5 Cara Membuat Garis di Word dengan Cepat dan Mudah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 14 Oktober 2022 06:52
5 Cara Membuat Garis di Word dengan Cepat dan Mudah
Microsoft Word sebagai aplikasi yang dapat membantu mengelola dokumen. Menggunakannya kadang memang gampang-gampang susah. Jika kamu masi kesulitan, berikut cara membuat garis di word dengan mudah.

Word merupakan aplikasi yang biasa digunakan dalam berbagai kebutuhan kerja, belajar dan lain sebagainya. Kamu perlu latihan agar terbiasa dan juga perlu pengetahuan tentang berbagai fitur yang ada di dalamnya. Artikel ini akan membahas cara membuat garis di word untuk membantu kamu mengerjakan tugas.

Fitur yang tersedia pun sangat lengkap, dimana fitur tersebut dapat memfasilitasi berbagai hal yang kamu butuhkan saat mengelola dokumen. Salah satunya adalah dalam masalah membuat garis horizontal yang seringkali dibubuhkan di bawah kop surat, sub judul, judul dokumen, dan lain sebagainya. 

Terdapat berbagai cara dan trik dari yang cukup kompleks sampai yang sederhana untuk membubuhkan garis horizontal dalam dokumen yang kamu miliki loh. Berbagai cara ini dapat menghasilkan garis horizontal yang berbeda-beda, misalnya dibubuhkan merentang selebar dokumen, di bagian tertentu pada kalimat yang diinginkan, dan lain sebagainya. Jadi kamu bisa memilih berbagai macam garis horizontal sesuai kebutuhanmu. Oleh karena itu, simak cara menambahkan garis di word sebagai berikut.

Berikut cara membuat garis di Word

 

1 dari 5 halaman

Cara membuat garis di word dengan format karakter di keyboard + enter

Cara pertama untuk membuat garis di word sangat gampang. Kamu bisa menggunakan karakter di keyboard. Hal ini karena Microsoft Word memiliki fitur AutoFormat yang dapat secara otomatis menampilkan garis horizontal setelah kamu mengetik karakter tertentu sebanyak tiga kali lalu tekan enter di dokumenmu. Karakter tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tanda minus (-) diketik 3 kali (—) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis tipis horizontal

  • Tanda sama dengan (=) diketik 3 kali (===) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis horizontal ganda

  • Tanda underscore (_) diketik 3 kali (___) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis horizontal yang cukup tebal

  • Tanda bintang (*) diketik 3 kali (***) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis horizontal putus-putus yang tebal

  • Tanda pagar (#) diketik 3 kali (###) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah 3 garis horizontal, yang mana garis di tengah cukup tebal

  • Tanda cacing (~) diketik 3 kali (~~~) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis horizontal bergelombang  

 

2 dari 5 halaman

Cara membuat garis di word dengan icon underline

Cara membuat garis di word dengan icon underline © Diadona

Garis yang dihasilkan dengan cara ini juga kurang lebih sama, hanya saja langkah-langkahnya dengan menggunakan icon yang terdapat di tampilan aplikasi word. Sebelum memasuki berbagai langkah yang akan dijelaskan, kamu perlu memastikan terlebih dulu bahwa tab home word anda aktif. 

  • Klik tulisan home.

  • Di bawah font, klik tanda panah kecil di icon bertanda huruf U dengan garis dibawahnya; 

  • Pilih berbagai jenis underline yang kamu inginkan.

 

3 dari 5 halaman

Cara membuat garis di word dengan bottom border

Cara membuat garis di word dengan bottom border © Diadona

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol Bottom Border. Hal ini akan membuat garis horizontal atau garis bawah yang merentang dari kiri ke kanan selebar dokumen Microsoft Word meskipun hanya menyorot atau menyeleksi teks yang pendek.

  • Pastikan tab Home aktif, di kelompok Paragraph. 

  • Klik anak panah pada tombol Border.

  • Kemudian pilih Bottom Border. 

 

4 dari 5 halaman

Cara membuat garis di word menggunakan shape line

Cara membuat garis di word menggunakan shape line © Diadona

Cara lain membuat garis horizontal atau garis bawah adalah dengan menggunakan shape Line yang dikutip dari termasmedia.com.

  1. Pastikan tab Insert yang aktif.

  2. Di kelompok illustrations, klik tombol Shapes. 

  3. Di kelompok Lines, Klik tombol Line.

 

5 dari 5 halaman

Cara membuat garis di word menggunakan pintasan keyboard

Untuk membuat garis horizontal atau garis bawah (underline) pada teks, Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) Ctrl + U. Sorot atau seleksi teks yang ingin diberi garis horizontal atau garis bawah dan kemudian tekan tombol keyboard Ctrl + U secara bersama-sama.

Beberapa cara membuat garis di word tadi bisa kamu coba jika mengalami kendala dalam pembuatan garis. Selamat mencoba!

Penulis: Agung Brahma Wikara

Baca Juga: Cara Membuat Tabel di Word Lengkap dengan Pengaturannya Microsoft Designer Resmi Rlis, Aplikasi Desain yang Bakal Saingi Canva Nih! 4 Cara Membuat Bot Telegram yang Mudah, Bantu Kamu Monitoring Perangkat & Jaringan WhatsApp Bisnis Premium Mulai Diluncurkan, Fitur Baru Apa Saja yang Bisa Didapat? Cara Membuat Instagram Pribadi serta Bisnis, Shop, dan Ads di HP atau Laptop

Beri Komentar