Tavuk Gogsu, Puding Dada Ayam yang Jadi Dessert Favorit Warga Turki

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 30 Maret 2020 19:55
Tavuk Gogsu, Puding Dada Ayam yang Jadi Dessert Favorit Warga Turki
Konon, hidangan unik ini bahkan sudah sejak Kekaisaran Ottoman.

Ia terbuat dari dada ayam, tapi rasanya manis, makanya dijadikan dessert favorit warga Turki. Ayam biasanya dikonsumsi menjadi lauk bersama dengan bubur di pagi hari, lauk di siang hari, atau lauk saat kamu makan malam bukan? Pernahkah terpikirkan untuk menjadikan ayam juga sebagai

1 dari 2 halaman

Puding Dada Ayam Turki © Diadona

Hal ini bukanlah hanya sekedar khayalan di Istanbul, Turki. Sebab mereka punya dessert unik, yang biasa mereka sebut dengan tavuk gogsu, atau puding dada ayam.

Menurut salah satu pemilik restoran yang sekaligus kepala Chef di sebuah restoran di Istanbul, Mahmut Tak, dessert ini bahkan sudah ada sejak zaman Kekaisaran Ottoman.

2 dari 2 halaman

Puding Dada Ayam Turki © Diadona

Mahmut mengakui kalau pembuatan tavuk gogsu adalah pekerjaan yang rumit. Pertama daging ayam direbus sampai dagingnya benar-benar lembek. Kedua memasak susu kerbau yang dicampur dengan susu sapi, lalu sambil susu dimasak, ia akan dicampurkan dengan beras yang remuk, lalu semuanya diaduk sampai tercampur rata, dan hwala! Selesai! Terdengar mudah memang ya.

Terkait rasa, kamu tidak akan merasakan 'ayam' di tavuk gogsu, tapi ini tetap mengandung nutrisi yang bagus. Mungkin suatu saat jika kamu punya kesempatan berkunjung ke Istanbul, Turki, kamu bisa mencicipi dessert unik satu ini ya!

Beri Komentar