Yuk Lihat 7 Jenis Sup dari Berbagai Negara, Beda Banget Lho Sama di Indonesia

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 24 Maret 2020 14:00
Yuk Lihat 7 Jenis Sup dari Berbagai Negara, Beda Banget Lho Sama di Indonesia
Dari Asia hingga Eropa, yuk simak perbedaanya.

Jika di Indonesia, Sup biasanya terdiri dari campuran daging, wortel, buncis, dan irisan kentang serta sayuran lainnya kemudian dimasak dalam kuah kaldu. Biasanya sajian ini disajikan bersama ayam goreng, sambal, perkedel, dan nggak lengkap kalau nggak pakai nasi dong.

Nah, ternyata di negara lain juga memiliki menu yang sama lho. Namanya juga sup, tetapi tentu dengan bahan dan cara penyajian yang berbeda. Apa aja sih itu? yuk kita simak.

1 dari 7 halaman

1. Sukiyaki Jepang

Sukiyaki © Diadona

Sukiyaki adalah sup asal Jepang yang terdiri dari isian seperti potongan daging sapi, jamur shitake, jamur enoki, dan daun bawang yang dierebus dengan kuah bercita rasa manis. Kuah manis tersebut berasal dari campuran kecap khas Jepang, gula dan sake manis yang dimasak hingga mendidih. Biasanya ada tambahan telur, dan bawang bombay untuk memperkaya rasa dan tekstur.

2 dari 7 halaman

2. Kimlo, Cina

Kimlo © Diadona

Sup Kimlo berasal dari Cina. Kalau dilihat seperti sayur sup di Indonesia, tap bedanya, kimlo memiliki isian sup yang lebih melimpah. Kimlo berisi kembang tahu, bakso ikan, udang, kembang kol, wortel, soun, hingga jamur kuping. Kimlo biasanya disajikan dengan kecap asin, rajangan cabai rawit dan nasi. Kalau yang ini hampir mirip Indonesia banget ya.

3 dari 7 halaman

3. Khao Soi, Thailand

Khao Soi © Diadona

Kalau Thailand terkenal dengan Tom Yamnya, ternyata Negera ini juga punya olahan sup lain bernama Khao Soi. Olahan ini berisi kerupuk mi, acar kubis, bawang merah, jeruk nipis, bubuk cabai kering, dan daging yang disiram dengan kuah kari kuning. Khao Soi kerap disantap dengan potongan cabai merah segar, daun ruku-ruku dan nasi hangat.

4 dari 7 halaman

4. Solyanka Rusia

Solyanka © Diadona

Solyanka berasal dari Rusia. Sup ini terbuat dari daging, sayuran dan jamur yang dimasak bersama kuah kental segar. Kuah Solyanka terbuat dari campuran kubis, minyak zaitun, lemon, tomat, acara, dan mentimun yang dihaluskan dan dimasak hingga matang. Daging yang digunakan bisa ayam, sapi, dan juga ikan.

5 dari 7 halaman

5. Bouillabaisse, Prancis

Bouillabaisse © Diadona

Prancis juga memiliki sup yang nggak kalah lezatnya lho. Sup ini bernama Boullabaisse yang terbuat dari campuran kerang, saffron, fennel, tomat dan bawang putih yang dimasak dalam kuah kaldu ikan. Orang Prancis menikmati ini bersama sepotong roti panggang yang lembut.

6 dari 7 halaman

6. Birria, Meksiko

Birria © Diadona

Birria adalah sup tradisional asal Meksiko yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan kuah merah. Warna merah ini dari campuran pasta tomat yang dimasak dengan bumbu rempah. Selain itu, ada tambahan bawang bombay dan rajangan daun seledri ditambahkan untuk menambah cita rasa.

7 dari 7 halaman

7. Pfannkuchensuppe, Jerman

Pfannkuchensuppe © Diadona

Pfannkuchensuppe adalah sup asal Jerman. Kalau kamu kira ini adalah sup yang isinya irisan telur kamu salah dong. Sup ini terdiri dari irisan pancake yang disiram denga kuah kaldu gurih. Perpaduan irisan pancake yang lembut dan gurihnya kaldu memberikan cita rasa yang unik dan berbeda. Sup ini cocok disantap dengan roti panggang hangat dan sosis bratwurst.

Bagaimana? Ingin mencoba membuat di rumah? Selamat mencoba.

Beri Komentar