Ternyata Permen Karet Terbuat Dari Getah, Beneran Nggak Ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 13 Maret 2020 10:51
Ternyata Permen Karet Terbuat Dari Getah, Beneran Nggak Ya?
Terbuat dari apa sih sebenarnya permen karet itu?

Apakah kamu penggemar permen karet? Permen karet memang makanan yang masih eksis dari zaman orang tua kita sampai saat ini. Teksturnya yang lentur mirip karet dan bahkan dapat dibuat gelembung jika ditiup.

Pernah kebayang nggak sih gimana sejarahnya mengapa bisa tercipta makanan ini? Nah, kali ini Diadona akan membahas nih sejarah dan terbuat dari apa permen karet sebenarnya? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Permen Karet © Diadona

Dilansir dari berbagai sumber, permen karet diduga telah dilakukan oleh masyarakat Yunani kuno dengan mengunyah karet tanpa rasa dari getah pohon sapodila yang dididihkan dan dikeraskan. Sementara itu, masyarakat Indian juga melakukan kebiasaan ini degnan mengunyah getah dari pohon damar atau spruce yang memiliki rasa pahat.

Hingga perang dunia 2 permen karet masih terbuat dari cichle yang dicampur dengan perasa. Bagi yang belum tahu, Chicle adalah getah lateks yang berasal dari pohon Sapodilla yang asli dari Amerika tengah. Chicle adalah karet.

2 dari 2 halaman

Ditemukannya Bahan Sintetis

Sampai akhirnya, para ahli kimia membuat bahan sitetis sebagai bahan dasar permen karet yang dapat menggantikan Chicle. Bahan sintetis ini disebut gum base yang nggak mengandung nutrisi sama sekali. Bahkan bahan ini juga nggak bisa larut dalam air.

Namun ternyata, karet sintetis yang digunakan untuk permen karet adalah Styrene Butadine yang juga digunakan untuk komposisi ban mobil. Bahan lain yang digunakan adalah Poly Vinyl Acetate yang juga digunakan dalam pembuatan lem.

Wah, jadi yang kita makan selama ini karet dong? Itulah kenapa, kita nggak boleh menelan permen karet guys. Tapi buangnya di tempat sampah ya.

Beri Komentar