Bener Gak sih Hujan Bikin Koneksi Internet Lemot?

Reporter : Yoyok
Selasa, 15 Desember 2020 12:50
Bener Gak sih Hujan Bikin Koneksi Internet Lemot?
Apalagi koneksi internet di handphone, katanya lemot banget gaes

Internet sudah menjadi kebutuhan kasat mata yang kini semua orang gunakan. karena dengan internet, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, bisa digunakan untuk sekolah maupun bekerja.

Apa jadinya jika koneksi internet yang sedang kita gunakan tiba-tiba menjadi lambat atau lemot? Pastinya bikin kita jengkel dan kesal dong.

Kata orang, koneksi internet bakal lemot kalau sedang hujan. Bener gak sih ini gaes?

1 dari 5 halaman

Bener Gak ya?

Ternyata hal itu benar adanya. Koneksi internet akan menjadi lemot saat terjadi hujan.

Kenapa hal ini bisa terjadi ya? Ternyata ada beberapa faktor yang membuat koneksi internet jadi melambat saat terjadi hujan.

Ilustrasi Smartphone © Diadona

2 dari 5 halaman

BTS

Seperti kita tahu, sinyal pastinya dipancarkan oleh menara BTS, apapun provider-nya. BTS adalah bas Transceiver Station atau kita kenal sebagai menara pemancar sinyal.

Kuat lemahnya sinyal handphone kita ditentukan oleh pancaran BTS ini.Jika BTS memancarkan sinyal yang kuat, maka koneksi internet akan cepat. Sedangkan jika sinyal yang dipancarkan lemah, maka koneksi internet akan lambat atau lemot.

3 dari 5 halaman

Menabrak Gelombang

Lalu bagaimana hujan bisa mempengaruhi sinyal yang dipancarkan BTS ini? Hujan yang turun dari langit bisa menabrak gelombang sinyal yang dipancarkan BTS.

Hal ini membuat arah jalan gelombang sinyal jadi menyebar dan tidak beraturan. Karena hal ini, gelombang sinyal yang dipancarkan BTS akan lama sampai ke handphone kita.

Selain ditabrak oleh hujan dan bikin berantakan, uap air juga bisa menyerap pancaran sinyal yang dipancarkan BTS ke handphone kita.

4 dari 5 halaman

Hujan Angin

Apalagi jika terjadi hujan disertai angin, sinyal akan jadi sangat lemah karena arah jalan gelombang sinyal semakin berantakan atau menyebar tertiup angin. Angin yang kuat juga bia menggeser kabel atau antena BTS.

Jadi, kalau sedang hujan disertai angin terjadi, tunda dulu deh untuk Youtube-an. Karena pastinya video kamu akan buffering lama.

Beri Komentar