Yuk Bikin 7 Kreasi Makanan Sisa Lebaran Biar Gak Terbuang!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 13 Mei 2021 13:20
Yuk Bikin 7 Kreasi Makanan Sisa Lebaran Biar Gak Terbuang!
Bingung sisa makanan lebaran mau diapain? Yuk diolah lagi jadi kreasi masakan baru.

Lebaran selalu identik dengan makan-makan besar bersama keluarga. Beberapa makanan yang kerap disajikan ketika lebaran adalah Opor Ayam, Rendang, ataupun sambel goreng hati atau kentang.

Seringkali, makanan-makanan tersebut masih sisa banyak, padahal acara lebaran udah selesai dan semua tamu sudah pulang.

Sisa makanan ini ditaruh mana dong? Jangan dibuang dulu, kamu bisa mengolahnya lagi jadi makanan baru, loh. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 7 halaman

1. Ayam Goreng Opor

Ilustrasi Ayam GorengIlustrasi Ayam Goreng © pixabay.com/PooX2

Opor Ayam menjadi sajian yang cukup sering ditemui ketika lebaran. Seringkali opor ayam tersisa banyak setelah acara lebaran selesai. Agar lebih awet, kamu bisa mengolahnya jadi Ayam Goreng Opor.

Caranya, tiriskan dulu kuah opor. Lalu, kamu bisa langsung menggoreng ayam sisa dari opor ayam. Sisa bumbu opor yang meresap dalam ayam akan menambah cita rasa ayam goreng.

2 dari 7 halaman

2. Ayam Bakar Opor

Ilustrasi Ayam BakarIlustrasi Ayam Bakar © youtube.com/Sharing Masak Memasak

Sama halnya dengan Ayam Goreng, kamu bisa mengolah Opor Ayam menjadi ayam bakar.

Caranya, tiriskan dulu kuah opor. Sayat bagian daging agar tingkat kematangan lebih merata. Kamu bisa memanggangnya dalam bara api. Bolak-balik ayam saat dipanggang, kamu bisa menjadikan kuah opor jadi bumbu ayam bakar.

3 dari 7 halaman

3. Sushi Rendang

Sushi RendangSushi Rendang © instagram.com/dapursehatcuy

Salah satu yang makanan yang kerap ada dalam lebaran adalah Rendang. Nah, kalau rendang dalam acara makan-makan lebaran sisa banyak, kamu bisa membuat Sushi Rendang.

Sebelum dijadikan isian sushi, hangatkan dulu daging rendang hingga terlihat lebih menyusut. Setelah itu, cacah atau suwir rendang sampai jadi komponen isi yang kecil.

Campur nasi dengan cuka jepang agar tekstur lebih lekat. Gulung nasi bersama dengan rendang dan juga sayuran lainnya. Jadikan kuah rendang sisa jadi saus pendamping.

4 dari 7 halaman

4. Spagethi Rendang

Spagethi RendangSpagethi Rendang © instagram.com/rukandarie

Selain Sushi, kamu juga bisa membuat sisa rendang untuk Spagethi. Caranya mudah.

Pisahkan daging rendnga dengan bumbunya. Lalu cincang kecil dan masak bersama irisan bawang bombay dan bawang putih cincang. Setelah itu, tuang saus bolognese kemudian masak bersamaan hingga matang. Tuang toping spagethi dari daging rendang tersebut di atas pasta yang sudah kamu rebus dan tiriskan. Tambahkan keju.

5 dari 7 halaman

5. Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng RendangNasi Goreng Rendang © instagram.com/hungryeyes.id

Rendang juga bisa kamu olah lagi menjadi nasi goreng rendang. Caranya cukup gampang.

Siapkan nasi putih, rendang, dan telur. Tumis kuah rendang, lalu masukkan telur dua atau tiga butir, kemudian aduk hingga rata. Masukkan suwiran daging rendang, aduk sebentar, lalu masukkan nasi putih. Adik hingga bumbu tercampur rata. Sajikan hangat.

6 dari 7 halaman

6. Perkedel Sambel Goreng Ati

Ilustrasi PerkedelIlustrasi Perkedel © instagram.com/juliyanti7788

Sambel goreng ati merupakan salah satu makanan yang kerap tersaji dalam hidangan lebaran. Nah, kalau sisa, jangan keburu dibuang, kamu bisa mengolahnya jadi makanan lain untuk santapan esok hari, loh. Kamu bisa coba perkedel sambel goreng ati.

Caranya, goreng lagi sambel goreng ati untuk membuat tekstur lebih kering. Setelah ditiriskan, ulek Sambal Goreng ati sampai jadi adonan halus, lalu masukkan satu butir telur untuk merekatkan. Setelah tercampur rata, ambil per sendok makanan, lalu bentuk adonan jadi bulat, letakan sementara di loyang secara berjarak.

Goreng dalam minyak banyak. Angkat jika sudah matang merata. Sajikan.

7 dari 7 halaman

7. Lumpia Sambel Goreng Ati

Ilustrasi LumpiaIlustrasi Lumpia © instagram.com/mamas_lumpia

Selain Perkedel, kamu juga bisa membuat Lumpia dari sisa Sambel Goreng Ati yang tak habis ketika perayaan lebaran selesai. Caranya cukup muda.

Siapkan kulit lumpia dan telur. Gulung kulit lumpia yang sudah diisi sambel goreng ati dan kentang. Eratkan dengan air di setiap sisinya. Lalu celupkan dalam kocokan telur. Goreng hingga matang.

Beri Komentar