri koroner.

Menghilangkan komedo

Tak hanya untuk kesehatan saja, manfaat bawang hitam juga berguna untuk kecantikan. Salah satunya dapat menghilangkan komedo. Caranya, ambil bawang hitam yang telah disiapkan dan haluskan bawang tersebut. Setelah itu oleskan di bagian wajah yang ada komedonya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan

Manfaat bawang hitam untuk kesehatan memang mengesankan. Hal ini karena kandungan bawang hitam yang baik untuk tubuh. Berikut adalah manfaat bawang hitam untuk kesehatan yang harus kamu dapat.

ilustrasi wanita sehatilustrasi wanita sehat © newhope.com

Tingkatkan kesehatan kognitif

Manfaat bawang hitam bagus bagi otak karena efek antiinflamasi, antioksidan, dan neuroprotektif. Dalam uji klinis yang dilaporkan di Intechopen, ditemukan black garlic meningkatkan kinerja memori dan memperlambat penurunan kognitif. Ulasan pada The Journal of Food and Drug Analysis rempah-rempah ini dapat meningkatkan daya ingat karena tingkat antioksidannya yang tinggi.

Antioksidan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif, yang pada gilirannya, dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Studi hewan di Indonesia juga menemukan bahwa manfaat bawang hitam dilindungi terhadap stres oksidatif dan mencegah kerusakan memori setelah pemberian monosodium glutamat atau MSG pada tikus.

Melindungi dari infeksi

Manfaat bawang hitam juga mengandung zat antimikroba, antibiotik, dan antijamur dalam bahan aktif allicin. Zat-zat tersebut berguna untuk membantu meningkatkan metabolisme sehingga melindungi dari infeksi.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat bawang hitam juga memiliki khasiat yang cukup baik untuk menurunkan tekanan darah agar tetap berada di kisaran normal. Kandungan organosulfur dalam bawang hitam dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan aliran darah terhadap dinding arteri menurun. Konsumsi bawang hitam secara rutin sangat baik bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Para penderita hipertensi secara berangsur dapat memiliki tekanan darah yang normal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Hitam Tunggal

Bawang putih tunggal terkenal dengan khasiatnya yang sangat baik untuk tubuh. Bagaimana jika bawang tunggal tersebut difermentasi? Berikut adalah manfaat bawang hitam tunggal yang harus kamu tahu.

Ilustrasi Black Garlic LanangIlustrasi Black Garlic Lanang © 2020 https://reddit.com/

Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan organ penting yang memiliki peran penting terhadap pembuangan racun. Oleh karena itu, hati harus selalu dijaga agar racun-racun dalam tubuh bisa dihancurkan dan dikeluarkan dari tubuh. Mengonsumsi bawang hitam tunggal bisa menjaga kesehatan hati. Pasalnya kandungan zat-zat di dalam bawang hitam akan mengobati kerusakan hati dan meningkatkan metabolisme hati. Manfaat bawang hitam tunggal juga dapat menurunkan kadar lemak di hati.

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti radikal bebas, kondisi kesehatan dan kebiasan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Kondisi ini dapat kamu cegah dengan menjalankan pola hidup sehat. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi bawang hitam.

Menghilangkan bekas luka

Memiliki bekas luka memang sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Untuk mengatasi hal ini kamu bia menggunakan bawang hitam yang dihaluskan. Ambil bawang hitam yang telah kamu siapkan sebelumnya. Setelah itu haluskan dan oleskan pada bekas luka. Lakukan secara rutin hingga bekas luka menghilang dengan sendirinya.

Bagaimana? Mengesankan bukan? Apakah kamu sudah pernah mencoba bawang hitam ini? Semoga manfaat bawang hitam di atas bermanfaat!

Beri Komentar