Yuk Bernostalgia dengan Jajanan Masa-Masa SD

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 4 Februari 2020 16:12
Yuk Bernostalgia dengan Jajanan Masa-Masa SD
Rasanya pingin balik ke SD aja kalau bahas jajanan ini

Kita tidak bisa mengulang kembali masa-masa SD, tapi kita masih bisa bernostalgia dengan jajanan khas pada masa itu. Jajanan SD memang sudah punya tempat sendiri di kotak kenangan kita. Harga jajanan yang terjangkau, tampilan yang sederhana, agaknya sudah menjadi daya tarik sendiri untuk jajanan yang dijual diatas rombong gerobak atau bahkan masih ada yang dipikul.

Untuk mengobati kekangenan dan mengingat kepingan-kepingan kebahagian, berikut adalah beberapa jajanan favorit masa SD yang dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Telur Gulung

Jajanan favorit anak 90 an ini agaknya memang sudah menjadi primadona sejak dulu. Terbuat dari telur yang dikocok lalu digoreng kemudian digulung menggunakan tusuk bambu, jajanan ini mempunyai tekstur yang empuk dan raza yang gurih. Dengan tambahan saus, jajanan in akan membuat siapun tak berhenti mengunyah.

2 dari 6 halaman

Rambut Nenek

Jajanan SD © Diadona

Beebeda dengan telur gulung, jajanan yang satu ini mempunyai rasa manis nan legit. Jajanan rambut nenek ini berbahan dasar gula, setelah melewati proses- gula-gula ini dibentuk menyerupai rambut. Entah, sekarang masih ada yang masih menjual jajanan ini apa tidak. yang jelas, ketika dinikmati dengan opak yang berbentuk bulat dan sedikit gulali jajan ini akan memanjakan lidah penikmatnya.

3 dari 6 halaman

Mi Lidi

Jajanan SD © Diadona

Mi lidi ini memang berbentuk seperti seperti lidi. Jajanan ini berbahan dasar tepung terigu lalu dibentuk menyerupai lidi dan digoreng kering. Biasanya, disajikan dengan bumbu pedas atau asin. Saat dimakan, kerenyahan dan rasa gurih akan berpadu sempurna. Tapi tidak boleh tergesa-gesa ketika menikmati jajanan ini, pasalnya mi lidi sering menusuk gusi.

4 dari 6 halaman

Es Wawan

Jajanan SD © Diadona

Es wawan atau juga dikenal dengan es joli ini juga mengisi list jajanan SD kita. Berbahan dasar susu sapi segar, es ini hadir dengan berbagai varian rasa seperti melon, stroberi, dan coklat. Untuk memudahkan memakan es ini, biasanya abang-abang penjula akan memotongnya di bagian tengah.

5 dari 6 halaman

Es Lilin

Jajanan SD © Diadona

Es lilin ini bukan berarti es yang terbuat dari lilin atau parafin ya, melainkan es dengan bahan dasar kelapa muda kemudian diubah menjadi santan, ditambah gula, dan terakhir dibekukan. Jajanan es yang satu ini sangat menyegarkan jika disantap saat siang hari ketika hendak pulang sekolah. Namun sayangnya, makanan ini sudah jarang ditemukan.

6 dari 6 halaman

Es Potong

Jajanan SD © Diadona

Es potong memang cocok disantap sambil bermain dengan teman-teman. Rasanya yang segar, gurih, dan legit membuat tenggorokan terasa segar. Sebelum disajikan, es dipotong-potong terlebih dahulu dan ditusuk dengan batang bambu. Tak heran es ini dikenal dengan sebutan es potong.

Duh, jadi inget masa-masa SD. Kalau jajanan favoritmu apa? jangan lupa tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar