Waduh, Ternyata Kopi Pernah Haram di Turki Utsmani Lho

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 11 Maret 2020 11:24
Waduh, Ternyata Kopi Pernah Haram di Turki Utsmani Lho
Kopi adalah minuman penghilang kantuk yang sangat populer di kalangan masyarakat. Namun di Turki justru pernah mengharamkan minuman ini, lho.

Siapa sih yang nggak mengenal minuman ini? Kopi terkenal bisa mengatasi kantuk dan bisa menambah stamina. Namun ternyata, minuman yang berasal dari biji kopi ini pernah dilarang di berbagai negara salah satunya Turki Utsmani. Kira-kira kenapa, ya?

1 dari 2 halaman

Ternyata, kopi pernah diharamkan di Turki Utsmani, lho. Bukan karena pandangan Islam tentang kopi. Namun lebih terkait problem politik. Manfaat kopi yang " menjernihkan pikiran" , telah banyak menyadarkan banyak peminumnya tentang adanya ketidaktepatan tatanan politik Negara yang didiami oleh peminumnya. Inilah yang memunculkan pemikiran yang ditakuti oleh rezim pemerintahan. Negara menjadi takut dikritik.

Hal inilah yang terjadi nggak hanya di Turki, melainkan di Makkah, dan beberapa negara Eropa lainnya. Pemerintah Turki Utsmani pernah melakukan pelarangan terhadap kopi. Salah satu alasannya adalah keadaan masyarakat Turki waktu itu yang menjadikan kedai kopi menjadi tempat yang dianggap sebagai tempat untuk bermalas-malasan.

Persoalan munculnya ide-ide kritis dari para peminum kopi menjadi alasan lain. Namun karena sumber dari larangan pemerintah adalah kebiasaan di masyarakat bukan pada kopinya, larangan kopi di Turki kian lama kian menghilang.

2 dari 2 halaman

Tempat Ngopi Hits di Turki

Bahkan, saat ini sudah ada banyak tempat-tempat ngopi yang hits di Istanbul, Turki.

1. Coffee Department

Coffee Department © Diadona

Kedai kopi yang menjamur menjadi bukti peralihan gaya hidup di Istanbul Turki. Coffee Department menjadi salah satu kedai kopi modern dengan roaster dan peralatan canggih seperti Dripper Hario V60, Moka Pot, atau Chemex. Interior yang menarik perhatian, unsur material serba kayu dengan warna natural yang gelap seolah semakin menegaskan keberadaanya bagi penikmat Kopi. Kedai ini terletak di Kürkçü Çe?mesi Sokak No: 5 / A, Balat, Istanbul, Turki.

2. Four Letter Word Coffee

Four Letter Word Coffee © Diadona

Four Letter WOrd Coffe terletak di Burgazada, Princes Island, Istanbul. Meskipun terlihat seperti kafe yang sederhana, namun tempat ini terkenal karena citarasa nikmat hasil olahan biji kopi kualitas terbaik.

3. Moc Istanbul

Moc Cafe Turki © Diadona

Moc Istanbul menjadi pelopor kedai kopi yang ada di wilayah Tesvikiye, Istanbul. Tempat ini menyajikan berbagai macam jenis kopi serta biji panggang yang juga dijual per pak.

4. Akali

Akali © Diadona

Akali tersembunyi di pinggir jalan di lingkungan perumahan Besiktas yang padat penduduk. Kedai ini cocok untuk menikmati suasana tenang yang jauh dari keramaian sambil menikmati secangkir kopi. Mereka juga menjual sandwich dan Croissant khas dengan rotinya yang begitu otentik.

5. Petra Roasting Co.

Petra Roasting Turki © Diadona

Petra terletak di dekat distrik bisnis Istanbul. Kedai ini terkenal karena kacang panggang dan koi buatan tangan yang khas.

6. Drip Coffeeist

Drip Coffeist © Diadona

Setelah membuka cabang pertamanya di Asia dan populer, Drip Coffeist semakin melebarkan sayapnya ke Eropa.

Nah, ternyata kopi tetap populer di Turki meskipun dulu sempat diharamkan ya guys. Jadi kalau kamu berkunjung ke Turki, masih aman kok buat ngopi.

Beri Komentar