Luncurkan Messenger Kids, Usaha Facebook Sediakan Platform Ramah Anak

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 25 April 2020 08:40
Luncurkan Messenger Kids, Usaha Facebook Sediakan Platform Ramah Anak
Fitur messenger yang cocok dan aman untuk anak-anak telah hadir!

Jejaring sosial Facebook baru saja mengumumkan kehadiran platform messenger barunya, Messenger Kids, di Indonesia. Sesuai penamaannya, plaform ini akan digunakan sebagai sarana chatting dan video call untuk anak-anak.

Karena peruntukannya yang dikhususkan bagi anak, Facebook sudah membekalinya dengan sejumlah fitur untuk melindungi keamanan dan privasi data pengguna.

"Kami ingin membantu anak-anak terhubung dengan orang-orang terdekatnya lewat teknologi yang menyenangkan dan tentu saja aman," tutur Director of Product Management Facebook Morgan Brown, seperti dikutip dari Liputan6.com.

1 dari 3 halaman

Demi keamanan dan kenyamanan tersebut, pihak Facebook telah bekerja sama dengan orang tua, organisasi di bidang orang tua dan anak, advokat keamanan dan privasi anak, serta pakar perkembangan anak.

Dijelaskan pula oleh Morgan bahwa Messenger Kids memungkinkan orang tua untuk tetap mengawasi aktivitas anak selama online. Tidak hanya itu, list kontak dan foto atau video yang dibagikan pun juga bisa diketahui oleh orang tua.

" Para orang tua dapat mengelola dan meninjau aktivitas mereka lewat Parent Dashboard di aplikasi Facebook," jelas Morgan.

" Orang tua juga bisa menghapus atau melaporkan video maupun foto yang dianggap kurang pantas."

2 dari 3 halaman

Perusahaan Facebook juga menjamin data privasi anak tidak akan tersebar. Langkah nyatanya adalah dengan tidak menyertakan iklan dalam aplikasi.

Di sisi lain, Facebook menyertakan firut edukasi sederhana bagi anak-anak untuk mengetahui jenis informasi apa saja mengenai mereka yang dapat dilihat orang lain, seperti nama atau foto.

" Dengan cara ini, mereka akan mendapatkan edukasi cara kerja aplikasi ini," tutur Morgan.

3 dari 3 halaman

Pandemi corona menjadi salah satu poin yang memancing munculnya layanan Messenger Kids ini, terlebih karena mayoritas fungsi sekolah yang diubah menjadi jarak jauh. Diharapkan, Messenger Kids bisa menjawab kebutuhan tersebut.

" Dengan situasi pandemi saat ini, kebutuhan itu meningkat. Akhirnya, Facebook memutuskan untuk menghadirkan Messenger Kids ke beberapa negara, termasuk Indonesia," ujar Morgan.

Berita bagus nih untuk para orang tua yang lagi bingung memilih platform messenger untuk anak. Messenger Kids dari Facebook bisa banget jadi alternatif.

Beri Komentar