Untuk Para Gamers, Berikut 7 Cara Memaksimalkan PC Windows Buat Gaming

Reporter : Yoyok
Sabtu, 13 Maret 2021 18:50
Untuk Para Gamers, Berikut 7 Cara Memaksimalkan PC Windows Buat Gaming
Dijamin pengalaman nge-game kamu jadi makin seru deh

Game bisa menjadi salah satu pelepas penat buat kamu dari kerjaan ataupun masalah lain. Tidak heran jika banyak orang akan memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki untuk bermain game.

Seperti menabung, beli konsol, ataupun memanfaatkan PC yang nanggung untuk bermain game. Untuk yang terakhir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan PC Windows dalam bermain game.

Dikutip dari Merdeka, berikut ini tujuh cara mengoptimalkan PC Windows untuk bermain game biar makin lancar.

1 dari 8 halaman

Pastikan Performa Prosesor dan Kartu Grafis

Ilustrasi Komputer © Diadona

Performa prosesor dan juga kartu grafis sebuah PC tentu sangat penting untuk bermain game. Hal ini dikarenakan prosesor merupakan otak penentu kinerja game, serta kartu grafis akan berpengaruh ke apa yangg ditampilkan di layar.

Untuk memberikan pengalaman gamin terbaik, gunakan prosesor, baik Intel maupun AMD keluaran terbaru. Untuk kartu grafis, GPU Nvidia dengan kapasitas 8 GB sudah mampu menangani game saat ini.

Gak cuma itu, kamu juga perlu memperbarui driver grafis menggunakan Device Manager di Windows agar CPU berjalan dengan baik. Caranya yaitu dengan buka Device Manager, pilih Display Adapters dan pilih Update Driver.

2 dari 8 halaman

Pakai Kabel LAN daripada Wifi

Ketika bermain game, terdapat konsep yang disebut 'ping' yang merupakan sebuah latensi. Ping mnerupakan waktu yang dibutuhkan data untuk dikirim dari PC ke server internet, lalu kembali ke PC. Makin rendah latensi, maka makin baik.

Salah satu cara membuat latensi jadi serendah mungkin yaitu dengan menggunakan kabel LAN ke PC. Hal ini dikarenakan Wifi memiliki latensi yang lebih tinggi dan membuat game online jadi kurang maksimal.

3 dari 8 halaman

Mute Notifikasi

Ilustrasi Gamer © Diadona

Notifikasi email, WhatsApp Web, atau yang lain dapat mengganggu kamu dalam bermain game, baik secara visual maupun audio. Terlebih lagi, notifikasi juga dapat menghambat kinerja PC kamu. Maka dari itu, melalui setting PC, kamu bisa lho mematikan notifikasi.

4 dari 8 halaman

Matikan Sticky and Toggle

Keyboard dan mouse merupakan pengganti joysstick di konsol. Walaupun begitu, keyboard dan mouse inilah yang membuat nilai lebih pada sebuah game PC.

Tetapi, sering kali tombol-tombol pada keyboard rawan kepencet tanpa sengaja, dan membuat beberapa task muncul. Contohnya seperti sticky keys yang muncul ketika sombol shift ditekan lima kali. Kamu bisa mematikan fitur ini di pengaturan Windows.

5 dari 8 halaman

Hidupkan Power Options

Ilustrasi Gamer © Diadona

Untuk kamu player laptop,selalu gunakan Power Options untuk mengatur daya tertinggi. Hal ini akan membuat tampilan layar berada di titik paling cerah, dan tidak akan terganggu kondisi baterai.

Tapi, jangan lupa untuk menghubungkan charger laptop untuk tetap terkoneksi dengan listrik setiap saat agar baterai tidak habis di tengah permainan.

6 dari 8 halaman

Close Program yang Tidak Dibutuhkan

Sebelum bermain game, pastikan tidak ada lain yang berjalan sehingga performa PC bakal lebih terfokus untuk gaming. Untuk memastikannya, tekan Ctrl + Alt + Del, lalu pilih Task Manager, lalu klik kanan di program yang tak dibutuhkan untuk dilakukan End Task.

7 dari 8 halaman

Atur Setting Game

Ilustrasi Gamer © Diadona

PC Windows biasanya mengkonfigurasi secara langsung pengaturan grafis terbaik. Tapi, kamu bisa meningkatkan kinerja PC dengan mengorbankan sedikit kemampuan grafis. Dengan begini, kamu bisa mengubah pengaturan grafis secara manual jadi resolusi yang lebih rendah.

Beri Komentar