Unik! Ada Petai Raksasa di Banjarnegara, Bau Banget Dong?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 3 April 2020 16:40
Unik! Ada Petai Raksasa di Banjarnegara, Bau Banget Dong?
Makan sebiji aja udah kenyang tuh.

Sempat viral beberapa hari lalu tentang penemuan Petai Raksasa yang ditemukan di Banjarnegara. Buah yang sangat mirip dengan petai berukuran raksasa ini diketahui bernama Entada. Seperti apa sih bentuknya? Yuk kita lihat.

1 dari 2 halaman

Entada merupakan tanaman merambat. Meskipun satu ordo dengan petai, namun tanaman ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi. Meskipun bentuknya mirip dengan petai, namun tanaman ini punya rasa yang pahit dan getir. Oleh karena itu, sangat nggak disarankan untuk mengonsumsi atau memasaknya. Selain itu, masih belum ada penelitian lebih lanjut terkait dengan buah ini.

Entada © Diadona

Buah Entada ini punya panjang hingga 120 cm. Ukuran ini tentu 5 kali lebih besar daripada petai pada umumnya. Buahnya pun berwarna putih ketika dibuka.

2 dari 2 halaman

Potensi Obat

Entada © Diadona

Dilansir dari berbagai sumber, Entada ternyata memiliki kandungan-kandungan yang berpotensi sebagai obat. Entada bahkan telah digunakan untuk pengobatan tradisional di Afrika. Namun sebagai obat yang tidak untuk dikonsumsi. Seperti salep yang bisa menyembuhkan bisul, sakit gigi, nyeri otot dan sebagainya.

Dikutip dari World Journal of Pharmaceutical Research, Entada memiliki kandungan saponin, senyawa glikosida, amfipatik yang bisa dimanfaatkan untuk pengganti sabun.

Beri Komentar