Surstromming: Makanan Busuk Favorit Orang Swedia, Mau Coba?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 10 Februari 2020 10:56
Surstromming: Makanan Busuk Favorit Orang Swedia, Mau Coba?
Sepertinya makanan ini emang khusus dinikmati orang-orang Swedia, tapi nggak tahu kalau kamu mau mencoba.

Bukan, makanan ini bukan berasal dari Indonesia. Pasalnya, jarang sekali orang Indonesia yang suka dengan makanan yang baunya menyengat, apalagi bau itu sangat mengganggu. Makanan dengan nama Sustromming ini berasal dari Swedia. Sekedar info, makanan ini adalah salah satu makanan terbau di dunia.

Bahkan, dikutip dari thelocal.se, makanan ini telah di-blacklist oleh maskapai penerbangan di Swedia, makanan ini juga sering digunakan anak-anak di Swedia untuk membuat kegaduhan di dalam kelas. Namun, ribuan orang Swedia menganggap makanan ini sebagai kuliner yang sangat lezat.

1 dari 5 halaman

Surstromming, jika diartikan ke dalam bahasa Inggris adalah 'rotten hirring' yang berarti ikan hirring busuk. Sebenarnya, makanan ini bukanlah makanan busuk, melainkan ini adalah hasil fermentasi.

Surstromming memiliki kisah sejarah yang cukup panjang. Pada abad ke 16, ketika perang berkecamuk di Swedia. Pada saat itu, di Swedia bagian utara menglamai krisis pangan. Ikan harring yang menjadi makanan sehari-hari sulit didapatkan karena tentara Jerman sudah mengusasi wilayan laut Swedia.

2 dari 5 halaman

Untuk menghemat bahan pangan, ikan harring yang sudah didapatkan dalam beberapa hari dimasukkan di dalam drum dan diawetkan menggunakan sedikit garam. Tetapi proses pengawetan alakadarnya tersebut tidak berlangsung sempurna, ikan di dalam drum pun mulai menimbulkan bau busuk dalam beberapa hari.

3 dari 5 halaman

Mestinya, ikan-ikan busuk itu dibuang. Tetapi, karena banyak orang kelaparan akibat perang, mereka tidak punya pilihan lain selain memakannya. Yang mengejutkan, rasanya sama sekali tidak busuk. Ada yang bahkan menyukai ikan itu meskipun rasanya sedikit asam. Ternyata ikan itu tidak busuk, melainkan terfermentasi.

Hasilnya, meskipun perang telah usai, fermentasi ini masih menjadi metode populer untuk mengolah ikan harring. Apalagi di kalangan orang miskin di Swedia Utara.

Ilustrasi Surstromming © Diadona

4 dari 5 halaman

Karena sudah terlanjur digandrungi, Surstromming ini diproduksi besar2an oleh sebuah pabrik makanan dalam bentuk kalengan seperti sarden. Bagi orang di luar Swedia mungkin ikan ini sangat menjijikan, namun bagi orang Swedia sendiri Surstromming merupakan kuliner yang luar biasa nikmatnya.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Surstromming © Diadona

Biasanya, orang Swedia memakan Surstromming dengan mencampurnya dengan acar timun dan bawang, kentang rebus dan yoghurt, lalu menggulungnya dengan roti tipis. Tanpa dimasak terlebih dahulu, dari kaleng.

Nah, walaupun sudah banyak yang mengatakan bahwa Surstromming ini adalah makanan dengan bau paling busuk di dunia, makanan ini tetap menjadi primadona bagi orang Swedia. Bagaimana? minat untuk mencoba makanan ini?

Beri Komentar