10 Program Aplikasi Pengolah Kata Lengkap dengan Fungsinya

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 11 Februari 2021 09:36
10 Program Aplikasi Pengolah Kata Lengkap dengan Fungsinya
Ada banyak sekali aplikasi pengolaj kata, tinggal sesuaikan aja dengan kebutuhan kamu hehehe~

Program aplikasi pengolah kata adalah sala satu tools yang menjadi kebutuhan cukup penting di zaman digital saat ini. Pasalnya, banyak hal yang harus dilakukan dan bahkan bisa diselesaikan dengan praktis menggunakan alat atau aplikasi ini.

Umumnya, program aplikasi pengolah kata ini banyakk diganakan di ranah seperti pembuatan artikel, laporan, proposal, dan lain-lain. BAnyak sekali aplikasi yang bisa digunakan dalam hal ini yang pastinya bisa dipiloh sesuai kebutuhan dan kemampuna penggunanya.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan program aplikasi pengolah kata itu? Jadi ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pekerjaan pengolahan kata atau dokumen. Nah, berikut ini adalah beberap aplikasi pengolah kata yang bisa digunakan, tinggal pilih sesuai kebutuhan.

1 dari 6 halaman

1. Microsoft Word

Aplikasi Pengolah Kata © Diadona

Kita semua pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Microsoft Word adalah salah satu software yang dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan aplikasi pengolah kata terbaik.

Fitur yang ada di dalam Microsoft Word ini sangat ramah penggunan dan sederhana. Bahkan, Microsoft Word bisa digunakan untuk memenuhi proses pembuatan dokumen dengan menggunakan template yang telah disajikan.

2. Lotus Word Pro

Lotus Word Pro ini juga menjadi alternatif terbanyak digunakan setelah Microsoft Word. Aplikasi yang dikembangkan oleh IBM ini tampilan serta konsep yang lebih simple dan sederhana.

Lotus Word Pro ini juga mempunyai kelebihan khusus seperti melakukan pergantian file dengan file dari Microsoft Word.

2 dari 6 halaman

3. Notepad

Aplikasi Pengolah Kata © Diadona

Notepad ini adalah aplikasi bawaan untuk PC atau laptop yang menggunakan windows. Aplikasi bisa terbilang sangat sederhana, bahkan fitur yang dimiliki jaug dari Microsoft Word ataupun Lotus Word Pro.

Tapi, dengan aplikasi ini kita bisa menetralkan semua format yang terdapat pada program aplikasi pengolah kata lainnya.

4. WPS Writer

Tampilan dari WPS Writer ini sangat mirip dengan Microsoft Word. Jadi, yang sudah akrab dengan Microsoft Word akan cepat paham dengan aplikasi ini.

Oh iya aplikasi ini sangat cocok digunakan di ponsel Andorid fiturnya yang beragam dan ukurannya yang ringan.

3 dari 6 halaman

5. StarOffice Writer

StarOffice Writer ini adalah aplikasi pengolah kata yang bisa digunakan dalam pelbagai basis program seperti Windows, Linux, dan Solaris. Aplikasi pengolah kata yang satu ini cukup mirip dengan aplikasi Microsoft Word.

Hanya saja yang membedakannya terletak di eksetensi file yang dikerjakan. Jika Word memakai ekstensi .docx maka StarOffice memakai file ekstensi .odt.

6. AbiWord

Aplikasi AbiWord ini cocok untuk PC yang mempunyai memori kecil. Pasalnya, aplikasi pengolah kata yang satu ini ukurannya sangat kecil dan gratis pula pengunduhannya.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi yang dikembangkan oleh AbiSource adalah undo dan redo yang unlimited. Selain itu aplikasi ini memiliki fitur spell checker, sehingga dokumen akan terbebas dari typo.

4 dari 6 halaman

7. Corel Word Perfect

Aplikasi Pengolah Kata © Diadona

Seperti namanya, aplikasi pengolah kata ini dikembangkan oleh Corel. Aplikasi ini juga memiliki fitur canggir seperti bisa mengedit file PDF tanpa harus mengubah formatnya. Aplikasi ini juga bisa memproses file yang dihasilkan oleh software pengolah kata lain.

Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis. Kita hanya bisa mencoba trial-nya selama 30 hari, setelah itu akan dikenakan biaya jika ingin melanjutkan penggunaannya.

8. OpenOffice Writer

OpenOffice Writer ini hampir sangat mirip dengan Microsoft Word. Hanya saja, OpenOffice Writer hadir dengan lisensi GPL atau General Public Lisensi. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang terbilang lengkap dan dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, Solaris, dan Mac OS.

5 dari 6 halaman

9. Google Docs Suite

Google Docs ini adalah aplikasi pengolah kata miliki Google yang dirilis pada tahun 2017. Fitur yang dimiliki aplikasi ini cukup sederhana, hanya saja kita harus tersambung ke jaringan internet jika ingin menggunakan aplikasi ini

10. Atlantis Word processor

Ini adalah aplikasi pengolah kata yang kaya fitur dan juga ramah pengguna. Program aplikasi yang satu ini dapat mendukung berbagai macam tipe file dengan beragam format dokumen sebagai contoh format .docx, .cod, .rtf, dan .txt.

Nah, itulah beberapa aplikasi pengolah kata yang bisa kita gunakan untuk menunjang pekerjaan ataupun keperluan kita dalam mengolah kata ataupun dokumen secara digital. Yang tinggal dicocokan dengan kebutuhan dan kemampuan kita saja.

Beri Komentar