Sudah Ada Sejak Zaman Purba, Berikut Sejarah Pancake

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 Desember 2019 10:06
Sudah Ada Sejak Zaman Purba, Berikut Sejarah Pancake
Pancake sudah ada sejak zaman purba? Hm, masa, iya?

Siapa yang nggak tahu pancake? Pancake merupakan makanan ringan yang sangat digemari masyarakat luas.  Makanan ini merupakan olahan lezat yang umumnya terbuat dari telur, gula, susu, dan tepung, yang kemudian dicampuri dengan adonan tertentu, entah dipanggang atau digoreng, dengan tambahan variasi tertentu selanjutnya.

Tapi, kira-kira sejak kapan pancake ada? Kamu mungkin nggak bakal percaya, tapi emang begitulah faktanya: pancake sudah ada sejak zaman purba.

1 dari 2 halaman

Otzi The Iceman: Manusia Purba Pemakan Pancake

Lebih jelasnya, fakta ini mulai heboh ketika ditemukannya sebuah jasad pada tahun 1991 di parit berbatuan di pegunungan Alpen, Italia, yang kemudian jasad tersebut dikenal sebagai Otzi the Iceman. Usut punya usut, jasad itu ternyata sudah berumur 5.300 tahun. Udah lama banget dong, ya?

Para peneliti kemudian juga mencari tahu makanan apa yang terakhir dia santap. Dilansir dari National Geographic (27/11), selain rusa dan kambing, makanan terakhir yang Otzi makan menampilkan gandum einkorn, dan berakhir pada kesimpulan bahwa ternyata makanan itu adalah sejenis pancake.

Memahami akan fakta ini, jelas bahwa pancake nggak diragukan lagi sudah ada sejak zaman dahulu kala.

2 dari 2 halaman

Sejak Zaman Yunani dan Roma Kuno

Melihat jauh ke belakang, seperti yang sudah Kate's Kictchen (27/11) publikasikan sebelumnya, masyarakat Yunani dan Roma kuno sudah membuat dan memakan pancake. Mereka membuatnya dengan bahan tepung terigu, minyak zaitun, madu, dan susu kental.

Hal ini dibuktikan dengan adanya pembahasan pancake dalam puisi-puisi yang ditulis oleh penyair Yunani Kuno, seperti Cratinus dan Magnes.

Bahkan, penyair terkenal lainnya di masa Renaissanse yaitu Shakespeare, nggak ingin menyiakan-nyiakan untuk menyinggungg pancake'dalam salah satu dramanya, seperti yang dilansir Pondan (27/11).

 

Wah, ternyata pancake udah ada lama banget ya! Kamu baru tahu sejarah ini? Atau kamu punya pandangan lain tentang kemunculan pancake? Tulis di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar