Tanaman Racun Jadi Makanan Sehari-hari, Salah Ngolah Dikit Langsung Wassalam!

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 11 Maret 2020 18:30
Tanaman Racun Jadi Makanan Sehari-hari, Salah Ngolah Dikit Langsung Wassalam!
Hidup di pulau yang ditumbuhi banyak tanaman beracun, penduduk asli Amami Oshima punya cara sendiri untuk mengakalinya.

Ilustrasi Makan Cycad

Amami Oshima adalah sebuah pulau terpencil di Jepang. Pulau itu ditumbuhi banyak sekali tanaman beracun bernama cycad.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Makan Cycad © Diadona

Tanaman ini mirip dengan pohon palem, berbuah kecil berwarna orange. Cara pengolahan buah cycad adalah dengan memotong-motongnya terlebih dahulu, baru kemudian dimasukkan ke dalam alat khusus untuk memfermentasi dan mengeringkan buah. Hal ini akan menghilangkan kandungan racun yang ada dalam buah cycad.

2 dari 4 halaman

 

Salah seorang penduduk di Amami Oshima bercerita, leluhur mereka dahulu melakukan banyak percobaan untuk sampainya menemukan metode yang tepat untuk mengolah cycad, sehingga aman dimakan.

Kini buah cycad sudah bisa mereka olah jadi beragam jenis makanan, seperti mie, kue kering, kue sponge, keripik, bahkan mochi.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Makan Cycad © Diadona

Tak hanya buahnya, tanaman cycad juga bisa dikonsumsi bagian batangnya. Setelah membersihkan bagian kulit batang yang kasar, bagian dalam batang yang putih dijemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Makan Cycad © Diadona

Lalu disimpan di dalam kantong dan biarkan terfermentasi selama kira-kira 7-10 hari. Baru kemudian ditumbuk sampai halus. Batang pohon cycad biasanya diolah menjadi bubur, dan dinikmati bersama di pinggir pantai oleh penduduk setempat.

Beri Komentar