10 Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan dan Diabetes

Reporter : Sofi
Jumat, 31 Januari 2020 13:52
10 Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan dan Diabetes
Sudah pernah dengar atau tahu tentang bawang dayak? Berikut adalah manfaat bawang dayak yang harus kamu ketahui.

Salah satu jenis bawang ini masih asing di telinga banyak orang. Manfaat bawang dayak sendiri masih belum begitu diketahui banyak orang. Bawang Dayak sendiri merupakan sebuah tanaman yang berasal Kalimantan. Masyarakat Dayak di Kalimantan telah lama membudidayakan tanaman umbi satu ini sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan didapatkan dengan berbagai zat yang dikandungnya. Bentuk bawang dayak cukup mirip dengan bawang merah biasa. Memiliki warna merah pada umbinya, hingga memiliki warna putih sebagai bunganya. Bau yang ada pada bawang ini terlalu kuat dan tidak pedas di mata ketika kamu mengirisnya. Berikut adalah manfaat bawang dayak yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Belum banyak yang tahu mengenai manfaat kesehatan dari bawang dayak ini. Padahal, kamu bisa menggunakannya untuk menyehtakan ginjalmu. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat bawang dayak yang harus kamu ketahui.

Mengontrol tekanan darah

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan yang pertama adalah mengontrol takanan darah. Darah tinggi atau hipertensi tentunya merupakan suatu penyakit yang cukup umum diderita banyak orang. Apalagi penyakit satu ini merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya.

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan berkaitan dengan kandungan senyawa asilin yang dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini membuktikan bahwa bawang dayak dapat mengatasi berbagai penyakit, termasuk penyakit-penyakit berat sekalipun.

Antikanker

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai antikanker. Hal ini berkat kandungan senyawa naphtokuinones yang terkandung dalam bawang dayak ini. Senyawa ini, jika dikombinasikan dengan senyawa-senyawa lain dapat menjadi agen antikanker dan menurunkan kadar sel cyclin-E, sehingga dapat membuat sel kanker menjadi mati. Namun tentunya sebelum kamu menggunakannya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi penyakitmu nantinya.

Mencegah penyakit jantung

Masih berkaitan dengan senyawa yang dikandungnya, salah satu manfaat bawang dayak bagi kesehatan adalah dapat mencegah penyakit jantung. Senyawa yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung ini bernama senyawa fenolik. Tentunya hal ini akan sangat membantu bagi para penderita penyakit jantung, karena penyakit ini telah merenggut banyak sekali nyawa orang dari berbagai belahan dunia.

Menyehatkan ginjal

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menyehatkan ginjal. Dijelaskan bahwa, ekstrak bawang dayak bersifat diuretik dan mampu menurunkan kadar kalsium serta pH urine sehingga dapat memudahkan penghancuran dan pengeluaran batu ginjal.

2 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Dayak untuk Diabetes

ilustrasi diabetes © Diadona

Manfaat bawang dayak bisa untukdiabetes. Hal ini tidak terlepas dari kandungan berbagai senyawa seperti flavonoid, glikosida, alkaloid, dan juga saponin yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Manfaat bawang Dayak bisa diperoleh dengan mengonsumsi dalam keadaan segar untuk pengobatan. Dengan menyiapkan 3-4 bawang dayak yang telah dicuci bersih, lalu diiris tipis dan direbus dengan 1 gelas air mendidih (200 ml). Biarkan mendidih, lalu taruh gelas. Kamu dapat minum air rebusan ini selagi hangat untuk 2-3 kali sehari.

3 dari 3 halaman

Apa Manfaat Bawang Dayak

Ilustrasi Bawang Dayak © Diadona

Dalam mengonsumsi bawang dayak ini untuk mendapatkan manfaatnya kamu dapat merebusnya dan meminum air rebusannya, mengeringkannya terlebih dahulu untuk jangka panjang, membuatnya dalam bentuk bubuk, mengonsumsinya dalam bentuk kapsul,
meminumnya dari kemasan instant, atau bahkan dibuatnya manisan. Banyak cara untuk mengonsumsi bawang dayak ini untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut manfaat bawang dayak yang dapat kamu dapat jika mengonsumsinya.

Mengobati sakit perut dan flu

Manfaat bawang dayak berikutnya adalah dapat mengobati sakit perut. Hal ini didapatkan karena kandungan tanin yang dikandung oleh bawang dayak. Berkat kandungan tanin ini, bawang dayak dapat digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi sakit perut.

Tanin mampu mengurangi gas di saluran pencernaan, meredakan perut kembung hingga mengatasi masalah konstipasi atau sembelit. Jadi kamu bisa memakai bawang merah saat kamu sedang mengalami sakit perut. Selain itu, bawang dayak sudah lama digunakan oleh orang dayak sebagai obat untuk mengatasi flu. Kandungan glikosida yang terdapat dalam bawang dayak merupakan penyebab utama bawang dayak dapat mengayasi flu, hingga menurunkan demam.

Menangkal radikal bebas

Seperti yang telah diketahui. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit seperti penyakit kanker hingga penyakit jantung. Bawang dayak memiliki kandungan antosianin yang berfungsi untuk menangkal adanya radikal bebas.

Antosianin ini pulalaha yang menyebabkan warna merah alami pada umbi bawang dayak. Dengan semakin berkurangnya radikal bebas yang ada di dalam tubuh, maka tentunya akan semakin berkurang pula risiko terkena kanker, penyakit jantung, serta penyakit-penyakit lainnya.

Anti bakteri

Bakteri dan berbagai macam mikroorganisme lainnya merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit menyerang tubuh seseorang. Hal ini hanya bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Ternyata, salah satu manfaat bawang dayak bagi kesehatan ada sebagai agen anti bakteri.

Membantu mencerahkan kulit

Selain itu, ternyata bawang dayak juga dapat mencerahkan kulit. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki kulit wajah yang cerah. Bawang dayak mampu bertindak sebagai antimelanogenesis yang dapat mencegah timbulnya bintik-bintik hitam di wajah sekaligus mencerahkan kulit.

Melindungi sistem reproduksi wanita

Ilustrasi Tanda Peace © Diadona

Flavanoid dan saponin di dalam bawang dayak memiliki peran besar untuk melindungi sistem reproduksi wanita. Khasiat bawang dayak untuk wanita, di antaranya untuk mencegah keputihan, siklus menstruasi yang teratur, dan mengurangi dismenore (kram menstruasi).

Begitu banyak manfaat bawang dayak bagi kesehatan tentunya harus diikuti dengan pola hidup sehat dan konsultasi dengan dokter terkait penggunaannya. Hal ini dilakukan karena manfaat bawang dayak bagi kesehatan ini mungkin saja memiliki manfaat yang berbeda-beda pada setiap orang. Dalam menjaga kesehatanmu, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang benat-benar tahu, agar risiko-risiko berbahaya nantinya tidak terjadi. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar