Pemerintah India Rilis Chip Bebas Radiasi yang Terbuat dari Kotoran Sapi

Reporter : Yoyok
Sabtu, 17 Oktober 2020 12:50
Pemerintah India Rilis Chip Bebas Radiasi yang Terbuat dari Kotoran Sapi
Katanya, kalau handphone kamu memnggunakan chip ini, handphone-mu bakal anti radiasi lho

Handphone merupakan salah satu barang kebutuhan pokok yang dimiliki banyak orang. Kebutuhan akan handphone di era modern ini memang sangat tinggi, mengingat sekrang apa-apa sudah menggunakan teknologi dan internet.

Namun, ada satu kelemehan handphone yang dapat mengganggu kesehatan kita. Kelemahan tersebut adalah radiasi yang dipancarkan handphone dapat mengganggu kesehatan kita.

Untuk mengatasi hal itu, pemerintah India mengeluarkan terobosan yang terbilang nyeleneh. Pemerintah India telah merilis sebuah chip bebas radiasi yang terbuat dari kotoran sapi. Ya benar, kotoran sapi, benda yang keluar dari bagian belakang hewan mamalai tersebut.

1 dari 5 halaman

Chip Kotoran Sapi

Dikutip dari Oddity Central, Vallabhbhai Kathiria, ketua badan federal di bidang peternakan India, menggemparkan negaranya dengan terobosan yang telah ia umumkan. Vallabhbhai telah mempromosikan sebuah chip yang terbuat dari kotoran sapi dan dijamin baik untuk kesehatan.

Masalah kesehatan yang dimaksud adalah chip tersebut diklaim bebas akan radiasi jika digunakan. Seperti kita tahu, radiasi memang memilik dampak buruk terhadap tubuh kita.

Chip Kotoran Sapi © Diadona

2 dari 5 halaman

Gausatva Kavach

Chip tersebut dinamakan Gausatva Kavach. Chip yang terbuat dari kotoran sapi ini dibuat di Shrijee Gaushala (tempat penampungan sapi) yang berada di Rajkot. Chip ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk mempromosikan produk olahan kotoran sapi.

Chip tersebut dibanderol dengan harga 0,7 Dollar atau setara dengan Rp 10.000 sampai dengan 1,4 Dollar atau sekitar Rp 20.000.

3 dari 5 halaman

Produksi Massal

Melalui Rasthriya Kamdhenu Aayoghe (RKA), badan federal India di bidang peternakan, Pemerintah India menginginkan chip kotoran sapi mereka laku di pasaran, dan juga ingin menjual produk mereka sampai ke luar negeri, termasuk Amerika Serikat.

" Kotoran sapi itu anti radiasi. Jika kamu membeli ini (chip) dan memasngnya di handphone-mu, maka gadget-mu tersebut akan bebas radiasi. Kamu bisa menguji keefektifannya di laboratorium mana pun," ucap Vallabhbhai Kathiria dalam konferensi pers.

4 dari 5 halaman

Diragukan Efektivitasnya

Namun, para ilmuwan sebenarnya mempermasalahkan pernyataan dari Vallabhbhai tersebut. Banyak yang meragukan chip kotoran sapi buatan pemerintah tersebut bakal dapat menyerap radiasi dari handphone.

Di India, banyak orang Hindu yang mempercayai bahwa berbagai produk yang dihasilkan sapi memiliki manfaat kesehatan dan juga kesejahteraan. Namun, sebagian besar mitos tersebut masih belum terbukti secara sains modern, sama halnya dengan chip kotoran sapi yang katanya bebas radiasi ini.

Ilustrasi sapi © Diadona

Beri Komentar