Wajib Tahu, 5 Macam Mie Di Seluruh Dunia

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 Desember 2019 10:51
Wajib Tahu, 5 Macam Mie Di Seluruh Dunia
Beda negara ternyata beda juga mie-nya. Mulai dari Spaghetti hingga Sesame. Penasaran?

Mie merupakan makanan yang disukai banyak orang di seluruh dunia. Indonesia terkenal dengan mie ayam dan Indomie-nya. Namun, bagaimana dengan negara-negara lain?

Dirangkum dari Plated (28/11), berikut 5 mie di berbagai negara yang wajib kamu tahu.

1 dari 5 halaman

1. Spaghetti

Ilustrasi spaghetti © Diadona

Kalian mungkin sudah sering dengar nama makanan ini. Ya, Spaghetti merupakan makanan asal Italia yang sudah mendunia. Resep dasarnya merupakan mie yang terbuat dengan cara tradisional dari bahan semolina air dan gandum durum. Jika kalian ke restoran-restoran Italia, sudah dipastikan hidangan utama adalah Spaghetti ini.

2 dari 5 halaman

2. Vermicelli

ilustrasi vermicelli © Diadona

Vermicelli berasal dari Vietnam. Makanan ini merupakan mie bihun yang terbuat dari tepung beras dengan teksturnya yang tipis. Nggak hanya di Vietnam, mie ini juga tersebar luas ke sekitar Asia Timur. Tapi ketika masuk menjadi masakan Cina, bahan yang digunakan adalah kacang hijau, bukan tepung.

3 dari 5 halaman

3. Ramen

ilustrasi ramen © Diadona

Siapa yang nggak tahu ramen? Meski mie ini sudah ada di berbagai supermarket dalam bungkus instan, mie asal Jepang ini lebih nikmat jika disajikan dalam bentuk tradisional.

Kaldu asli ramen memiliki bahan dasar ikan yang dibumbui dengan saus kecap atau miso. Toppingnya biasanya diberi potong-potongan daging babi, rumput laut kering, dan bawang hijau, namun bisa divariasikan lagi.

Bahan dasar mienya terbuat dari tepung terigu, garam, air, dan kansui, sehingga warnanya menjadi agak kekuningan dan memiliki tekstur yang kuat.

4 dari 5 halaman

4. Udon

Ilustrasi udon © Diadona

Masih berasal dari Jepang, Udon merupakan mie gandum dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Kalbu khasnya yang ringan di sebut dengan 'kakejiru' dan pasti diberi daun bawang yang dicincang sebagai topping.

Namun, topping bisa divariasikan dengan tempura, kue ikan yang sudah diiris tipis, dan bisa juga tahu goreng yang telah dibumbui dengan gula, cuka, dan kecap.

5 dari 5 halaman

5. Sesame

Ilustrasi Sesame © Diadona

Di Cina, mie terkenal di negara tersebut adalah Mie Sesame. Berbeda dengan mie pada umumnya yang hangat, mie ini disajikan dingin.

Mie tersebut dibuat dengan mie telur tipis yang dilumuri dengan saus pedas yang terbuat dari minyak kacang, selai kacang, minyak wijen, dan cabai pedas.

 

Walau berbeda-beda, sepertinya semuanya lezat-lezat, ya. Kamu udah pernah nyobain mie yang mana? Cerita di kolom komentar, dong!

Beri Komentar