Ternyata Bali Punya Garam yang Unik Banget Berbentuk Piramida, Harganya Lebih Mahal dari Daging Sapi

Reporter : Inasa All Islamiya
Kamis, 16 April 2020 15:35
Ternyata Bali Punya Garam yang Unik Banget Berbentuk Piramida, Harganya Lebih Mahal dari Daging Sapi
Garam berbentuk piramida ini katanya juga masuk dalam list garam termahal di dunia.

Seperti yang kita tahu, hampir seluruh masakan Indonesia pasti menggunakan garam sebagai bahan campurannya. Meskipun sangat dibutuhkan untuk menambah cita rasa makanan, namun penggunaannya tak terlalu tinggi.

Karena komposisi garam yang digunakan pada setiap makanan umumnya sangat sedikit. Itulah sebabnya kenapa harga garam terhitung sangat terjangkau. Tapi kamu tahu nggak sih, kalau Indonesia punya varian garam yang harganya sangat mahal jika dibandingkan dengan garam pada umumnya.

Garam unik yang satu ini berasal dari pesisir Bali Utara, Desa Pemuteran, Kabupaten Buleleng, Bali. Melansir dari laman Kemaritiman dan Investasi, garam tersebut masuk pada golongan garam Gourmet yang memiliki karakteristik istimewa.

 

1 dari 4 halaman

Garam PiramidaGaram Piramida © jadiBerita.com

2 dari 4 halaman

Bentuknya sendiri menyerupai piramida berongga yang sangat unik. Sedang rasanya sendiri disebut berbeda dengan garam pada umumnya. Biasa disebut dengan garam piramid, kandungan air di dalamnya sangat rendah.

Sehingga rasa yang dihasilkan tidak masam, dan rasa asinnya sangat lembut. Garam piramid sendiri disebut juga bisa menghasilkan sensasi rasa yang jauh berbeda pada masakan. Makanya, garam piramid ini biasa menjadi incaran chef hotel atau restoran ternama.

Sejauh ini, garam piramid sudah dilirik oleh wisatawan manca negara. Harganya sendiri dipatok cukup tinggi, yakni mencapai ratusan ribu per kilonya. Alasan tinggginya harga garam piraid ini, salah satunya adalah proses pebuatannya yang menggunakan cara tradisional.

 

3 dari 4 halaman

Garam PiramidaGaram Piramida © dewatanews.com

4 dari 4 halaman

Berbeda dengan garam kebanyakan yang menggunakan pasir laut untuk proses kristalisasi garam, kalau garam piramid ini justru menggunakan tanah.Kabarnya, produksi garam piramid ini hampir semuanya dilakukan secara tradisional.

Mulai dari proses awal hingga akhir masa panen, semuanya dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin. Bahkan nih ya, karena menggunakan teknik tradisional dan manual, bentuk garam piramid dari Buleleng Bali ini sama sekali nggak bisa direplikasi loh.

Nah kan bangga ya, Indonesia punya varian garam unik banget dan sudah dilirik sama pasar internsional. Kamu penasaran pengen coba? Kalau cek harganya di salah satu laman market place online Indonesia, harga garam piramid ini sekitar Rp 32 ribu per 40 gram.

Kalau penasaran pengen coba, mending langsung beli deh. Dari pada ntar malem nggak bisa tidur karena penasaran rasanya.

Beri Komentar