Ternyata Ini Makanan Sederhana Favorit Presiden Soekarno

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 3 Februari 2020 11:49
Ternyata Ini Makanan Sederhana Favorit Presiden Soekarno
Presiden Soekarno adalah Presiden Pertama Republik Indonesia. Siapa yang menyangka kalau sang proklamator ini sangat menggemari menu masakan yang sangat sederhana.

Siapa sih yang nggak mengenal sosok Presiden Soekarno? Sosok yang telah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia ini menjadi tonggak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semangat dan keberaniannya menghadapi penjajah. Meskipun begitu, beliau tetaplah punya sisi kemanusiaan. Di balik sosoknya yang berani ternyata beliau juga punya menu makanan favorit yang selalu menemaninya dalam memimpin bangsa ini, lho. Apa saja sih itu? Yuk kita bahas.

1 dari 2 halaman

Presiden Soekarno Suka Pecel Lele

Pecel Lele © Diadona

Presiden Soekarno ternyata sangat suka makan pecel lele, lho. Dilansir dari historia.id, sambel pecel hampir selalu ada di meja makan keluarga sang presiden. Hal ini dikatakan oleh Muslih bin Risan, mantan pelayan pribadi keluarga Soekarno.

Menurutnya, Sambal pecel selalu menemani santap siang Soekarno dan disajikan bersama lele dan lalapan daun singkong maupun pepaya. Presiden Soekarno akan mencomot langsung dari cobekan, mencocolnya langsung dengan sambal dan menyantapnya bersama nasi menggunakan tangan.

" Kalau lagi makan pecel lele, Bapak (Soekarno) seperti tidak ingat sekitarnya," kata Muslih dikutip dari historia.id.

2 dari 2 halaman

Nasi Jagung Jadi Menu Sarapan Presiden Soekarno

nasi jagung © Diadona

Presiden Soekarno juga menyukai Nasi Jagung. Nasi Jagung ini, ternyata jadi menu sarapan andalan Prsiden Soekarno, lho. Selain rasanya yang enak, Presiden Soekarno juga bangga makan Nasi Jagung karena ini melambangkan hasil kerja keras para petani di Indonesia.

Nah, Presiden Soekarno sangat sukan memadukan Nasi Jagung dengan Sayur Lodeh. Baginya, makan, makanan dari hasil alam Indonesia memiliki rasa tersendiri dan memiliki kebanggaan tersendiri.

Selain Nasi Jagung, Soekarno juga senang menikmati Sate dan Rawon.

Nah, itulah beberapa makanan yang menjadi favorit Soekarno. Meskipun beliau adalah orang yang disegani, namun punya sisi kesederhanaan dalam segi pemilihan makanan, ya. Bagaimana? Bangga, kan, dengan makanan khas Indonesia? Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman kamu ya.

Beri Komentar