Yuk, Intip Makanan Khas Daerah yang Disajikan saat Natal

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 19 Desember 2019 16:43
Yuk, Intip Makanan Khas Daerah yang Disajikan saat Natal
Makanan daerah khas Natal? Apa saja sih?

Perayaan Natal tidak hanya identik dengan pohon Natal dan acara tukar kado. Momen Natal menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga.

Kehangatan saat berkumpul bersama keluarga tidak lengkap jika tidak diikuti dengan acara makan bersama. Berbagai hidangan memang khusus disajikan saat Natal di kampung halaman, sehingga membuatmu semakin rindu suasana Natal di kampung halaman.

Ada berbagai makanan khas daerah yang memang wajib disajikan saat Natal seperti yang dirangkum Brilio (22/12). Ingin tahu apa saja? Yuk, simak selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Ayam Budu-budu, Makassar

Ayam budu-budu merupakan makanan khas Natal, yang berbahan dasar ayam. Dibuat dengan potongan ayam, yang dimasak dengan air jeruk nipis, air asam Jawa, daun bawang dan jahe. Kuliner ini mempunyai aroma yang menggugah selera, yang akan membuatmu tergoda untuk mencicipinya. Ayam budu-budu sangat tepat jika disantap bersama dengan nasi hangat.

2 dari 7 halaman

Ayam Rica-rica khas Manado

Manado memiliki makanan yang wajib disajikan saat Natal, yaitu ayam rica-rica. Kata rica berarti pedas, berasal dari bahasa Manado. Ayam rica-rica khas Manado sudah dikenal di seluruh Indonesia dengan cita rasanya yang pedas. Sehingga selalu ditunggu-tunggu penyajiannya saat Natal tiba.

3 dari 7 halaman

Ikan Kuah Kuning khas Ambon

Berbeda dengan makanan khas Makassar dan Manado yang menggunakan ayam sebagai bahan dasar, Ambon memiliki makanan khas yang berbahan dasar ikan. Ikan kuah kuning, merupakan andalan kuliner yang disajikan saat Natal. Terbuat dari ikan tuna dan ikan muba, yang kemudian dimasak dengan kunyit, kapur, dan rempah-rempah lainnya. Ikan kuah kuning ini memiliki kuah yang pedas, sehingga cocok dimakan bersama-sama dengan papeda.

4 dari 7 halaman

Kue Bagea, Maluku Utara

Kue bagea merupakan makanan khas dari daerah Ternate, Maluku Utara, yang seringkali disajikan saat Natal tiba. Kue ini berbentuk bulat, terbuat dari sagu yang dicampur dengan gula halus, tepung sagu, minyak sayur, biji cintang, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya. Lalu campuran tersebut ditambah dengan kacang cincang halus, bubuk kayu manis, serta bubuk cengkeh. Kue bagea akan semakin lezat jika dipadukan dengan teh atau kopi.

5 dari 7 halaman

Klapertart, Manado

Ketika Natal tiba, masyarakat Manado menyajikan klapertart sebagai salah satu hidangan manis. Klapertart merupakan kue legit yang dibuat dari kelapa, susu, mentega, tepung terigu dan telur. Kue ini biasanya dimakan sebagai makanan penutup setelah makan besar. Bahkan sangat cocok mendampingi saat kumpul keluarga.

6 dari 7 halaman

Kue Lapet, Tapanuli

Tapanuli memiliki salah satu kue tradisional yang wajib dihadirkan saat Natal tiba, yaitu kue lapet. Kue lapet tidak hanya disuguhkan saat Natal tiba, namun bisa juga disajikan saat berbagai perayaan lainnya. Kue ini berbentuk seperti pohon Natal, terbuat dari tepung beras dengan campuran kelapa parut dan gula merah. Kue ini dibungkus menggunakan daun pisang dengan bentuk mengerucut.

7 dari 7 halaman

Kue Poporcis, Ambon

Salah satu makanan khas daerah Ambon yang disajikan saat Natal adalah kue poporcis. Kue poporcis dikenal juga dengan naman kue poffertjes. Kudapan manis ini terbuat dari campuran labu kuning dan tepung terigu. Dengan bahan dasar tersebut, kue poporcis seringkali disajikan sebagai hidangan sarapan saat Natal.

Beri Komentar